PENGARUH STORE ATMOSPHERE, STORE LOCATION, DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFÉ SHOP KOPI KUDU MEDAN

Fauzan Fadillah, Indawati Lestari, Khairunnisak MM, Wan Suryani

Sari


Pertumbuhan ekonomi global dan teknologi modern saat ini sangatlah pesat sehingga memberikan dampak kehidupan yang menjadi semakin lebih praktis dan ekonomis. Hal ini menyebabkan dalam dunia bisnis ikut berkembang dengan pesat, salah satunya yaitu industry cafe. Dari sekian banyak jenis café, coffee shop merupakan salah satu jenis café yang paling menonjol dan paling banyak jumlahnya. Kopi Kudu Medan adalah salah satu industri yang berkembang pesat dibidang coffe shop dan kuliner. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam kepuasan pelanggan salah satunya Store atmosphere, Store Location dan cita rasa. Pengolahan data menggunakan SPSS dengan menguji analisis regresi linier berganda sebanyak 50 sampel dan penyebaran kuesioner dilakukan secara offline. Hasil penelitian menunjukkan Kepuasan Pelanggan (Y) dipengaruhi secara signifikan oleh Store Atmosphere (X1) dan Store Location (X2). Berdasarkan hasil uji F, model regresi secara keseluruhan signifikan dengan nilai F sebesar 13,188 dan signifikansi 0,000 (<0,05), yang menunjukkan bahwa model regresi ini dapat menjelaskan variasi dalam kepuasan pelanggan. Namun, Cita Rasa (X3) tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2019). Pengaruh Store atmosphere Pada Kepuasan Konsumen Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Konsumen. Jurnal Ecodemica, 1(2), 251.

Baker, K. R., & Trietsch, D. (2022). Principles of Sequencing and Scheduling. John Wiley & Sons.

Ermawati, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Lokasi, dan Konsep Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Rumah Turi Surakarta. Surakarta.

Fitriani, & Nurdin, H. (2020). Pengaruh Store atmosphere Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Breaktime Kota Bima. Economy Deposit Journal, 2(20).

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS versi 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penebit Universitas Diponegoro.

Jugiyanto, H. M. (2020). Metode Penelitian Bisnis. BPFE.

Karya, H. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Suasana Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Warunk Upnormal di Kota Makassar.

Kotler, P., & Keller, K. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi I Alih Bahasa: Bob Sabran, MM. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2019). Manjemen Pemasaran. PT Indeks.

Kotler, P., Keller, Kevin, & Lane. (2019). Manajemen Pemasaran. edisi 13. Erlangga.

LaBarbera, P. A., & Mazursky, D. (2019). A Longitudinal Assessment of Consumer Satisfaction/Dissatisfaction: The Dynamic Aspect of the Cognitive Process. Journal of Marketing Research, 20(4), 393–404.

Lestari, A., & Faizin, M. (2020). Pengaruh Store atmosphere dan Variasi Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen: Studi Kasus Warunk Upnormal Cabang Gresik. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 9(1).

Lubis, Z., Sutrisno., & Andre, H. L. (2019). Panduan Praktis Praktikum SPSS. Universitas Medan Area. Medan.

Mariyam, S., Hufron, M., & Hatneny, A. I. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Destination Image, Dan Destination Brandig Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Wisata Pantai Pasir Putih Tuban. Jurnal Riset Manajemen, 9, 79.

Marsum. (2019). Restoran dan Segala Permasalahannya. CV Andi Offset.

Meldarianda, R. (2020). Pengaruh tore atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 17(2).

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik (Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik). Pradina Pustaka.

Pakpahan, M. (2019). Manajemen Pemasaran. CV. Rural Development Service.

Priyatno, D. (2019). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami Untuk Tingkat Pemula dan Menengah. Gava Media.

Purba, T., P. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Gaya Hidup, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Konsumen Jabu Cafe Berastagi.

Putri, L., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2019). Pengaruh Store atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepuasan Konsumen.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2020). Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. CV Andi Offset.

Santoso, S., & Aliani. (2019). Pengaruh Variasi Menu, Harga, Jam Kerja, dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Warung Tegal di Kecamatan Ciputat Timur.

Sarasuci, D. (2019). Pengaruh General Interior Sebagai Elemen Store atmosphere Terhadap Minat Kunjung Ulang Konsumen Pada Cafe Labore Coffee Eatery Malang.

Septiano, K. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Cita Rasa, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Koffe Racer Parittiga Bangka Barat.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif,Kuantitatif, Dan R&D.

Supriono, P. B. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying, 50.

Tjiptono.F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. ANDI.

Tosun, C., Dedeoglu, B. B., & Fyall, A. (2015). Destination service quality, affective image and revisit intention: The moderating role of past experience. Journal of Destination Marketing & Management, 222–234.

Umar, H. (2019). Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Yusniawati, Y., & Finardi, A. I. (2019). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu. Tourism and Hospitality Essentials. (THE) Journal, 987.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8286

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter