Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Perdana Telkomsel di Kecamatan Rajabasa
Sari
Pada era yang semakin terhubung dan terdigitalisasi, industri telekomunikasi menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat diseluruh dunia. Telekomunikasi tidak hanya menjadi penggerak ekonomi dan masyarakat yang lebih luas. Dalam konteks ini, kartu perdana telekomunikasi, sebagai pintu gerbang untuk mengakses jaringan, telah menjadi produk yang sangat penting dan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Perdana Telkomsel di Kecamatan Rajabasa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, dan Harga, sedangkan variabel dependennya adalah Kepuasan Pelanggan. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 70 pelanggan Telkomsel di wilayah Kec. Rajabasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen.
Kata kunci: kepercayaan merek, kualitas produk, harga, kepuasan pelangganTeks Lengkap:
PDFReferensi
Website
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230727165359-213-978693/jumlah-pelanggan-telkomsel-anjlok-20-juta-dalam-setahun-cek-faktanya
https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/4-provider-seluler-ri-dengan-pengguna-terbanyak-1Ne6i
Buku & Artikel Ilmiah
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133-140.
Asy’ari, A. H., & Karsudjono, A. J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Price fairness, Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Handphone Merek Samsung di Banjarmasin. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 1-13.
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226-233.
Capriati, Z. F. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Di Koperasi Visiana Bakti Tvri Jakarta. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 6(1), 170-177.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224.
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty. Journal of marketing, 65(2), 81-93.
Hastari, E. S., Yohana, C., & Monoarfa, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Brand Skincare Lokal). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 785-799.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2023). Princípios de marketing. Bookman Editora.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2023). Metode mengukur kepuasaan konsumen.
McQueen, J. (2012). Building Brand Trust: Discovering the Advertising Insights Behind Great Brands. Xlibris Corporation.
Mowen dan Minor, (2002). Kepuasaan konsumen.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90, 16-38.
MULLINS, J. W. a Orville C. WALKER, 2013. Marketing management: a strategic decision-making approach.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201-212.
Putra, K. A. G. K., & Seminari, N. K. (2020). Kualitas produk, kualitas layanan, dan kewajaran harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan The Old Champ Cafe (Doctoral dissertation, Udayana University).
Putra, G. F. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada BPR Lestari Bali. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 8-15.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.
Rahmadhani, S., Nofirda, F. A., & Sulistyandari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Studi Pada Merek Apple) DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 17(2), 205-222.
Stephens, D. L (2016) Elemen kepuasan konsumen.
Stephens, D. L. (2016). Essentials of consumer behavior. Routledge.
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31-41.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. ALFABETA, cv.
Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 2(1), 1-12.
Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3910-3921.
Tjahyadi, R. A. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 65-78.
Tjiptono, (2008). Kepuasaan konsumen.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran edisi 3. Yogyakarta: Andi, 24.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2005). Yogyakarta, Service, Quality & Satisfaction.
Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth:(Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9-18.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8291
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional