Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Kepuasan Menggunakan Brimo Pada Masyarakat Kalianda

Sahroni Sahroni, Khil Wailmi

Sari


Aktivitas dalam dunia perbankan yang memanfatkan tekonology tersebut adalah aplikasi E-Banking atau internet Banking, yang secara sederhana bisa di artikan sebagai aktivitas perbankan di internet. Perkembangan technology informasi saat ini sangat berkembang dengan pesat dapat mempengaruhi hamper seluruh aspek kehidupan manusia. Bank menyediakan layanan elektronik banking atau dapat di kenal luas sebagai E-Bangking untuk memenuhi kebutuhan  dalam melakukan transaksi di perbankan, selain itu tersedia di kantor cabang ATM, dengan menggunakan E-Banking nasabah perbankan tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengentri di kantor kantor bank atau ATM untuk melakukan transaksi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan, Kemanan dan Persepsi Resiko baik secara Parsial maupun secara Simultan terhadap Kepuasan Menggunakan BRIMO Pada masyarakat Kalianda. Teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel 96 orang. Dengan teknik pengumpulan data dengan koesioner yang telah di Uji validitas dan realiabilitas analisis data yang di gunakan adalah analisis regresi bergandaMetode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Uji instrument yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang di gunakan adalah regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis : uji t dan uji f. Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa : 1) Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan menggunakan brimo pada masyarakat kalianda. 2) Keamanan berpengaruh positif terhadap kepuasan menggunakan brimo pada masyarakat kalianda. 3) Persepsi Resiko berpengaruh positif terhadap kepuasan menggunakan brimo pada masyarakat kalianda. 4) Kualitas Layanan, Keamanan dan Persepsi Resiko  berpengaruh positif terhadap kepuasan menggunakan brimo pada masyarakat Kalianda.

 

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Keamanan Dan Persepsi Resiko, Kepuasan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisa Nurhanifa(2023) Pengaruh Kemudahan Penggunaan (USABILITY) Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pengguna BRI Mobile (Brimo) DI Bandar Lampung

Ahmad, dan Pambudi, B., S., (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, Vol 8, No 1 (2014), Hal. 1-11. P-ISSN : 1907-4824, E-ISSN : 2541-2655.

Amijaya, Gilang Rizky. (2010). “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Minat Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA)”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Andini, D., &Utamajaya, J. N(2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Brimo Menggunakan Mobile Service Quality dengan Metode CSI. KLIK: Kajian IlmiahInformatika dan Komputer, 3(4), 330- 337.

Erina, Nila (2021) Pengaruh Kemudahan Akses, Kenyamanan, Dan Keamanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. Diss. IAIN Ponorogo.

Harish, I. (2017). Kepercayaan Nasabah dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Mandiri Syariah Depok). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Salle, I. Z., Kallabe, A., Kati, S., Limoa, W. S., & Lawalata, J. (2022). Penerapan Sistem Pemungutan Pajak Parkir Pada Bapenda Kota Makassar. Jurnal Edueco, 5(2), 149-157.

Sahabuddin, S., Sutrisno, T., Subekti, I., & Andayani, W. (2021). The effect of public governance, human resource quality, characteristics of the government internal supervisory apparatus, and the government internal supervisory system on the quality of local government financial reports. Accounting, 7(7), 1535-1546.

Sugiyono, (2009) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta.

Sumarni, Murti. (2011). ManajemenPemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang, dkk. (2013) Riset Pemasaran dan Konsumen. Seri 1. Bogor: IPB Press.

Supriyono, Maryanto. (2011). Buku Pintar Perbankan. Yogyakarta: Andi.

Suryani, Tatik. (2017). Manajemen Strategik Bank di Era Global: Menciptakan Nilai Unggul untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maryani, M., Nurhadi, N., & Adnan, M. A. B. (2022). Implementation of job commitment and job motivation toward optimization of job satisfaction through employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 254-262.

Tjiptono, Fandy (2014). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi.

Yusman, F. (2018). Pengaruh Media Pendingin Pada Proses Quenching Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Baja AISI 1045. Skirpsi. Teknik Mesin Universitas Lampung, Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter