Pengaruh E-Wallet dan E-Lifestyle terhadap Purchase Intention Belanja Online Menggunakan Ovo
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Wallet dan E-Lifestyle, terhadap Purchase Intention pada siswa SMAN 8 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8 Medan yang berjumlah 968 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini berdasarkan hitungan yang dikemukakan oleh slovin, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 91 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner online kepada 91 responden menggunakan Google Form, yang kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 21.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Wallet dan e lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention belanja online menggunakan OVO, baik secara parsial maupun simultan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amarta, D. S., Bimantoro, J., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh E-Money Terhadap Minat Beli Studi Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung. Jurnal Dedikasi Untuk Negeri, 1(2).
Annur, C. M. (2022). Survei KIC: Tren Belanja Online Lebih Kuat di Kalangan Gen Z Ketimbang Milenial (HOLD). Databoks.Katadata.Co.Id.
Bank Indonesia. (2020). Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah. Www.Bi.Go.Id.
Dewi, E., Pambudi, J. E., & Priyatna, E. H. (2022). Minat Menggunakan Dompet Digital Ovo: Kemudahan Penggunaan Dan Kepuasan Pelanggan. Digital Business Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.31000/digibis.v1i1.6598
Hidayat, Z. (2022). Gadgets Are Always in the Hands of Consumers: The Triggers for Impulsive Buying Behavior. In A New Era of Consumer Behavior - In and Beyond the Pandemic. https://doi.org/10.5772/intechopen.106937
Mabruroh, C., & Dihan, F. N. (2022). Smartphone: Antara Kebutuhan dan E-Lifestyle. SEMNASIF.
Rachamawati, E. W., & Maria, N. S. B. (2022). Analisis Pengaruh Kemudahan Pembayaran Non-Tunai (E-Wallet), Gaya Hidup, serta Purchase Intention terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Mahasiswa FEB Universitas Diponegoro). Universitas Diponegoro.
Ramdhani, G. (2018). Belanja Online Jadi Gaya Hidup, Siapa Untung? Www.Liputan6.Com.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sulthana, A. N., & Vasantha, S. (2019). Influence of electronic word of mouth eWOM on purchase intention. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10).
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. JURNAL AL-QARDH, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8297
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional