Pengaruh Pemasaran E–Commerce Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Intervening (Kepercayaan) Dalam Bisnis Peternakan Sapi Di Grati Kabupaten Pasuruan
Sari
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era digital telah mengubah interaksi antara pembeli dan penjual, termasuk dalam industri peternakan sapi. E-commerce mempermudah transaksi dan memperluas jangkauan pasar, seperti yang diterapkan oleh peternak sapi di Grati, Kabupaten Pasuruan, untuk memasarkan ternaknya sambil menjaga kualitas. Pasar Hewan Grati berperan penting dalam perekonomian daerah sebagai pusat perdagangan ternak. Penelitian ini menganalisis pengaruh pemasaran e-commerce dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan sebagai variabel intervening, menggunakan sampel 40 konsumen yang membeli sapi secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran e-commerce dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Fhitung 10,846 > Ftabel 2,87; sig. 0,001 < 0,05), dengan pengaruh parsial pemasaran e-commerce (thitung 3,046 > ttabel 1,683; sig. 0,004) dan kualitas produk (thitung 3,594 > ttabel 1,683; sig. 0,001). Kepercayaan juga berpengaruh signifikan (thitung 2,602 > ttabel 1,683; sig. 0,013). Analisis jalur menunjukkan bahwa kepercayaan memediasi pengaruh pemasaran e-commerce (0,634 > 0,439) dan kualitas produk (0,887 > 0,614) terhadap keputusan pembelian, menegaskan peran penting kepercayaan dalam bisnis peternakan sapi berbasis e-commerce.
Kata Kunci: Pemasaran E-Commerce; Kualitas Produk; Kepercayaan; Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amandin, (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran e-commerce terhadap keputusan pembelian online di kota prabumulih. Management studies and entrepreneurship journal (msej), 2(2), 113-122.
Astiti (2022, november). Peluang pasar digital untuk pemasaran sapi potong. Jurnal edunity: kajian ilmu sosial dan pendidikan, 96-102.
Azizah1, (2023, desember). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap minat beli pada e-commerce bukalapak di surabaya. Journal of economic, bussines and accounting (costing), 7(1), 692-699.
Chaffey (2019). Digital marketing: strategy, implementation and practice.
Dewi1 (2021). Strategi pemasaran online terhadap minat beli frozen food dengan variabel moderasi perilaku konsumen saat pandemi covid-19. Jurnal penelitian dan pengembangan sains dan humaniora, .47-53.
Ermawati, (2018). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap purchase decision produk united. Agora .
Fitriana, (2022). Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian.: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1-13. doi: 1907 - 4433
Khairunnisa (2021). Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk kecantikan secara online melalui e-commerce shopee di indoneisa. Eproceedings of management, 8(1).
Kumbara, (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal ilmu manajemen terapan, 2(5), 604-630.
Lilis, (2023). Pengaruh harga promosi dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk kopi mamasa di kecamatan messawa kabupaten mamasa. Doctoral dissertation, universitas sulawesi barat.
Muawanah1, (2019, Februari). Pengaruh Kepercayaan dan Citra Lembaga Terhadap Minat Donatur. Journal of Business and Innovation Management Volume 1 Nomor 2, Februari 2019, 111-127. Diambil kembali dari http://ejournal.feunhasy.ac.id/bima
Mumtahanal (2017, juni). Pemanfaatan web e-commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah informatika. Jurnal ilmu komputer dan informatika, 3(1), 6-15.
Putra(2015, sepetember). Pengaruh penerapan e-commerce terhadap keputusan pembelian. Journal ecodemica, 3(5, 439-450.
Putri, (2022). Pengaruh e-commerce, sosial media, dan kepercayaankonsumen terhadap minat beli pada aplikasi belanja shopee. Jrmsi-jurnal riset manajemen sains indonesia, 13(01), 20-33. Doi:10.21009/jrmsi.013.1.02
Rosyad, (2019, september). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah ( ukm )dengan memanfaatkan e-commerce untukmeningkatkan minat pembelian konsumen terhadappenjualan bibit ikan di desa plosobuden kec. Deket kab. Lamongan. Prosiding seminar nasional teknologi dan sains (snasteks), 381-390.
Rusdimansyah (2022). Manajemen pemeliharaan sapi pedaging (pertama ed.). (s. Hidayat, penyunt.) Padang: andalas university press.
Sulistiono, (2020, april). Pengaruh sikap konsumen, periklanan, dan brand imageterhadap minat beli konsumen the jungleland adventure theme park studi kasus pada mahasiswa stie kesatuan. Jurnal ilmiah pariwisata kesatuan, 1(1), 43-52. Doi:10.374
Wati, (2017). Pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian produk fashion di kota . Surabaya: universitas airlangga.
Wissen (2023, maret). The influence of customer inspiration on social media marketing toward architectural service purchase intention. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 25(1), 13-24. Doi:: https://doi.org/10.9744/jmk.25.1.13-24
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8315
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional