Pengaruh Karakteristik Toko Dan Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Prima Wala Kabupaten Sidenreng Rappang

Hermi Haeruddin, Romy Nugraha JS, Suriadi Suriadi , Kurniawan

Sari


Pembelian impusif merupakan fenomena yang sering terjadi dalam dunia ritel, di mana konsumen melakukan pembelian secara tiba-tiba tanpa perencanaan sebelumnya. Perilaku ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk karakteristik toko dan karakteristik produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik toko dan karakteristik produk terhadap pembelian impulsive pada toko prima wala. Metode penelitian yang digunakan adalah kuatitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 72 responden yang merupakan konsumen Toko Prima Wala yang dipilih mengunakan metode rumus lemeshow tets. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel independen (karakteristik toko dan kerakteristik produk) dan variabel dependen (pembelian impulsif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik toko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Sedangkan karakteristik produk memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa karakteristik toko memiliki peran penting dalam memengaruhi pembelian impulsif. Sementara karakteristik produk memiliki pengaruh secara tidak langsung karena Toko Prima Wala merupakan distributor.

Kata kunci : karakteristik toko. karakteristi poduk, dan pembelian impulsif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, B. 2020. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Chairullah, M. 2023. Pengaruh Karakteristik Toko, Faktor Situasional, Karakteristik Produk Dan Emosi Positif Terhadap Impulse Buying Pada Miniso Cabang Palembang Square Extension. Skripsi: Universitas Multi Data Palembang.

Chairullah, M. dan Juwita, R, 2023. Pengaruh Karakteristik Toko, Karakteristik Produk Emosi Positif Terhadap Impulse Buying Miniso PSX. Jurnal: Ekonomi dan Bisnis.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hendrayani, E. et al. 2021. Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Jawa Barat: Penerbit Media Sains Indonesia.

Mulyani, S. R. (2021). Metodologi Penelitian. Widina Bhakti Persada Bandung: Badung.

Purwanto, N. 2021. Dinamika Fashion Oriented Impulse Buying. Malang: Literasi Nusantara.

Sitorus, S. A. 2022. Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Sudarsono, A. et al. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Volume Penjualan. Vol 11 No. 3 2022 : 245 – 255.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter