Pengaruh Identitas Merek, Harga, Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minuman Herbal

Irnandari Pangestu, Pristiyono Pristiyono, Abdillah Menri Munthe

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh identitas merek, harga, promosi, dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen pada minuman herbal wedang jahe merah di Labuhanbatu Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 110 responden yang merupakan pelanggan atau masyarakat yang mengetahui produk lokal wedang jahe merah. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Identitas merek yang kuat meningkatkan kepercayaan konsumen, harga yang kompetitif memengaruhi daya tarik produk, promosi yang efektif memperbesar minat beli, dan desain kemasan yang menarik membangun persepsi positif. Dengan demikian, strategi yang optimal dalam aspek tersebut dapat membantu UMKM mengatasi stagnasi dan meningkatkan daya saing produk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Banurea, S. R. H. R. (2023). ANALISIS PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. EkonodinamikaJurnalEkonomiDinamis, 2(1), 14–27.

Bernaldo, B., Pebrianti, C., Nurhasanah, D., Ester, N., & Nurhayati, T. (2023). Analisis Pengaruh Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Merek Mixue di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 54–63.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Gupta, S., Mehta, H., & Chakrabarti, N. (2024). Impact Of Packaging Design On Consumer Buying Behaviour : A Study On Beauty And Wellness Products. International Journal of Creative Research Thoughts, 12(11), 141–152.

Hasibuan, Z., Syahputri, N., Hamtheldy, R. Z., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). PENTINGNYA MENGEMBANGKAN PRODUK DAN KEPUTUSAN MEREK DALAM PEMASARAN GLOBAL. Journal of Social Research, 1(4), 261–267.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2020). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(01), 17–35. https://doi.org/10.34005/kinerja.v2i02.794

Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Chatime Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27(3), 433–443. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i3.2517

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Imbayani, G. A., Prayoga, M. S., & Mahendra, W. A. (2024). PENGARUH SELF CONGRUITY, BRAND ENGAGEMENT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KEDAI KOPI M.ABOE TALIB DENPASAR TIMUR. Jurnal EMAS, 1–13.

Jaya, S. L., & Heryjanto, A. (2023). The Influence Of Price, Service Quality, And Product Quality On Purchase Decisions Mediated By Purchase Intention (Empirical Study: Kriss Store Consumers In Tangerang Regency). Journal Research of Social Science, Economics, and Management, 3(3), 798–823. https://doi.org/10.59141/jrssem.v3i3.575

Mailani, A., Syarif, A. M., Azizah, A., Delima, P. S., Putri, T., & Riofita, H. (2023). Analis Pengaruh Packaging Produk terhadap Niat Beli Konsumen di Industri Kosmetik. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 10–15.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.

Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i1.644

Nugraha, A. R., & Sjoraida, D. F. (2025). Brand Positioning Strategy and Consumer Knowledge : Its Impact on Brand Attitude and Purchase Decision. International Journal of Management Science and Information Technology, 5(June), 67–75.

Nurul Kumala, F. O., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–39. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p26-39

Pamungkas, A., & Pramesti, D. A. (2021). Pengaruh Atmosfir Store, Brand Identity, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Mediasi Minat Beli (Studi Empiris Pada Kedai Kopi Janji Jiwa). Borobudur Management Review, 1(1), 12–31. https://doi.org/10.31603/bmar.v1i1.5009

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication , Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. 3(2).

Rahim, U. K. (2023). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Citra Merek Pada KM Pakaian Muslimah di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin AMSIR, 1(2), 322–332.

Rambe, A. M. P. (2024). The influence of marketing content on brand awareness and its impact on citamin product purchase decisions-. Proceeding of International Bussiness and Economic Conference (IBEC), 13(1), 436–451.

Ritonga, E., Harahap, A., & Pristiyono, P. (2023). Analisis Sarana Promosi Media Sosial Dan E-Wom Sebagai Digital Marketing Yang Efektif Bagi Dunia Bisnis Di Era Society 5.0. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 5(1), 148–162. https://doi.org/10.35829/econbank.v5i1.287

Roselin, H. (2023). ROLE OF BRANDING IN ATTRACTING AND INFLUENCING THE CONSUMER PURCHASING. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR), January.

Shams, R., Chatterjee, S., & Chaudhuri, R. (2024). Developing brand identity and sales strategy in the digital era: Moderating role of consumer belief in brand. Journal of Business Research, 179(March), 114689. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114689

Shukla, P., Singh, J., & Wang, W. (2022). The influence of creative packaging design on customer motivation to process and purchase decisions. Journal of Business Research, 147(April), 338–347. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.026

Sihotang, C. S., & Supriyono, S. (2024). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Indonesian Journal of Business Analytics, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.55927/ijba.v4i2.8760

Stephen, E., Conway, A. E., Codispoti, C. D., Abrams, E., Lieberman, J. A., Ledford, D., Pongdee, T., & Shaker, M. (2024). Patient-Centered Practice Guidelines: GRADEing Evidence to Incorporate Certainty, Balance Between Benefits and Harms, Equity, Feasibility, and Cost-Effectiveness. Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, 12(10), 2636–2643. https://doi.org/10.1016/j.jaip.2024.03.008

Suhairi, Siregar, I. S., Nurhadiah, Leli, N., & Handayani, R. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.

Sulaeman, K. S., Sahrir, A. S. P., Hasvian, M., Hatta, F. I., & Suharti. (2024). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Rangka Peningkatan Penjualan Pada PT. Indofood. Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 2(1), 1–7.

Suryani, I., & Syafarudin, A. (2021). The Effect of Sales Promotion on Purchasing Decisions. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(2), 122–133. https://doi.org/10.52728/ijtc.v2i2.216

Syafira, A., & Rohman, A. (2024). Penerapan Strategi Promosi Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Di Mie Marlena, Banyu Sangkah Tanjung Bumi Bangkalan. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(6), 1–21.

Tali, M. A., Wani, N. F., & Ibrahim, A. (2021). The Power Of Branding Influencing Consumer Purchase Decision: A Comprehensive Literature Review. Elementary Education Online, 20(6), 5362–5387. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.06.519

Wijaya, A. P., Prihandono, D., Sutrasmawati, R. R. E., & Istanti, F. (2024). Penguatan pemasaran melalui desain kemasan untuk meningkatkan penjualan abon bonggol pisang. 8(September), 2796–2803.

Zimand-Sheiner, D. (2024). Four Dimensions of Brand Storytelling: Framework for Managing and Analyzing Online Brand Stories. International Journal of Business Communication. https://doi.org/10.1177/23294884241261362




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter