Pengaruh Program Cashback Dan Promosi Terhadap Rentensi Volume Penjualan Pada Toko Atk Zetha Labuhanbatu
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Program Cashback dan Promosi terhadap Retensi Volume Penjualan di Toko ATK Zetha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda untuk menguji pengaruh kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Toko ATK Zetha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel, yaitu Program Cashback dan Promosi, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Retensi Volume Penjualan. Program cashback terbukti memberikan pengaruh yang lebih kuat terhadap retensi volume penjualan dengan koefisien regresi sebesar 0.437, sementara promosi memiliki koefisien regresi 0.319. Dengan R² = 0.321, penelitian ini menunjukkan bahwa program cashback dan promosi bersama-sama menjelaskan 32.1% variasi dalam retensi volume penjualan. Temuan ini mengindikasikan bahwa Toko ATK Zetha dapat meningkatkan volume penjualannya dengan memperkuat program cashback dan promosi sebagai strategi pemasaran yang lebih terfokus pada loyalitas pelanggan dan pembelian berulang.
Kata Kunci: Program Cashback, Promosi, Retensi Volume Penjualan, Loyalitas Pelanggan, Pembelian Ulang
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adhiyani, O. R., & Indriyanti, A. (2020). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback Dan User Friendly Terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO Di Surakarta. Jurnal Mebis, 5(2).
Ardila, Y., & Ardi, H. A. (2024). Pengaruh Promosi Cashback Terhadap Loyalitas Pengguna Shopeepay Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. ECOUNTBIS: Economics, Accounting And Business Journal, 4(1), 26-31.
Chen, Z., Zhang, Q., & Li, C. (2021). The Impact Of Price Promotions On Consumer Purchase Decisions: Evidence From A Field Experiment. Journal Of Marketing, 85(3), 112-127.
Damery, R. A., Adha, M. A., & Wahyudi, R. (2024). Pengaruh Program Flash Sale, Cashback, Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Perilaku Impulsif Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Syariah.
Haidah, H. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Annual Pass Pada PT Jungleland Asia Adventure Theme Park (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Kim, Y., & Park, S. (2020). The Impact Of Cashback Promotions On Customer Satisfaction And Repurchase Intention. Journal Of Consumer Psychology, 30(4), 641-658.
Li, Y., Zhang, Y., & Chen, W. (2020). Exploring The Synergistic Effect Of Promotional Strategies On Consumer Behavior: Evidence From The Retail Industry. Journal Of Retailing, 96(2), 128-145.
Lubis, E. M., & Juniwati, J. (2024). Pengaruh Persepsi Nilai Merchant, Price Discount, Loyalty Program Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Gopay Di Aplikasi Gojek). In Prosiding Management Business Innovation Conference (MBIC) (Vol. 7, No. 1, Pp. 362-376).
Millania, J. F., Fauziyah, A., & Budiman, A. (2024). Analisis Starategi Diskon Terhadap Volume Penjualan Di Shopee (Studi Kasus Mekaya_Im). Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 1181-1188.
Mointi, R., & Sauw, O. (2023). Promosi Cashback, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Dalam Pelayanan E-Commerce (Studi Kasus Pelanggan Tokopedia). YUME: Journal Of Management, 6(1), 251-259.
Muryati, M., Lubis, W. I., & Putri, P. M. (2024). Pengaruh Program Cashback Dan Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Di Marketplace Shopee. CITRA EKONOMI, 5(2), 17-24.
Naimah, S., Komariah, K., & Saori, S. (2023). Analisis Iklan, Promosi Cashback, Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 9671-9681.
Nonongan, Y. (2022). Pengaruh Free Gift Dan Cash Back Terhadap Peningkatan Jumlah Penjualan Barang Elektronik Pada Toko Centro Elektronik Palopo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Palopo).
Sari, D. A. P. (2022). Optimalisasi Biaya Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Pada Cv. Surya Indah Motor Toyota Jepara (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Suherli, I. R., Yusup, D. K., Rohman, H. F., Habibie, A., & Marjuqi, A. I. (2023). Manfaat Diskon Dan Cash Back Terhadap Volume Penjualan Properti Syariah Selama Pandemik Covid-19. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 8(2), 275-294.
Surbakti, M. N. (2023). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Asuransi Umum Pada PT. Hero Mitra Abadi. Management Studies And Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1115-1122.
Syamsiyah, A. D., & Nirawati, L. (2024). Pengaruh Live Streaming, Flash Sale, Dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 5024-5036.
Syarehan, S. (2024). Strategi Promosi E-Commerce Shopee: Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Dan Cashback Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Produk Fashion (Doctoral Dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Zahri, C., & Prayadi, C. A. (2022). Pengaruh Program Cash Back Dan Transfer Payment Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Pada Pt. Istana Deli Kencana Medan. Warta Dharmawangsa, 16(3), 346-357.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8363
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional