Kualitas Produk, Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Melalui Price Discount Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada “Benaya Fashion”)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Kualitas Produk, Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Melalui Price Discount Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada “Benaya Fashion”). Permasalahan Penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Kualitas Produk, Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Melalui Price Discount Sebagai Variabel Intervening. Populasi sebanyak 4.366 pada penelitian ini adalah pelanggan Benaya Fashion. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden serta kuisioner sebagai alat pengumpulan data responden. Metode penelitian ini adalah Metode Kuantitatif dan menggunakan IBM SPSS Statistic 22. Hasil Penelitian ini adalah Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembeli. Selain itu, Kualitas Produk dan Promosi juga berpengaruh signifikan terhadap Price Discount, di mana promosi memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan kualitas produk. Price Discount juga terbukti memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembeli, meskipun pengaruhnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan Kualitas Produk dan Promosi. Penelitian ini juga menemukan bahwa Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Pembeli melalui Price Discount, namun pengaruh mediasi Price Discount relatif kecil. Hal ini menegaskan bahwa Kualitas Produk dan Promosi tetap menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan konsumen, sementara diskon harga berfungsi sebagai faktor pendukung yang dapat meningkatkan daya tarik produk secara sementara. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang menekankan pada peningkatan kualitas produk dan promosi yang efektif, dengan diskon harga sebagai elemen tambahan yang memperkuat daya tarik produk di pasar. Temuan ini sejalan dengan teori perilaku konsumen yang menempatkan kualitas produk dan promosi sebagai elemen kunci dalam mendorong keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Price Discount, Keputusan PembeliTeks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini, N., & Barkah, Q. Titin Hartini. Juni 2020 “Pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek produk rabbani di palembang”. Journal Ilmiah, volume, 4.
Aprilia, G., Herdinata, C., & Padmawidjaja, L. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Graby Bites. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 449-457.
Aprilia, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Senayan City. Jurnal Manajemen, 6(1), 34-46.
Azam, M. C., & Sukandani, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Price discount dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Oppo di Terminal Phone Plaza Marina Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 506-515.
Capriati, A. L., & Waluyo, H. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 922-928.
Daud, A. (2011). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. AKMEN Jurnal Ilmiah, 8(4).
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Jurnal S1 Manajemen, 114.
ELISHA, F. A. (2021). Pengaruh Price Discount dan in-Store Display terhadap Impulsive Buying pada Konsumen Minimarket Berkah Mart Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Ely, (2021). Penataan produk.
Ernima, T 2023. Analisis Pengaruh Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (studi kasus di percetakan kotaraya printing medan)
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Cetakan keempat. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program spss. Edisi Kedua. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Harjadi, Didik, 2021: Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan PelangganMilenial. Cirebon : Insania
Harnady, F. A., Wahono, B., & Asiyah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PadaToko Prabujaya Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(08).
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Kuro, U. (2021). Pengaruh Promosi Dan Diskon Terhadap Daya Tarik Closing Online Shop Mahasiswa Di Stkip Pgri Bangkalan (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).
Larasati, S. F., Safitri, U. R., & Rahayu, L. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Potongan Harga Terdadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik (Studi Kasus Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetik Kartasura). Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 9(2), 184-193.
Lestari, R., & Nurwulandari, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi penjualan, persepsi harga terhadap kepercayaan dan dampaknya pada keputusan pembelian di Qonita Property Depok. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 4), 1929-1939.
M.Kurniawan, H. S. K. H. (2019). Analisis Citra Merek, Harga, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Palembang (Studi Kasus Konsumen Grab). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 4(2).
Marpaung, B., & Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29-38.
Maulana, M. I. N. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 5(6), 512-521.
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian baju batik di toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Matua Jurnal, 3(1), 13-24.
Nurhayati, S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Yogyakarta di Shopee. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi dan Manajemen, 15(2), 24-40.
Nurhayati, S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Yogyakarta di Shopee. Albama: Jurnal Bisnis Administrasi dan Manajemen, 15(2), 24-40.
Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian lotion Marina. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 3(1), 212-223.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen , 14 (1), 16-23.
Priandewi, N. M. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2), 419-433.
Puspitasari, D. M., & Herdian, R. (2023). Pengaruh kualitas produk, diskon harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(6), 2723-2730.
Qolbi, N., Kamanda, S. V., & Novel, A. H. (2022). Pengaruh Product Quality, Price, dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Abdullah Said Batam). JURNAL AL-AMAL, 1(1), 47-52.
Rahmadi, Y. (2020). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying Konsumen Di Fashion Ritel Suzuya Mall Banda Aceh Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Sari, D. A., Lisdiana, N., & TNK, A. F. A. (2021). Pengaruh Potongan Harga, Promosi, Kualitas Produk Dan Hargaterhadap Keputusan Pembelian Di Kios Dewi Makmur Pasar Lebak (Studi Kasus Keputusan Pembelian di Kios Snack Kiloan Dewi Makmur Boyolali). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 9(2), 204-211.
Sari, D. N. (2018). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Sari, I. D., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh e-gaya hidup, trend fashion, dan customer experience terhadap impulse buying produk fashion konsumen. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(4), 683-690.
Sari, I. R., & Harti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(3), 444-451.
Stanton, William J. (1981: 445) (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Sumayyah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee (Studi Kasus Pada Shopee Kelurahan Sunter Jaya Jakarta Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Suryajaya, I., & Sienatra, K. B. (2020). Kualitas produk dan persepsi harga ditinjau dampaknya terhadap keputusan pembelian produk WEAR IT. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(3), 176-184.
Suryajaya, I., & Sienatra, KB (2020). Kualitas produk dan persepsi harga ditinjau dampaknya terhadap keputusan pembelian produk WEAR IT. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis , 5 (3), 176-184.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.
Tyaswara, B., Taufik, RR, Suhadi, M., & Danyati, R. (2017). Pemaknaan terhadap fashion gaya remaja di Bandung. Jurnal Komunikasi , 8 (3).
Widyana, (2020). Pengaruh Price Discount Terhadap Keputusan Impulse Buying Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan Alfamart Di Kota Metro, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO).
Wilujeng, S. (2017). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret di Kecamatan Sukun Kota Malang. Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang, 457(7).
Yudiana, I. M., & Indiani, N. L. P. (2022). Peran Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Kembali di Bale Ayu Denpasar. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 21(1), 55-63.
Yulianti F,Lamsa,Priadi. 2019. Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama.
Website :
https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/24/170000021/punya-pasar-ritel-potensial-indonesia-duduki-peringkat-4-grdi. Diakses Tanggal 15 Januari 2024.
https://investor.id/lifestyle/274426/tren-fashion-dunia-berkembang-pesat-di-indonesia. Diakses tanggal 10 mei 2024.
https://kbbi.web.id/kualitas. Diakses tanggal 11 mei 2024
https://kumparan.com/berita-terkini/penjelasan-arti-dan-sinonim-kualitas-dalam-bahasa-indonesia-20hXfIW4egM. Diakses tanggal 11 mei 2024
https://goodstats.id/article/daftar-negara-dengan-indeks-pasar-ritel-terbesar-di-dunia-indonesia-peringkat-berapa-dJ8v7. Diakses tanggal 19 Mei 2024f
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8386
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional