Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM di Labuhanbatu

Sindy Firliana Safitri, Yudi Prayoga, Abdillah Menri Munthe

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Labuhanbatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada pelaku UMKM di daerah tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,021 mengindikasikan kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen yang sangat rendah. Selain itu, nilai F Change sebesar 1,701 dengan signifikansi F Change sebesar 0,172 menunjukkan bahwa model ini tidak signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi 5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh signifikan namun negatif terhadap keunggulan bersaing UMKM, sementara inovasi dan orientasi kewirausahaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya UMKM untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin lebih berpengaruh terhadap daya saing mereka, serta melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap faktor eksternal dan internal yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing secara nyata. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengusaha dan peneliti untuk lebih fokus pada strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di pasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, R., Ramdhani, R.F., Dewi, L.O.A., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., &Hadi, N. (2024). Transformasi digital dan antisipasi perubahan ekonomi global dalam dunia perbankan. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 80–88.

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management.

Drucker, P. F. (1983). Concept of the Corporation (XVII).

Hanif, Zulkarnain, & Pailis, E. A. (2022). Analisis Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran dan Inovasi UMKM Binaan KPw Bank Indonesia Provinsi Riau. Jurnal EMT KITA, 6(1), 89–103. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.521

Morris, Michael., Schindehutte, Minet., Richardson, J., J. A. (2006). Is the business model a useful strategic concept? Conceptual, theoretical, and empirical insights.

Octavia, A., Orientasi, S., Konsep, P., & Menengah, K. D. A. N. (2020). KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH. Salim Media Indonesia (SMI).

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. The Free Press.

Rahadhini, M. D., & Lamidi, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Keunggulan Bersaing di Kota Solo. J-MKLI (Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia), 4(2), 81. https://doi.org/10.26805/jmkli.v4i2.109

Slater, J. C. N. and S. F. (1990). The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, 54(4), 20–35.

Sunarjo,Ayu, W. (2024). Buku Ajar Manajemen Inovasi.

Tidd, J., & Bessant, J. (2014). Foundations of Managing Innovation. Strategic Innovation Management, March 2014, 4–21.

Wiyadi, W., Nuryulia Praswati, A., Trisnawati, R., & Chuzaimah, C. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja UKM. Abdi Psikonomi, 2, 78–85. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.338.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter