Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kue “Citra Sari Wangi”
Sari
Riset ini di realisasikan guna menganalisis pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap keputusan pembelian di Toko Kue "Citra Sari Wangi". Dengan meningkatnya persaingan di era digital, pebisnis wajib mengetahui berbagai aspek yang mendorong keputusan pembelian pelanggan. Riset ini dilakukan dengan menerapkan metode kuantitatif. Teknik analisis regresi linier berganda diterapkan untuk menguji pengaruh simultan dari dua variabel independen terhadap variabel dependen, Perolehan data dilakukan menggunakan kuisioner yang disebar kepada 50 konsumen Toko Kue "Citra Sari Wangi". Hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan e-commerce mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi di media sosial juga berkontribusi secara signifikan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemilik usaha untuk mengoptimalkan strategi e-commerce dan promosi di media sosial guna meningkatkan keputusan pembelian.
Kata kunci: E-commerce, promosi di media sosial & keputusan pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baladini, N., Syarief, N., & Gunaedi, J. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Pemasaran Media Sosial dan Motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1323–1337.
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Jaya, U. A., & Raya, A. N. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Media Sosial Terhadap Penjualan Umkm Di Era Pandemi (Studi Kasus Desa Cibolang). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 378–387. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.100
Kartika, I., Elza Surachman, A., Rahayu Tiara Nejal, O., & Mariono, E. (2023). E-Commerce Dan Promosi Media Sosial Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal GeoEkonomi, 14(2), 156–165. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v14i2.310
Mega, S. A., & Nofita, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di tengah Pandemi Covid 19 pada UMKM Pesanminum Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 875–890.
Ningsi, W. P. W., & Ekowati, S. (2021). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS GLOW. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(1), 50–57. www. jurnal.imsi.or.id
Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh E-commerce terhadap Keputusan Pembelian pada Belanja Online Shopee (Studi pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 8(3), 154–162. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/3572
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Teresya, R., Rizka Rahmah Nabiilah, & Safina Tunnajah. (2022). Literature Review E-Commerce: Profitabilitas, Tekanan Eksternal Dan Kemudahan Pengguna. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 474–484. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.979
Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Benefita, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.22216/jbe.v2i2.478
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-Commerce: Business, Technology, Society.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8399
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional