Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Digital Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Keripik Singkong Sehati Di Desa Tanjung Harapan

Devita khayun, Abd Halim, Muhammad Yasir Arafat Pohan

Sari


Tujuan daripada penelitian ini guna menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi digital serta citra merek pada loyalitas pelanggan Usaha Keripik Singkong Sehati di Desa Tanjung Harapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Usaha Keripik Singkong Sehati di Desa Tanjung Harapan adalah tempat penelitian ini dilakukan. Populasi penelitian ini adalah konsumen dari Usaha Keripik Singkong Sehati, dan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, serta kuesioner menggunakan skala likert. Untuk dapat menyederhanakan jumlah sampel, peneliti memanfaatkan rumus Cochran yang digunakan untuk menghitung sampel, dan didapati 96 responden sebagai jumlah sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan memanfaatkan teknik purposive sampling, yakni teknik pemilihan sampel yang hanya memilih individu tertentu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk menjadi sampel. Studi ini memanfaatkan analisis regresi linear berganda yang diuji dengan uji parsial (t), simultan (f) serta koefisien determinasi. Temuan studi mengungkapkan bahwasanya kualitas produk, harga, promosi digital, hingga citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan, dan secara simultan berpengaruh pada loyalitas pelanggan pada Usaha Keripik Singkong Sehati di Desa Tanjung Harapan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albert Rivai Sinaga, Tandiyo Pradekso, D. S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Terpaan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Konsumen Dompet Digital Gopay. 10, 1–23.

Alim, M. (2024). Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pemasaran. 16(1), 1–23.

Anggraini, D., & Oktavia, D. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pt.Paberik Tekstil Kasrie). JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(6), 542–547. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss6pp542-547

Anggraini, D. R., Faizah, K., Putri, G. C., & ... (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada Mie “SKR” Jember. … Journal of Business …, 5(2), 1201–1211. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BUDGETING/article/view/8742%0Ahttps://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BUDGETING/article/download/8742/6508

Arifin, M. H. M. (2021). Pengaruh Promosi, Kemasan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Keripik Singkong Cap Pesawat Pada Industri Rumah Tangga Di Manding Kabupaten Sumenep. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Daniel I Nyoman Renatha Cardia, I Wayan Santika, N. N. R. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 1–23.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Intan Rurieta Anggarawati. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Tirta Marta Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 40–49. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.146

Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921

Maulana, A. E., Lewangka, O., & Mappatompo, A. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada Umkm Ayam Kampung Prozen Food Dapoer Umma Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 8(1), 298–310.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Naomira, Y. ’Azzahra, Rachma, N., & Slamet, A. R. (2022). “Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Loyalitas Pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Probolinggo Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Masa Pandemi.” Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(14), 107–120.

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAH RAGA MEREK ADIDAS (Studi di Kota Semarang). Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2846

Pramesti, M. A., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.76

Putra, F. T., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hikecy Kerupuk Singkong Pada Gallery Hikecy Sawahlunto. Jurnal Pundi, 7(2), 307. https://doi.org/10.31575/jp.v7i2.502

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921

Pohan, M. Y. A. (2023). Wisata Petualangan: Menguji Faktor Pendorong Niat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata. Jumsi, 5(4), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Rahmawati, Setiawan, E. A., & Muinah Fadhilah. (2023). Strategis Promosi Digital Marketing Pada Distributor Keramik Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 287–292. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.286

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Santoso, R. R., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Lapis Kukus Pahlawan Surabaya di Toko Rania) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(2), 7–9. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3908

Sunyoto. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke 2). Erlangga.

Surya, C., Chandra, J., Santoso, P. H., Akri, P., & Astarina, I. (2022). Pengaruh Gaya hidup, Citra Merek,Kepercayaan Merek dan Kepuasa Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Indomie Pada Masyarakat di Kota Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 2(2), 227–241.

Sutriani, S., Nasution, Z., & Fitri Nasution, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Daya Saing Pasar Terhadap Volume Penjualan Usaha Kripik Singkong “Kurnia”Di Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 5(1), 200–207. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i1.454

Wahyuni, P. R., Rahman, S. A., & Hopid, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Keripik Singkong Cap Lumba-Lumba Rasa Pedas Manis. Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1), 89. https://doi.org/10.28944/hudanlinnaas.v5i1.1644

Zabila, A. P., & Perwito, P. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank BJB Cabang Soreang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 1589–1596. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4077




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8471

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter