Pengaruh Customer Review, Customer Rating, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia (Studi Kasus Di Batam)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer review, customer rating, dan kepercayan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, melibatkan 100 responden didapat dari menggunakan rumus lemeshow. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS, dengan menggunakan teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil regresi linear berganda, customer review (X1) memiliki pengaruh 31,1% atau 0,331 terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam, dan pada customer rating (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,382 atau 38,2% terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam, dan pada variabel kepercayaan (X3) memiliki pengaruh sebesar 0,582 atau 58,2% terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam. Secara keseluruhan customer review, customer rating, dan kepercayaan mempunyai pengaruh signifikan sebesar 58,2% terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam, seperti hasil yang ditemukan pada koefisien determinasi (R2). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa customer review, customer rating, dan kepercayaan secara parsial ataupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia di Kota Batam.
Kata Kunci : Customer Review, Customer Rating, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustiningsih, L., & Hartati, R. (2023). terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Layanan Shopee. 4(2), 13–30.
Alvi Herzegovino Sianipar, F., & Dra Hj Yoestini, E. (2021). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Amalia, F., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Bukalapak di Banyuwangi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 205–212.
Ardha, B., & R, D. A. (2022). Analisis Komunitas Virtual Brand Tory Burch Lovers Indonesia Di Facebook Dalam Proses Keputusan Pembelian Tas. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(2), 9–16. https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1223
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Arifin, S., & Setyorini, S. (2023). The Influence of #RacunTikTok Trends, Customer Review and Customer Rating on Purchase Decisions through Purchase Intention. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 91. https://doi.org/10.17977/um003v9i22023p091
Faradita, P. A., Widjajanti, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Online Customer Review , Harga dan Kualitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review , harga , kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Tokopedia pada pengguna Tokopedia diko. 21(2), 130–141.
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19671
Febriana, L. A., & Samboro, J. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 94–101.
Fudaili, M., & Azis, M. (2022). Tingkat Kepercayaan Muzakki dalam Berzakat di Lazisnu Kecamatan Sambit. Journal of Islamic Philanthropy and Disaster (JOIPAD), 2(1), 23–33. https://doi.org/10.21154/joipad.v2i1.4504
Halim, I. (2022). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Makalah. 1–15.
Hanifah, R. N., & Fadila, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Public Service And Governance Journal, 4(1), 230–245.
Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205
Irmawati, I., & Cahyanto, M. R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan, Dan Kepercayan Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Tokopedia. House of Management and Business (HOMBIS) Journal, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.26753/hombis.v1i1.748
Maharani. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cheek & Liptint di Shopee Pada Pelanggan Implora Cosmetics di Desa Bangun Sar. 1–85.
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393
Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416
Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982.
Agustiningsih, L., & Hartati, R. (2023). terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan pada Layanan
Shopee. 4(2), 13–30.
Alvi Herzegovino Sianipar, F., & Dra Hj Yoestini, E. (2021). Analisis Pengaruh Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Online Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Amalia, F., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Bukalapak di Banyuwangi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 205–212.
Ardha, B., & R, D. A. (2022). Analisis Komunitas Virtual Brand Tory Burch Lovers Indonesia Di Facebook Dalam Proses Keputusan Pembelian Tas. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(2), 9–16. https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1223
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Arifin, S., & Setyorini, S. (2023). The Influence of #RacunTikTok Trends, Customer Review and Customer Rating on Purchase Decisions through Purchase Intention. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 91. https://doi.org/10.17977/um003v9i22023p091
Faradita, P. A., Widjajanti, K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Online Customer Review , Harga dan Kualitas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review , harga , kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Tokopedia pada pengguna Tokopedia diko. 21(2), 130–141.
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19671
Febriana, L. A., & Samboro, J. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 94–101.
Fudaili, M., & Azis, M. (2022). Tingkat Kepercayaan Muzakki dalam Berzakat di Lazisnu Kecamatan Sambit. Journal of Islamic Philanthropy and Disaster (JOIPAD), 2(1), 23–33. https://doi.org/10.21154/joipad.v2i1.4504
Halim, I. (2022). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran Makalah. 1–15.
Hanifah, R. N., & Fadila, A. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Public Service And Governance Journal,
(1), 230–245.
Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205
Irmawati, I., & Cahyanto, M. R. N. (2022). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan, Dan Kepercayan Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Tokopedia. House of Management and Business (HOMBIS) Journal, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.26753/hombis.v1i1.748
Maharani. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cheek & Liptint di Shopee Pada Pelanggan Implora Cosmetics di Desa Bangun Sar. 1–85.
Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393
Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416
Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rahmadita, R., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang ) Universitas Negeri Padang * Corresponding author , e-mail : rahmarezkadiita@gmail.com. 02(2), 620–630.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Setia, M., Nindya Aryandha, P., Hapsari, H. D. H., & Putranti, L. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 20(1), 727–732. https://doi.org/10.31316/akmenika.v20i1.4645
Setiawan, W., & Muhajirin. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Ketepatan WaktuTerhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Grab(Studi Pada Konsumen Kota Bima). Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, Vol. 1(4), 81–98. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i4.1405
Shaza, F. (2017). Bab II Tinjauan Pustaka Bab II Tinjauan Pustaka 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Simanjuntak, R. E., & Sabrina, N. (2021). Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Tokopedia. 1–10.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8505
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional