Pengaruh Beauty Influencer, Brand Image Dan Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare di Kota Batam

Hemen Raflesia Sinaga, David Humala Sitorus

Sari


Beauty influencer bisa dikatakan merupakan contoh yang dilihat masyarakat ketika ingin membeli suatu produk, Brand image adalah salah satu hal yang penting bagi sebuah produk agar lebih mudah dikenal masyarakat, Customer review adalah ulasan pelanggan yang ditinggalkan untuk menilai suatu produk baik itu bentuknya negative maupun positif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh beauty influencer, brand image dan Customer review terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow di Kota Batam. dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Dan pemengambil sampel menggunakan rumus lemeshow sebanyak 100 responden menggunakan metode cross sectional design, pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner online atau google form, dengan membagikan melalui laman media sosial dan menggunakan metode non- probability sampling dengan teknik voluntary sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25, dengan melakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik uji pengaruh dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian regresi, beauty influencer (X1) memiliki pengaruh sebesar 57,1% terhadap keputusan pembelian (Y), brand image (X2) memiliki pengaruh sebesar 19,1%terhadap keputusan pembelian, dan customer review (X3) memberi pengaruh sebesar 20,1% terhadap keputusan pembelian (Y). selain itu hasil uji t dan uji F menyatakan bahwa beauty influencer, brand image dan customer review secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow di Kota Batam.

Kata kunci: Beauty influencer, Brand Image, Customer review dan Keputusan pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, L. I. N., & Worang, F. G. (2022). the Influences of E-Wom of Reference Group and Instagram Influencer Toward Wardah and Maybelline Brand Image Pengaruh E-Wom Dari Kelompok Referensi Dan Influencer Instagram Terhadap Citra Merek Wardah Dan Maybelline. Arie 143 Jurnal EMBA, 10(1), 143–151.

Afifah, M. N., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina di Batam. Jurnal Mirai Management, 8(1), 328–340.

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Anjani, E. R., & Simamora, V. (2022). Pengaruh Influencer, Harga Dan Kualitas Produk Skincare Scarlett Whitening Terhadap Keputusan Pembeli Generasi Z, Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 1293–1308.

Apsari, A. P., & Maulana, A. (2024). Pengaruh Beauty Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Make Over Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2024(4), 29–40. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10499134

Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8.

Athoillah, M., Pramesti, W., & Mustikawati, E. (2020). Pelatihan Analisa Statistika Deskriptf Data Kependudukan dengan Menggunakan Microsoft Excel di Desa Gedangan Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 16–21.

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

DJ, Y. R., & Sustyorini, E. N. (2022). Pengaruh Brand Image, Social Media Instagram dan Beuaty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow di Kabupaten Lamongan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1421–1428. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2442

Fadia Chusnul Ma’rifah, Ute Chairuz M. Natusion, & Agung Pujianto. (2024). Pengaruh Beauty Influencer, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembeelian Produk Skincare Npure Face Toner. CiDEA Journal, 3(1), 105–118. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v3i1.1836

Faiza, E. N., Maduwinarti, A., Chairuz, U., & Nasution, M. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Avoskin Pada Mahasiswa Di Surabaya. Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(6).

Feny, W. R., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Skincare MS Glow Beautyhome di Demak). Journal of Management & Business, 5(1), 168–181.

Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.

Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115

Herawati, T., Gian Fitralisma, Indah Dewi Mulyani, & Muhammad Syaifulloh. (2022). Analisis Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Di Yogya Mall Brebes. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 338–345. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.869

Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Intania, H., Nobelson, & Suharyati. (2021). Analisis Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee di Jakarta. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1457–1470.

Jayanti, S. E., & Siahaan, R. (2021). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY Mahasiswi STIE Bina Karya. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 37. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.167-172

Karim, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Hanni Pratama Trans. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4, 2022–2517.

Kawilarang, C. G., Tumbuan, W. J. F. ., & Loindong, S. S. . (2022). Analisis Pengaruh Celebirty Endorsement, Beauty Vlogger dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Lokal Somethinc. Jurnal EMBA, 10(4), 770–779.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Lisdiana, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Onlinedi Online Shop Lazada. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syaria, 4(2), 1356–1367.

Listyowati Dwi, Raring Paulina Gabriela, Hursepuny Johan, Hermawan Fransisca, & Santoso Hadi. (2023). Pengaruh Beauty Influencer Dan BrandImage Terhadap Keputusan PembelianProduk Scarlett Whitening. Jurnal WIdya, 4(2), 339–350. Retrieved from file:///C:/Users/basti/Downloads/205-Article Text-598-1-10-20231107 (1).pdf

Medellu, M. M. D. C., & Sani, R. I. (2022). The Decision to Purchase Converse Shoes in Tangerang City is based on the Role of Brand Image. Journal of Finance and Business Digital, 1(4), 303–310. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i4.2104

Mufid Suryani, Nida Nusaibatul Adawiyah, & Erlin Beliya Syahputri. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i1.416

Novierra, D. S. (2023). Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Brand Awareness, Brand Image, Brand Attitude, dan Purchase Intention Beauty Product Lokal Indonesia. Jurnal Manajerial, 10(3), 480–497.

Novitasari, W. P., Sulaksono, H., & Suoeni, N. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI DAN PROMOSI BEAUTY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH COLORFIT SERIES DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MDS JOHAR PLAZA JEMBER. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(3), 42–50. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i3.18720

Noviyan, S., Kencanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. I. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 9–25.

Nur, M. A., & Dahliana, D. (2023). Pengaruh Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Shopee Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1797. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7102

Nuraini, A., & Aulia, P. (2024). The Effects Of Beauty Influencers On The Purchase Decision Of Make Over Makeup Products In Bandung (Case Study Of Tasya Farasya) Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Make Over Di Kota Bandung (Studi Kasus Tasya Farasya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2585–2594. Retrieved from http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., … Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188.

Ovirya, N., & Saputri, M. E. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Customer Online Review terhadap Keputusan Pembelian Somethinc. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1049–1054. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.666

Pakan, E. D., & Purwanto, S. (2022). PENGARUH BEAUTY INFLUENCER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FACIAL WASH GARNIER DI SURABAYA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION, 5(3), 764–772.

Pambudi, R. A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 8, 1–16.

Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Pramesti, T. febrian dwi. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, PERSEPSI HARGA, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PURBASARI (Studi pada Konsumen Kosmetik Purbasari di Kota Surabaya). 1–15.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56

Putri, H. Y., Pradhanawati, A., & Daryanto Seno, A. H. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Pond’s (Studi Kasus pada Toko Jun Kosmetik di Kota Solok). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 359–369. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34753

Putri, Y. giana, Hidayanti, N., & Rizal, M. (2022). Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang). Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 82–94.

Setiawan, E. (2021). PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12(2), 2614 – 1930.

Sherli, Yulianti, L. N., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 305–317. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305

Syam, A. N. D. M., & Wijaksana, T. I. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening. EProceedings Og Management, 9(4), 2124.

Tampubolon, A., & Adlina, H. (2023). Pengaruh Brand Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Konsumen Mie Gacoan Medan). Neraca (Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi), 1(2), 367–374. Retrieved from https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163

Thania, G. S. K., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Online Festivel, dan Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Pandemi Covid - 19. Journal.Stimykpn, 2(2), 275–286.

Trivena, J., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Online Consumer Reviews Pada Aplikasi Female Daily Network terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Kiwari, 1(3), 460–466. https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.15771

Ulfa, R. (2021). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 6115, 2685–2853. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Utami, M. P., & Setyowati, L. (2023). Pengaruh Iklan, Merek, Beauty Influencer terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Kabupaten Tuban. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(4), 205–224. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i4.84

Uyuun, S. N., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa FEB UNESA. JEMPPER: Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174.

Wandita, D. T. (2020). Pengaruh Cukai Rokok Terhadap Konsumsi Rokok Serta Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumsi Rokok. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosia, 14(1), 159–165. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.16659

Waseso Segoro, & Debi Nurlita. (2021). The Effect Of Quality Product, Brand Image, And Price Towards A Purchase Decision Of J.Co Donuts & Coffee In Tangerang. International Journal of Science, Technology & Management, 2(5), 1702–1704. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i5.339

Wulandari, A., Priyoni, A. A., & Saraswati, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Social Media Influencers Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS Glow (Studi Kasus Wanita Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221–232.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter