Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Putrii Busana, Indrapura Desa Titi Payung, Kab. Batu Bara.

Rindy Endry Yani, Riza Indriani

Sari


 

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Putrii Busana, Indrapura, Desa Titi Payung, Kab. Batu Bara. Data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.133 pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 92 responden yang memenuhi kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Putrii Busana, Indrapura, Desa Titi Payung, Kab. Batu Bara dapat dilihat dari nilai Thitung < Ttabel yaitu 0,135 > 1,660 dan taraf signifikansi 0,893 > 0,05. Fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Putrii Busana, Indrapura, Desa Titi Payung, Kab. Batu Bara dapat dilihat dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 7,873 > 1,660 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Desa Putrii Busana, Indrapura, Desa Titi Payung, Kab. Batu Bara dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 31,036 > 3,10 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Koefisien determinasi yang disesuaikan (adjusted R2) sebesar 0,411 yang berarti variabel kualitas pelayanan dan fasilitas mampu memberikan sumbangan pengaruh sebesar 41,1% terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 58,9% ditentukan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Keywords: Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ka Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 1653–1664.

Chandra, T. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyality : Tinjauan Teoritis. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.

Darmanah, G. dan. (2011). Metodologi Penelitian. Tim Hera Tich.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com

Firmani, P. S. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Swalayan Titi Rejeki Tahun 2019 Putu. Iendidikan Ekonomi FPIPS, 80239.

frisdiantara Christea, N. G. A. (2021). Pengaruh dimensi pelayanan dan dimensi fasilitas terhadap kepuasan siswa pada universitas kanjuruhan malang. Modernisasi, 9(2), 106–119.

Hapsara, O., Febrian, W. D., Nuzleha, N., Sani, I., Lustono, L., Yuni, N., Abdurohim, A., Karmila, M., Utami, R., S, A. D. I., Yuliana, L., Sari, E. P., Lasminingrat, A., Simatupang, S., Imron, A., & Andri, S. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa : Membangun Loyalitas Pelanggan. In M. S. Ash Shadiq Egim, S.E., M.M. Dr. Drs. Marto Silalahi (Ed.), Eureka Media Aksara.

Harliana, W. & E. B. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Butik Al-Azfar Collction Di Surabaya). Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi, 03(02), 42–46. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Uniromo Press.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737.

Noer, A. R., & Kusnadi, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Situbondosport Centerfutsal Kabupaten Situbondo Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. 1(1), 122–136.

Racmad et, A. (2022). Manajemen Pemasaran. In C. J. DR., D.Sc., Drs., Sunarno Sastro Atmodjo, S.E. S.T., S.AP., S.IP., S.Sos., S.IKom., M.Si., M.Sc., M.M., C.CW. & Desain (Eds.), Eureka Media Aksara (1st ed.). EUREKA MEDIA AKSARA, AGUSTUS 2022.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (ed.); 1st ed.). KBM INDONESIA.

Sari, yane puspita. (2021). loyalitas pelanggan (M. M. Eka Purnama Sari, S.E. (ed.); 1st ed.). EUREKA MEDIA AKSARA.

Simarmata, H. M. P., Revida, E., Kato, I., Sari, H., Simatupang, S., Sudarso, A., Faisal, M., Tjiptadi, D. D., Sisca, Anggusti, M., & Muliatie, urilla E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. In Yayasan kita menulis. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Alvabeta. CV. ALFABETA,

Wardhana, A. (2024). Loyalitas pelanggan (P. Mahir Pradana & Desain (eds.); Issue July). EUREKA MEDIA AKSARA.

Wibowo, M. A., & Setiadi, R. etl. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Pondok Susu Murni Putribumi Saditan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(2), 539–550.

Widodo, D. (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct. CV Science Techno Direct.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter