Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia Dikota Batam
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di kota batam. Seiring dengan meningkatnya popularitas e-commerce, pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian menjadi semakin penting bagi pelaku bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga yang wajar dan sesuai dengan kualitas produk yang diterima serta citra merek yang positif dapat meningkatkan kepercayaan dan minat konsumen dalam melakukan pembelian di Tokopedia. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menarik dan mempertahankan konsumen di marketplace.
Kata Kunci :Promosi, kualitas produk, citra merek, keputusan pembelianTeks Lengkap:
PDFReferensi
Aaker, D. A. (1996). Building strong brands (p. 56). Free Press.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Kota Batam (p. 45). BPS.
Badan Pusat Statistik. (2024). Laporan demografi Kota Batam (p. 60). BPS.
Garvin, D. A. (1987). Competing on the eight dimensions of quality. Harvard Business Review, 104.
Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (4th ed., p. 72). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed., pp. 237, 472, 567, 151). Pearson Education
Punuindoong, S., Sunargo, & Wijaya, M. (2021). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Manajemen Pemasaran, 139.
Rizal, H., Wahyuni, R., & Putra, D. (2022). Analisis pengaruh e-commerce di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Digital, 123.
Sandy, R., & Sunargo, T. (2023). Kualitas produk dalam e-commerce. Jurnal Riset Manajemen, 102.
Sembiring, J., & Sunargo, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 45.
Smith, J., & Johnson, R. (2022). Online shopping and consumer behavior. Journal of Marketing Research, 125.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran strategik (p. 146). Andi Publisher.
Wijayanti, Y., & Wangdra, Y. (2024). The influence of E-WOM, social media advertising, and perceived quality on purchase decisions of Karimun Secret Batam. Jurnal Cafetaria, 5(2). https://doi.org/10.51742/akuntansi.v5i2.1342
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8545
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional