Pengaruh Ketersediaan Barang, Display Product Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Baju Rizki
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak ketersediaan barang, display product (penataan produk) dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Toko Baju Rizki. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa ketiga variabel yang diteliti yakni ketersediaan barang, display product, dan harga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Ketersediaan barang terbukti memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Produk yang tersedia sesuai dengan kebutuhan konsumen memastikan harapan pelanggan terpenuhi, yang menciptakan kepuasan dan loyalitas terhadap toko. Display product atau penataan produk juga menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penataan produk yang rapi, menarik, dan mudah dijangkau meningkatkan pengalaman berbelanja, yang selanjutnya mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas toko dan produk yang ditawarkan. Selain itu, harga juga terbukti memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga yang dianggap wajar dan sesuai dengan kualitas produk yang diterima meningkatkan kepuasan pelanggan, karena mereka merasa mendapatkan nilai yang sebanding dengan uang yang dibayar. Secara keseluruhan, temuan penelitian ini menegaskan bahwa ketersediaan barang, display product dan harga adalah faktor-faktor yang saling terkait dan memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan pelanggan di Toko Baju Rizki. Oleh karena itu, pengelola toko dapat menggunakan hasil ini untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, dengan mempertimbangkan ketiga faktor tersebut untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan kepuasan pelanggan. Hasil ini juga diharapkan dapat memperkaya literatur tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, khususnya dalam konteks ritel pakaian, serta memberikan wawasan baru untuk penelitian lebih lanjut di bidang ini.
Kata Kunci: Ketersedian, display, harga, kepuasan umkm
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aulia, H. (2016). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI , BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLET WHITENING DI SUKABUMI. 1–23.
Awalia, P. (2023). MEMILIKI JAMINAN HALAL PADA PRODUK SKINCARE MERK YOU ( Studi Desa Tumbubara Kec . Bajo Barat Kab . Luwu ). Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. Https://Doi.Org/10.55606/Jurima.V2i2.253
Erna Ferrinadewi. (2005). Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), Pp.139-151. Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Man/Article/View/16360
Filicia. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NATURE REPUBLIC ALOE VERA DI KOTA.
Fitri Anggraini Gunawan, D. D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi Dan Endorser Terhadap Purchase Intention Pond’S Men Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.
Galang, T. (2021). Galang, Tanjung. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Viewers Youtube Wardah Channel Suhay Salim) . Diss. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 2021. 2021.
Haryati, R. (2024). ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE GENERASI Z. 18(April).
Herry, G., & Widjaja. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Niat Beli (Studi Pada Brand Scarlett Whitening). Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 2(3), 184–199. Https://Doi.Org/10.55606/Jimas.V2i3.3075
Hutabarat, N., & Malau Rumondang, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Body Lotion Scarlett Di Kota Medan. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 4(1), 1–27.
Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i6.754
Lesmana, T. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Berbelanja Online. Jurnal EBI, 5(2), 46–56. Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V5i2.175
Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 174–186.
Mina, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Dengan Taste Sebagai Variabel Moderasi. 1–23.
Nur, A. (2023). Asyikin, Nur. Pengaruh Iklan, Persepsi Kualitas Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Scarlett Di Batam . Diss. Prodi Manajemen, 2023. 2023.
Priya Zenita, B., & Restuti, P. (2024). Kepercayaan Konsumen Terhadap Produk Skincare Melalui Endorsement Dari Influencer Muslim Purchasing Confidence In Skincare Products Through Endorsements From Muslim Influencers. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 5(2), 143–160. Https://Doi.Org/10.37366/Ekomabis.V5i02.1407
Putri, A. A., & Masreviastuti. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Media Sosial Terhadap Kepercayaan. 56–62.
Setiadi, Nugroho J., And M. M. S. (2019). Setiadi, Nugroho J., And M. M. Se. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga . Vol. 3. Prenada Media, 2019. 3, 2019.
Sirait, N. C. S., Arif, A., & Sulaiman, F. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Niat Beli Konsumen Scarlett Whitening ( Studi Kasus Gereja Korps Polonia ). JAMAK: Jurnal Aplikatif Manajemen Akuntansi Dan Kewirausahaan, 01(01), 8–17.
Tjahyadi, R. Arlan. (1838). BRAND TRUST DALAM KONTEKS LOYALITAS MEREK: PERAN KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN KARAKTERISTIK HUBUNGAN PELANGGAN-MEREK. The Lancet, 30(767), 231–232. Https://Doi.Org/10.1016/S0140-6736(02)95882-4
Yulistiara, E. (2021). PENGARUH BRAND SCARLETT, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI ERA NEW NORMAL ( Studi Pada Konsumen Scarlett Di Kabupaten Pringsewu). Skripsi, 62.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8608
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional