Pengaruh Sosial Media Marketing, Pengalaman, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sosial Media Marketing, Pengalaman, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang menggunakan E-Commerce Shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 140 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosial Media Marketing tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Namun, Pengalaman dan Kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara simultan, Sosial Media Marketing, Pengalaman, dan Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi E-Commerce Shopee dalam merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas konsumen
Keywords: Social Media Marketing, pengalaman, kepuasan, Loyalitas Konsumen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifah Ulul Azmi, & Indah Respati Kusumasari. (2024). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Tiktok, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Konsumen Scarlett Whitening Di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5). Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i5.1621
Anjani, D. D., Ratih Tresnati, & M. Malik Akbar Rohandi. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Customer Experience Terhadap Customer Loyalty Pada Sate Cak Ahmad (Survey Konsumen Cak Ahmad Di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 75–82. Https://Doi.Org/10.29313/Jrmb.V1i1.219
Apriasty, I., & Simbolon, M. E. (2022). 35 | P A G E Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga (Literature Strategic Marketing Management). 1(1). Https://Doi.Org/10.38035/Jim.V1i1
Auditia Setiobudi, Christina Sudyasjayanti, A. A. D. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kesediaan Untuk Membayar. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika Pengaruh, 17.
Diandra Adelia, T. S. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Skin Care Emina Pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3. Https://Doi.Org/10.37817/Psikologikreatifinovatif.V3i3
Dr. Enny Radjab, M. Ab Dr Andi Jam’an, Se., M. S. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis.
Fandy, Tjiptono. (2014). Strategi Pemasaran, Ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Fandy, Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi. Yogyakarta
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool In Business Research. European Business Review, 26(2), 106–121.
Https://Doi.Org/10.1108/EBR-10-2013-0128
I Gusti Agung Ayu Suryantini & I Nyoman Sujana. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Di Kota Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 116–122.
Keiningham, T., Ball, J., Benoit, S., Bruce, H. L., Buoye, A., Dzenkovska, J., ... & Zaki, M. (2017). The Interplay Of Customer Experience And Commitment. Journal Of Services Marketing
Kostov, T., Author Kostov, D., & Salman, S. (2020). Impact Of Social Media Marketing On Consumer Behavior Entrepreneurship And Business Competence.
Kotler, P., & Keller, K. L. (20012). Marketing Management, Twelfth Edition. In Pearson Education, Inc.
Kotler, P. Alnd Kevin Lalne Keller. (2018). Perilalku Konsumen (Sikalp Daln Pemalsalraln). Terjemalhaln: Firmalnsyalh, M. Al. Palsurualn: Cv. Penerbit Qialral Medial.
Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Shopee Indonesia. Journal Business And Management, 1(1), 11–23. Https://Ejournal.Uhn.Ac.Id/Index.Php/Business_Management
Mochammad Rifqi Firmansyah, Sunarno Handoyo, & Sutono Sutono. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Brand Trust Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Studi Pada Pengguna Gojek. Optimal Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 255–282. Https://Doi.Org/10.55606/Optimal.V3i3.3408
Musarofah, S., Malikul Askar, B., & Sya’adah, U. (2022). Kualitas Layanan, Nilai Yang Diterima, Dan Loyalitas Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediator. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 39(2), 51–62. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V39i2.81
Najmah, S. A. (2016). Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Toko Sendal Dan Heels Foule).
Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty?. Journal of Marketing, 63(4_suppl1), 33-44.
Perizky, A. (2021). Analisis Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Pt Pos Indonesia Pekanbaru. Bahtera Inovasi, 5(1), 24–32. Https://Doi.Org/10.31629/Bi.V5i1.3538
Pribadi Makna, S. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Social Media Marketing, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Simcard Tri. Jurnal Mirai Management, 8(1), 224–233.
Puspita, D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Grab (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis). 2(2).
Sangadji, E.M., Dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sains, J., & Indonesia, P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Social Media Usage Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada Umkm Batik Di Kota Semarang): Vol. Xvii (Issue 2).
Shofiyah Khairunnisa, Hety Budiyanti, M. I. W. H. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow (Studi Kasus Pada Konsumen Distributor Ms Glow Panakukkang Di Kota Makassar). Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2, 110–126.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Tjiptono. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112. Https://Doi.Org/10.47467/Reslaj.V5i1.1262
Waristina Gunarto, P., Muhamad Ramdan Dan Faizal Mulia Jurusan Administrasi Bisnis, A. Z., & Ilmu Administrasi Dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi, F. (2020). Peran Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Brand Commitment. Akses: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1).
Yadav, M., & Rahman, Z. (2017). Measuring Consumer Perception Of Social Media Marketing Activities In E-Commerce Industry: Scale Development & Validation. Telematics And Informatics, 34(7), 1294–1307. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tele.2017.06.001
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8614
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional