Pengaruh Kualitas Produk, Strategi Harga, Pengalaman Belanja Dan Store Athmosfer Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Basri Shop
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, strategi harga, pengalaman belanja, dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada Basri Shop di Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 96 responden yang merupakan pelanggan Basri Shop. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen, yaitu kualitas produk, strategi harga, pengalaman belanja, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Kualitas produk memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan mutu produk, penerapan strategi harga yang kompetitif, penciptaan pengalaman belanja yang menyenangkan, serta pengelolaan suasana toko yang menarik untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan di sektor ritel. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2025.
Kata kunci: Kualitas Produk, Strategi Harga, Pengalaman Belanja, Store Atmosphere, Kepuasan Pelanggan, Ritel
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2014). Electronic Word-Of-Mouth (E-Wom) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Dan Kafe di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa , 1–13.
Amin Wijaya Tunggal, 2014, Manajemen Kontemporer, Jakarta : Harvindo
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chandra, Gregorius. 2019. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Elvira Ismagilova. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing. Context. Springer Briefs in Business.
Erna Listyaningsih dan Amalia Vika Launi, (2024). Pengaruh Harga, Diskon Shopee, Iklan Media, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Online Dengan Literasi Keuangan Digital Sebagai Variabel Moderasi Pada Marketplace Shopee. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan dan Tata Kelola Perusahaan (JAKPT) Volume 1, No 3 – Maret 2024.
Estiawan, Yulivio, Belva, Andrian, Anas, , Haryudi dan Nursal, Fadhli, M., (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Saluran Distribusi, Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Pada Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen Vol.2, No.7 Juli 2024.
Fitrotin, R. R., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Keputusan Pembelian Produk Near Expired Kecap Bango yang Dimediasi oleh Minat Beli (Studi Kasus di Transmart Rungkut Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 09(03), 1492–1500.
Immanulell, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Elngaging Pulrchasel Delcision of Culstomelrs in Markeltplacel Channell: A Stuldy of Fashion Onlinel Reltail. Julrnal Bisnis Dan Manajelmeln, 7(2), 106–117.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip 2018, Manajemen Pemasaran , jilid I dan II, Edisi 9, PT.Indeks, Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawan, K. 2020. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli, Projasa Web:https://projasaweb.com/
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (dasar dan konsep) (Q. Media (ed.)). CV. Penerbit Qiara Media.
Ocu, Asimilubti, Herry dan Nurhazizah, Eva., (2024). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasar Tanah Abang. Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 2 (2024) Pages 258 – 269.
Ristia, N. D., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME : Journal of Management, 5(1), 1–16.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2019) Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swasta DH, Basu. 2018. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andy Offset
Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran, Edisi ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tonce, Yosef & Rangga, Yoseph DP. (2022). Minat Dan Keputusan Pembelian: Tinjauan Melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk (Konsep Dan Studi Kasus). Indramayu: Penerbit Adad.
Viona Aldina Permatasari, Awanis Linati Haziroh, Mahmud, Roymon Panjaitan, (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota Semarang). Economics and Digital Business Review. Volume 5 Issue 1 (2024) Pages 236 – 247.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8669
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional