Minat Menabung di Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri : Dampak Literasi Keuangan dan Kepercayaan Masyarakat

Boy Luisfigo Sinaga, Aprinawati Aprinawati

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan kepercayaan masyarakat terhadap minat  menabung masyarakat di Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan data sekunder dimana data dan informasi yang dibutuhkan dengan cara membaca buku, data dari internet, dan skripsi  penelitian terdahulu. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan metode Pengambilan Sampel Berlapis (Stratified Random). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang berusia 15-75 Tahun dan mengetahui Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri dengan jumlah 130 Orang. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini adalah SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat, dengan nilai beta 0,596 dan signifikansi sebesar 0,000. Kepercayaan masyarakat juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai beta sebesar 0,296 dan signifikansi sebsar 0,000. Secara simultan kedua variable memiliki kontribusi sebesar 91,1% terhadap minat menabung masyarakat ( R square), dengan 8,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords: Literasi keuangan, Kepercayaan masyarakat, dan Minat  menabung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., & Suryadin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (M. Nanda Saputra, Ed.) Kab. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Abidin, M. Z., Affandy, F. F., Pratiwi, I. E., & Karman, A. (2022). Islamic Financial Literacy Level in Jayapura City. LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 251–267. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v9i2.32283

Ariyani, Dewi. Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 2018, 13.2: 175-190

Awaludin, M. (2019). Penerapan Radio Frequency Identification Pada Sistem Informasi Perpustakaan Sebagai Alat Bantu Mahasiswa Universitas Xyz. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.35968/jsi.v6i2.326

Aziz, N., & Hendrastyo, V. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang Jurnal Pundi, 3(3), 227. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.183

Az-Zahra, K. N., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dalam Perspektif Syariah (Studi pada Mahasiswa S1 Fe Universitas Sriwijaya). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1801–1809. https://doi.org/10.47467/aYharaj.v5i4.1995

Batin, M. H. (2020). Pengaruh Citra Bank, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Nasabah, Penanganan Keluhan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Sumsel Babel Kantor Capem Syariah UIN Raden Fatah Palembang. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 45-58.

Chung, P. S. A. F. E. D. B. U. M. (2018). Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen. Cv.Seribu Bintang.

Commission, A. S. and I. (2011). National financial literacy strategy. National Financial Literacy Strategy, March, 1–142.

Cut Misni Mulasiwi1, K. O. (2020). Optimalisasi Financial Teknologi (Fintech) Terhadap Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Usaha Menengah Purwokerto. Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing, dan Sistem Informasi.

Dahlia Amelia, B. S. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Kab. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis :Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 43–52. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.296

Donni Juni Priansa. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, n.d.2017

DWIPRADNYANA, I. M. M., PRATIWI, I. G. A. M. A. M. A., & DIATMIKA, I. G. N. D. (2020). Strategi Pengembangan Koperasi Di Era Digital Pada Koperasi Yang Ada Di Provinsi Bali. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 17(2), 112–116.

Ermawati, C., & Sidiq, A. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pt Bank Mandiri (Persero) Tbk Kcp Kendal Boja. Solusi, 19(3), 349. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i3.4062

Fauzi, R. N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Agama, dan Promosi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1), 37–46.

Febriansyah Andika (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Brand Image, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Digital Marketing Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kantor Cabang Pembantu (Kcp) Ciputat Skripsi. 26-27

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Hariadji, R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Nasabah Terhadap LOyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekbank, 1(2).

Ilfita, K., & Canggih, C. (2021). The influence of Sharia Financialliteracy, Religiosity,Andperception of Saving Students’Interestin Sharia Banks. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 3(2), 113–134

Iwan Hermawan, S.Ag, M. P. . (2019). Metodologi Penelitian pendidikan (kualitatif,kuantitatif dan mixed method). Hidayatu Quran kuningan

Jamaluddin, J. (2020). Minat Belajar. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.232

Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syahriah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syahriah Dalam Transaksi E_Commerce | Jurnal Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam Uhamka, 10(2), 208–226.

Malik, A., & Syahrizal, A. (2021). Kcp Singkut Pada Masyarakat Desa Pelawan Jaya The Effect Of Promotion , Knowledge And Trust On Interest In Saving At Bank Syariah Indonesia Kcp Singkut In Pelawan Jaya Village Community. 1(1), 28–43

Martono (2022). Analisis Minat Menabung Masyarakatdi Bank Syariah (Studi Pada Kampung Arul Badak Kota Takengon).

Mastura, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah KPO Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I. W. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Minat, A., Masyarakat, M., Syariah, D. I. B., Aprialdi, W., Studi, P., Syariah, P., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2023). Analisis Minat Menabung Masyarakatdi Bank Syariah (Studi Pada Kampung Arul Badak Kota Takengon).

Muzakir Andre (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah(Studi Pada Masyarakat Desa Lajut Kecamatan Praya Tengah).16-18

Negara, I. S., & Maulina, A. (2023). Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung pada PT . Bank Panin Tbk . KCU Bekasi. 4(2), 147–152.

Novita, D., & Wulandari, S. (2020). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi (Participation) Pelanggan Wulan Rent Car. Journal Of Applied Business And Economics (Jabe), 6(3), 259–273. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nur, M. (2021). the Effect of Knowledge and Promotion on Interest in Saving in Sharia Bank. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 5(1), 48–61. https://doi.org/10.34005/elarbah.v5i1.1573

Nuraini, P., Alfani, M. H., Muyasaroh, N., & Adawiyah, R. (2023a). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Persepsi Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking And Finance, 6(1), 291–304.

Nur, F dan Sa’diyah. M (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah , Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa dalam. 253–266.

Peiris, T. U. I. (2021). Effect of Financial Literacy on Individual Savings Behavior ; the Mediation Role of Intention to Saving. 6(5), 94–99.

Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK). https://doi.org/10.36441/snpk.vol3.2024.277

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purnamawati Setyo Puji et al., (2021). Peran Gender sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah , Literasi Bank Syariah. 9(1), 1–12.

Raharjo, J. S. D., Sidik, A., & Marbun, N. (2021). Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Torus Jaya Mandiri). Academic Journal of Computer Science Research, 3(1), 38–41. https://doi.org/10.38101/ajcsr.v3i1.329

Ramadan, N., & Nasution, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Pada Bank Tabungan Negara (Btn Kc Syariah Medan). Jurnal AKMAMI (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 3(3), 569–579

Razi, S., Syahrudin, H., & Budiman, J. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Uang Saku, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Edukasi Ekonomi, 7(1), 1.https://doi.org/10.26418/jee.v7i1.73038

Rohmah, N. (2024). Pengaruh kemudahan dan literasi keuangan syariah terhadap minat menabung di bank syariah indonesia. 7(1), 59–67

Sangadji, E.M,. Sopiah,. . (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8770

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter