Peran Green Marketing, Product Innovation, dan Brand Awareness terhadap Purchase intention Sepatu Nike pada Generasi Z
Sari
Penelitian ini menganlisis dampak Green Marketing, Product Innovation, dan Brand Awareness terhadap Purchase intention sepatu Nike pada Generasi Z. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro. Pengolahan data menggunakan software SmartPLS melalui metode Structural Equation Modeling (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase intention. Hal ini menunjukkan pentingnya bagi perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang berorientasi pada keberlanjutan, inovasi, dan penguatan citra merek guna meningkatkan minat beli konsumen Generasi Z terhadap produk Nike.
Kata Kunci: Green Marketing; Product Innovation; Brand Awareness; Purchase intention
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adnyani, N. P. M., & Prianthara, I. B. T. (2024). Purchase Intention among Generation Z: product innovation, green marketing, brand awarness, and brand image. Eduvest - Journal of Universal Studies, 4(6), 4698–4713. https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i6.1155
Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 270. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7333
Agus Indra Purnama, P., & Rasmen Adi, N. (2019). Green Marketing dan Quality Brand Sebagai Prediktor Perilaku Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 185. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i1.2027
Ahmad, A. R. (2023). Dampak Inovasi Produk , Dan Inovasi Proses Pada Persaingan Keuntungan Dan Kinerja Pemasaran Produk Makanan Ringan. 271–277.
Amankona, D., Yi, K., & Kampamba, C. (2024). Understanding digital social responsibility’s impact on purchase intention: insights from consumer engagement, brand loyalty and Generation Y consumers. Management Matters, 21(2). https://doi.org/10.1108/manm-03-2024-0015
Amelia, Z., Aqmala, D., Febriana, A., & Zakaria, F. (2024). SEIKO : Journal of Management & Business Peran Kualitas Produk , Electronic Word Of Mouth Dan Brand Awareness Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. 7(2), 1202–1217.
Arfandi, M. W., & Arif, M. E. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(2), 270–276. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.2.15
Atmojo, A. (2020). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Niat Beli Produk Nike (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25415
Erwin, Suade, Y. K. M., & Poernomo, W. (2021). Analyzing Digital Marketing, Green Marketing, Networking And Product Innovation On Sustainability Business Performance, Silk Cluster In Polewali- Mandar, West Sulawesi. International Journal of Economic, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 814–821.
Falahat, M., Ramayah, T., Soto-acosta, P., & Lee, Y. (2020). Technological Forecasting & Social Change SMEs internationalization : The role of product innovation , market intelligence , pricing and marketing communication capabilities as drivers of SMEs ’ international performance. Technological Forecasting & Social Change, 152(June 2019), 119908. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.119908
Hair, J. F., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). PLS-SEM : Indeed a Silver Bullet PLS-SEM : Indeed a Silver Bullet. January 2015, 37–41. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202
Handoko, W., Roziki, A. A., Ferdinand, A. T., & Diponegoro, U. (2024). Research Horizon. 0696.
Hartanti, A., Aqmala, D., Anomsari, A., Safitri, M., & Nuswantoro, U. D. (2024). Pengaruh Green Perceived Quality Dan Green Brand Image Terhadap Green Trust Dan Green Purchase Intention Pada Produk Micellar Cleansing Water Garnier. 13(3).
Indriyani, R., & Shan, J. A. (2024). The Role Of Product Innovation And Marketing Performance In Enhancing Competitive Advantage In Micro , Small , And Medium Enterprises ( MSMEs ) In The Fashion Sector. 12(3), 3229–3242.
Inovasi, P., Dan, P., & Terhadap, H. (2021). SKRIPSI OLEH : SAID MAULANA ISHAK SIRAIT PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN SKRIPSI Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area SAID .
Juli, N., Independen, V., Variabel, D., & Febryaningrum, V. (2024). Penggunaan Analisis Structural Equation Modelling ( SEM ) Dengan PLS Untuk Menguji Pengaruh Variabel Intervening Terhadap Hubungan. 1(6), 1–9.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/22571/14869
Manajemen, J., Ekonomi, F., & Dian, U. (n.d.). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk.
Minat, T., Kuliner, B., Kepercayaan, M., & Variabel, S. (2022). Jurnal E-Bis ( Ekonomi-Bisnis ). 6(1), 212–230.
Muliawan, E. N., & Waluyo, M. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang sepatu Converse (Studi Pada Konsumen Sepatu Converse Di Surabaya). Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 02(05), 38–49.
Munawar, R. A. (2023). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Purchase Intention Produk Nike Di Indonesia. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/108978%0Ahttps://eprints.ums.ac.id/108978/27/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Nur Rois, D. I., Yudha, A., & Riftiana, Y. R. (2020). Analisis Pengaruh Brand Association, Brand Awareness, Price, Dan Role Model Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Sepatu Futsal Nike Cr7). Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 327–337. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.719
Perancangan, B., Mempengaruhi, J., & Pengguna, P. (2021). Cakrawala Penelitian. 0696, 244–253.
Prasetyo, F. I., Budiyanto, M. A., & Reformasi, E. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Online di Marketplace Tokopedia (Study Kasus Konsumen Tokopedia Jabodetabek). JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 58–67. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i3.261
Pujianto, O., Achsa, A., & Novitaningtyas, I. (2023). The Effect of Brand Ambassador , Sales Promotion , and Brand Awareness on Purchasing Decisions in E-Commerce. 4(1), 60–73.
Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, T. I., & Haque, M. G. (2019). Marketing Research Quantitative Analysis for Large Sample : Comparing of Lisrel , Tetrad , GSCA , Amos , SmartPLS , WarpPLS , and SPSS. 9(2), 355–372.
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25–29.
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427
Sanana, A., W, M. E., & Istanti, E. (2021). Pengaruh Inovasi Produk , Promosi , Electronic Word of Mouth ( eWOM ), dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Pucelle pada Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. 2, 11–24. https://doi.org/10.46821/benchmark.v2i1.218
Scarlett, P. (2024). PENGARUH PERCEIVED PRODUCT INNOVATION.
Sorongan, S., Lapian, S. L. H. V. J., & Soepono, D. (2022). Analisis Green Marketing pada usaha Mikro Kecil dan Menengah UNSRAT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal EMBA, 10(1), 330–339.
Suciawan, C. C., & Melinda, T. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Trust Terhadap Niat Beli Konsumen Baticue. Performa, 7(4). https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.2009
Suparni, & Daryanto, T. (2021). Pengaruh Green Marketing, brand awareness, and price terhadap purchase intention Tupperware. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 1–10. https://www.e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola/article/view/1119
Tazkiyya, I., Puspitasari, D., Sedayu, A., & Kusuma, P. J. (2025). MENGEVALUASI PERAN CELEBRITY ENDORSEMENT , LIVE STREAMING DAN E-WOM TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA GENERASI Z. 5(1), 4332–4353.
Thalia, R. A. D., Aliya, S., Gunarto, M., & Helmi, S. (2024). The Influence of Employee Engagement and Work Environment on Employee Performance at PT . Agronusa Alam Perkasa. 13(01), 2278–2290. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i01
Tingal, J. M., & Situmorang, T. P. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja UMKM terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Waingapu. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 684–694. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13774
Yahya, Y. (2022). Peran Green Marketing, Green Brand Image Terhadap Purchase Intention Dengan Green Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis), 1(1), 17–38. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5131
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8972
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional