Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Kenangan Grand Batam Mall

Mirnawati Nurdin, Ary Prasetyo

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Kopi Kenangan Grand Batam Mall. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Kopi Kenangan Grand Batam Mall, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Insidental sampling, sedangkan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 25. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas produk secara parsial memiliki nilai positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan secara parsial memiliki nilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 58,4%.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Hidayat, R., Charolina, O., & Afriani, W. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Kue AHK Keju di Kecamatan Teluk Segara. Jurnal Administrasi Bisnis Nusantara, 3(1), 83-94.

Anggarini, D. R., & Permatasari, B. (2020). IMPULSE BUYING OLEH PROMOSI BUY 1 GET 1 PADA PELANGGAN KEDAI KOPI KETJE BANDAR LAMPUNG. Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(2), 27-36.

Asian. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Scarlett di Kabupaten Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 149-162.

Bayu, M., Saputro, A. H., & Mubarok, D. A. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Apotek Mega Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(3), 1967-1975.

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226-233.

Ertanto, B. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK WAFER NABATI DI TOKO ZAINA DI SAMPIT. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 175-181.

Fahlevi, R. A., & Ali, H. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI PROMOSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PERUMDA TIRTA BHAGASASI BEKASI. IJESM Indonesian Journal of Economics and Strategic Management, 2(3), 2727-2735.

Fahriani, N. S., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 1-11.

Fatya, A. C., Ramadhanti, D. U., & Gunaningrat, R. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Scientific”. SAMAJIVITA: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 265-282.

Fujawati, E., Susnita, T. A., & Ratnasari, N. (2024). Strategi Harga dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada Industri Roti. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 3(1), 11-21.

Hadi, R. K., Sulaeman, A., & Komarudin, K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Airmas Perkasa. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 7(2), 545-553.

Ifani, Y., Navanti, D., & Sumantyo, F. D. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan M Banking KB Star Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank KB Bukopin Tbk Cabang Bekasi. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 148-162.

Murtini, N. P. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, price fairness dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada The Beach Restaurant di Kabupaten Badung. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 4(1), 19-28.

Nur Avita, Z., & Alamsyah, G. F. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROSEDUR KREDIT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA KCU PT. BANK MANDIRI TBK SAMPIT. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 102-114.

Kasinem, K. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.

Laia, B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Drumi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 47-60.

Lini, N., Efendi, B., Purwanto, H., & Yudianto, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(2), 23-30.

Lubis, A. L., Supardi, S., & Fatimah, Z. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan Restoran RM. Sederhana Windsor Batam. Jurnal Keker Wisata, 2(2), 197-210.

Prasetyo, A., & Arora, C. (2024). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT KOTA BATAM. Journal of Applied Business & Economics (JABE), 10(3), 279-294.

Prasetyo, A., Sari, A.P., & Suratman, (2025). Buku Ajar STATISTIKA BISNIS. Sijunjung, Sumatera Barat: MITRA CENDEKIA MEDIA

Pratama, V. I., & Kurniawan, R. (2024). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. YUME: Journal of Management, 7(1), 430-441.

Rd, Y. W., Mursalim, M., & Hasan, S. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan yang Dimediasi oleh Minat Beli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM Abon Ikan Tuna) di Kecamatan Sinjai Utara. YUME: Journal of Management, 7(3), 81-94.

Saputra, F., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen: Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian Tiket MPL Mobile Legend di Aplikasi Blibli. com. Cuan: Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 98-105.

Setiawan, A. W., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek di Mixue Yogyakarta. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1157-1177.

Setiawan, H. A. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1360-1366.

Siaputra, H. (2024). Pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap minat beli ulang pada restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1), 13-23.

Solihin, D., Maddinsyah, A., & Kusjono, G. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota Cinere Depok. Jurnal Ilmiah M-Progress, 14(1), 98-109.

Utomo, S. B., Laksmono, R., Kurniawan, R., & Judijanto, L. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 507-513.

Widyananta, A. S., & Utomo, S. B. (2024). Pengaruh Kinerja Dan Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Bri Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBris), 3(1), 13-27.

Wijaya, W. R., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1(3), 82-91.

Zachra, R. A., Suhud, U., & Fawaiq, M. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen pada Produk Sneakers di Shopee Live Video Shopping. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(3), 311-334.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9056

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter