Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Perawatan Kulit Sunscreen Merek Azarine di Kota Pekanbaru

Eka Apriliana, Tengku Firli Musfar, Dian Pratiwi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Perawatan Kulit Sunscreen di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis evaluasi model dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4, yang menerapkan metode Partial Least Square – Structural Equestion Model (PLS-SEM). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sunscreen merek Azarine di Kota Pekanbaru. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sunscreen merek Azarine di Kota Pekanbaru. Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sunscreen merek Azarine di Kota Pekanbaru. Keputusan Pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen sunscreen merek Azarine di Kota Pekanbaru. Selain itu pengaruh tidak langsung Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai intervening. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai intervening. Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai intervening.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aldrin, F. R., & Widiyanesti, S. (2023). Peran Keputusan Pembelian Memediasi Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. EProceeding of Management, 10(2), 1032–1041. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/19834/19200

Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek , dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 1065. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.581

Compas.co.id. (n.d.). 10 Top Brand Sunscreen Lokal Terlaris 2022, Tidak Takut Matahari Lagi! 10 Top Brand Sunscreen Lokal Terlaris 2022, Tidak Takut Matahari Lagi!

Compas.co.id. (2024). Compas Market Insight Dashboard: Alami Penurunan Tajam di Desember 2023, Azarine dan Facetology Berhasil Tingkatkan Nilai Penjualan Kategori Sunscreen Sepanjang Periode Q1 2024. Compas.Co.Id.

Fauziridwan, M., & Apidana, Y. H. (2022). Analisis Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Purchase Decision Produk Skincare MS Glow di Purwokerto. 01(02), 88–100.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Laili, F. M., & Hariasih, M. (2023). the Role of Brand Ambassador, Brand Image and Price on Purchasing Decisions for Skincare Sunscreen Peran Brand Ambassador, Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Sunscreen. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 2876–2888.

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications E-book. Wiley.

Pardede, B., & Aprianingsih, A. (2023). The Influence Of K-Pop Artists As Brand Ambassadors On Affecting Purchasing Decisions And Brand Loyalty ( A Study of Skincare Products in Indonesia Consumers In Indonesia ). 1(1), 1–10. https://doi.org/10.58229/jcsam.v1i1.35

Pratiwi, C. S., & Sari, H. M. K. (2023). The Role of Brand Image, Brand Ambassador, and Product Quality, on Purchasing Decisions of Everwhite Skincare Products Peran Brand Image, Brand Ambassador, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Everwhite. 1–11.

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929

Yulianti, A., & Basiya, R. (2024). The Influence of Brand Ambassador and Discount Price On Repurchase Interest Mediated By Fashion Product Consumer Satisfaction On E-commerce Shopee in Semarang. 7.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter