Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Responsiveness Terhadap Keputusan Pembelian Di Ris One Bakery Bandar Setia, Tembung
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Responsiveness Terhadap Keputusan Pembelian Di RIS One Bakery Bandar Setia, Tembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang akan disebarkan kepada 100 responden yaitu konsumen RIS One bakery yang dipilih secara Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heteroskedastisitas), Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian. responsiveness berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan secara simultan, hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan produk dan responsiveness berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Ketersediaan Produk, Responsiveness, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ade Fitratul Akbar, Muhajirin Muhajirin, & Juwani Juwani. (2024). Pengaruh Ketersediaan Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Dealer Pt. Astra Motor. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(3), 169–189. Https://Doi.Org/10.59841/Excellence.V2i3.1713
Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasanpelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Yakultindonesia Persada Cabang Bandar Jaya. Jurnal Simplex, 2(3), 147–149.
Andri Yani, M., & Subandoro, A. (2022). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Keakuratan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Super Indo Cabang Semolowaru. Jurnal Syntax Admiration, 3(7), 858–868. Https://Doi.Org/ 10.46799/Jsa.V3i7.456
Antreas, D. A. (2013). Another Look Into The Agenda Of Customer Satisfaction: Focusing On Service Providers' Own And Perceived Viewpoints. The International Journal Of Bank Marketing, 15(7), 264-278.
Aprian, A. I., & Gayatri, Iamem (2020). Pengaruh Lokasi, Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Air Nipis Tani Bengkulu Selatan. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 3 (1), 8-19.
Astuti, R., & Hakim, M. A. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 1–10. Http://Jurnal.Umsu.Ac.Id/ Index.Php/Maneggio/Article/View/6719
Aswan Aswan, Muhajirin, M., & Hamidah, N. K. (2024). Analisis Pengaruh Ketersediaan Produk Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Honda Krida Motor. Muqaddimah : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2, 201–226. Https://Doi.Org/Https:// Doi.Org/10.59246/Muqaddimah.V2i4.1037
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V2i2.108
Bulele, E. Y. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Kualitas Pelayanan Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), Hal.258-269.
Diantika, A. R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Ketersediaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hikmah Mart Jajar Wates. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 175–188. Https://Doi.Org/10.36490/ Jmdb.V1i2.390
Duha, M. G. P. D. Dan T. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2), 297–308. Https://Jurnal.Uniraya.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/View/245
Farida Komalasari, Antonny Christianto, E. G. (2021). Factors Influencing Purchase Intention In Affecting Purchase Decision: A Study Of E-Commerce Customer In Greater Jakarta. Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 28(1). Https://Doi.Org/10.20476/Jbb.V28i1.1290
Firmansyah, D. M. A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). In Deepublish Cv Budi Utama (Vol. 11, Issue 1). Http://Scioteca.Caf.Com/ Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12& Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Haitao, N. (2022). Analysis Of Product Variety And Price On Purchase Decisions. International Journal Of Advanced Multidisciplinary, 1(1), 73-82.
Hamid, R., Radji, D. L., & Ismail, Y. L. (2020). Pengaruh Empathy Dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 27–38. Https://Doi.Org/ 10.37479/Jkeb.V13i1.7105
Hidayat, M. R., & Leandro, G. (2023). The Effect Of Physical Evidence, Responsiveness, And Assurance On Customer Purchasing Decisions At Pt. Asuransi Reliance. International Journal Of Science And Society, 5(5), 332–342. Https://Doi.Org/10.54783/Ijsoc.V5i5.891
Indrasari, D. M. (2019). Buku Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
Joni Putra Apriando, Harry Soesanto, F. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Minuman Energi M-150 Di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal Of Marketing Science), 18(2), 166–183. Https://Doi.Org/10.14710/Jspi. V18i2.166-183
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi & Kontrol. Terjemahan, Penerbit Preshallindo, Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008) Manajemen Pemasaran, Jakarta, Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2005). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Pt. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Jogjakarta: Erlangga
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 1–11.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.
Mappesona, H., Ikhsani, K., & Ali, H. (2020). Customer Purchase Decision Model, Supply Chain Management And Customer Satisfaction: Product Quality And Promotion Analysis. International Journal Of Supply Chain Management, 9(1), 592–600.
Muammar Afif Al Qusaeri , Wiliyanto, M. Wahab Khasbulloh, & Muthi’atul Khasanah, F. Dan B. U. B. S. (2024). Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. Journal Of Social Science Research, 4, 9107–9117.
Nisrima Durrotul Hasna, Cahyani Tunggal Sari, & Mamik Suharti. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan, Sistem Pembayaran, Dan Ketersediaan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Agen Eoa Gold. Mabiska Jurnal, 7(1), 41.
Noor, I., Alhidayatullah, & Amal, M. K. (2023). Dimensions Of Service Quality In Influencing Customer Satisfaction. Adpebi International Journal Of Multidisciplinary Sciences, 2(2), 189–197. Https://Journal.Adpebi.Com/ Index.Php/Aijms
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perc. Journal Of Retailing, 64(1), 12.
Perdana, I. W., Bulan, T. P. L., & Zati, M. R. (2024). Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Kualiatas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy Di Kota Langsa. Niagawan, 13(1), 45. Https://Doi.Org/10.24114/Niaga.V13i1.56545
Prawirosentono, S. (2001). Manajemen Operasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Radea, M. (2019). Pengaruh Responsiveness (Daya Tanggap) Terhadap Kepercayaan Konsumen Melalui Keputusan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Website Online Lazada.Co.Id. Http://Repository. Mahardhika-Library.Id/339/
Rahman, P. C. A., & Rifani, A. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Haruan Ukm Mama Ozan Kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 19(5), 1–23.
Rambat, L. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Jasa Teori Dan Praktik. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Rayo, E. F., Inaray, A. C. P., & Lule, B. (2023). Capacity Strategies A Comparative Perspective In Manufacturing Vs Service Industries. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1445–1452. Https://Doi.Org/10.37034/Infeb.V5i4.759
Sabila, N., Junaida, E., & Indah, D. R. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Moris Bakery And Cake Di Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Terpadu (Jimetera), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.35308/Jimetera.V2i1.4494
Sabrina, H. &, & Widyawati, N. (2019). Pengaruh Tangible Reliability Responsivenes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gupalas. 1–32.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pt. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.
Sinaga, D. Y., & Sukati, I. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan Dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Di Kota Batam. Eco-Buss, 6(2), 575–585. Https://Doi.Org/10.32877/ Eb.V6i2.686
Siti Soeliha. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Ketersediaan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Sumber Rejeki Kabupaten Jember. 3(2), 292–306.
Situngkir, M. B., Rahayu, Y. I., & Zulkifli. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Ketersediaan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. The 2 Nd Widyagama National Conference On Economics And Business (Wnceb 2021) Universitas Widyagama Malang, 2(Wnceb), 174–183. Http://Publishing-Widyagama.Ac.Id/Ejournal V2/Index.Php/Wnceb/Article/ View/3154
Soenaryo, J. (2015). Analisis Pengaruh Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, Dan Tangible Agen Pt Aj Sequislife Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya-Trusty. Agora, 3(1), 23-28.
Stanley, S., & Wasiman, W. (2024). The Influence Of Product Availability, Packaging And Labels On Rice Purchasing Decisions At Pt Aroma Nusajaya Karya In Batam. Dynamic Management Journal, 8(2), 326. Https://Doi.Org/ 10.31000/Dmj.V8i2.10702
Sudrajat, A. (2014). Pengaruh Kualitas Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty Dan Kompetensi Tenaga Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Agency) Pt Rajawali Citra Televisi Indonesia. Jurnal Perspektif, 12(1), 48-59.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123. Https://Doi.Org/10.46806/Jm.V9i2.663
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, F. & Chandra, G. 2011. Service, Quality & Satification: Edisi 3. Penerbit Andi. Yogyakarta
Utama, A. S., Irda, I., & Kamela, I. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Brand Switching Pada Pengguna Sim Card Telkomsel Ke Three Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang. Abstract Of Undergraduate Research, Faculty Of Economics, Bung Hatta University, 4(2).
Wasiman. (2023). Perilaku Konsumen Di Era Bisnis Transformasi Digital. Https://Doi.Org/Dewa Publishing
Yusuf, A. (2021). The Influence Of Product Innovation And Brand Image On Customer Purchase Decision On Oppo Smartphone Products In South Tangerang City. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(1), 472–481. Https://Doi.Org/ 10.33258/Birci.V4i1.1629
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9236
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional