Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Secure Cloud Storage (SYNC) Terhadap Hasil Belajar Siswa
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan Media Secure Cloud Storage (Sync) Terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Kejuruan Elemen dokumen berbasis digital pada materi prosedur penyimpanan dokumen berbasis digital. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMK Swasta Bina Satria yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MP-1 dan X MP-2 sebanyak 64 siswa yang menjadi total keseluruhan jumlah populasi yaitu 96 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sebelumnya di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 26. Dari hasil data ditemukan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran project based learning adalah 63,48 dan 82,27 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yang dimana menerapkan model pembelajaran video based learning adalah 60,65 dan 73,23. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mengalami peningkatan sebesar 52%. Data kelas pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan normal karena nilai sig >0,05 yakni 0.156 dan 0.182 sehingga data terdistribusi normal. Pada uji homogen hasil signifikansi sebesar 0.657 yaitu lebih besar dari nilai sig >0,05 maka data tersebut telah homogen. Berdasarkan hasil uji-t bahwa nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Secure Cloud Storage (Sync) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan elemen dokumen berbasis digital di SMKS Bina Satria Medan T.A 2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Secure Cloud Storage, Hasil Belajar Dasar-dasar Kejuruan, Prosedur Penyimpanan dokumen digital
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Andari, N. M. N., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 20 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 4 (1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7514
Ariani, Nurlina, Masruro, Zulaini, Saragih, S. Z. (2022). Belajar dan Pembelajaran. CV. Widina Media Utama.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). 6(1), 19–32.
Dahri, N. (2022). Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model pembelajaran abad 21. CV. Muharika Rumah Ilmiah, 1, 1–110. https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/334/1/BUKUMODEL_PPjBL_2022.pdf
Bruce Joyce, M. W. & E. C. (2015). Models of Teaching. Pustaka Belajar. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. 39–46.
Endang, Mulyatiningsih.(2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Epifania, M. (2020). Analisis Pemahaman Guru Dalam Menerapkan Model Project Based Learning (Pjbl) Di SD Katolik 143 Bhaktyarsa. 2(1), 1–7.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fauzi, L. M., Gazali, M., Mukti, H., Hayati, N., & Rahmawati, B. F. (2022). Workshop pembuatan aplikasi arsip elektronik. Absyara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 79–87. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5824
Habibah, U. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK AI Musyawirin. Journal Of Conmprehensive Science, 13.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Heri Mulyono, E. E. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di Smk Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., & Tasrif, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning ( PBL ). 6, 155–164.
Mega Kristina, T. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa pada materi dokumen berbasis digital kelas 10 MPLB SMK Mojoagung. 5(2), 183–192.
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Okta, K., & Sukaswanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen. 2, 79–92.
Puspitasari, R. O. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning ( PjBL ) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya. 2(1), 12–19.
Putri, E. S., & Ritonga, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA N 2 Padang Panjang Program Studi Pendidikan Ekonomi , Universitas Negeri Padang. 7, 21010–21019.
Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Gura dalam Kegiatan Pembelajan dalam Perspektif Islam. In Model Pembelajaran (hal. 71). Deepublisher.
Salamun. (2023). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.
Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning dan TVET. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2794–2808. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535.
Setyani, E.E., I. B. (2022). Pengembangan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Pratikum Peserta Didik. EDUCATION :Economics & Education Journal, 4, 249–263.
Sidik Priadana. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Simatupang, H. dan Purnama, D. (2019). Handbook best practice strategi belajar mengajar. Pustaka Media Guru.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sudjana.(2009).Metode Statistika.Tarsito
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. November, 289–302.
Suharto, B. (2019). Model Project Based Learning Berbantuan Media “ Chemondro ” Motivasi , Dan Hasil Belajar. 34.
Suryani, D. A., & Puspasari, D. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMKN 2 Tuban Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa .8, 351–360.
Taupik, R. P., Fitria, Y., Guru, P., Dasar, S., & Padang, U. N. (2021). Jurnal basicedu. 5(3), 1525–1531.
Wardana, Djamaluddin, A. (2021). Belajar dan pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9243
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional