Pengaruh Personalisasi Konten Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) Terhadap Tingkat Keterlibatan dan Niat Pembelian Konsumen di Media Sosial

Ulan Dari, Nopayanti Limbong, Mariono Dava

Sari


Dalam time computerized saat ini, kecerdasan buatan (AI) memainkan peran penting dalam mengelola dan menyajikan konten yang relevan kepada pengguna, serta meningkatkan keterlibatan dan kepuasan mereka. Penggunaan AI dalam personalisasi konten di media sosial terbukti secara signifikan meningkatkan interaksi pengguna, seperti jumlah suka (likes), komentar, dan durasi waktu yang dihabiskan di stage. Selain itu, personalisasi konten berdasarkan preferensi dan perilaku pengguna telah terbukti meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan menciptakan koneksi yang lebih kuat dengan stage.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personalisasi media sosial berbasis AI terhadap niat beli dan kepercayaan konsumen, khususnya di kalangan remaja, dewasa muda, pekerja, dan mahasiswa berusia 17–30 tahun. Information penelitian diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 30 responden aktif pengguna media sosial, dengan rata-rata penggunaan harian antara 1–4 stick atau lebih. Instrumen penelitian mencakup persepsi responden terhadap relevansi konten, waktu kemunculan konten, keterlibatan emosional, dan niat pembelian setelah melihat konten yang dipersonalisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa konten yang mereka lihat sesuai dengan minat dan aktivitas mereka sebelumnya. Waktu kemunculan konten juga dinilai tepat, dan sebagian besar responden mengaku tertarik secara emosional serta berniat membeli produk yang ditampilkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa personalisasi konten berbasis AI memiliki pengaruh positif terhadap niat beli dan kepercayaan konsumen. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaku bisnis mengoptimalkan strategi personalisasi untuk meningkatkan efektivitas pemasaran computerized.Kata Kunci: Personalisasi Konten, Media Sosial, Niat Beli, Kepercayaan Konsumen, Kecerdasan Buatan (AI).

Kata Kunci: Personalisasi Konten, Media Sosial, Niat Pembeliat, kepercayaan Konsumen, Kecerdasan Buatan (AI)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, F., Kartomo, K., & Stiadi, M. (2024). Pengaruh Sales Promotion, Perceived Quality, Dan Lifestyle Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Outdoor Brand Eiger. Jurnal Mirai Management, 9(2), 213-226.

Fauziah, I., Pudyaningsih, R., & Erwantingingsih, E. (2024). Pengaruh promosi dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian produk cicil emas di BSI KCP Pasuruan Sudirman 1 (Studi kasus pada program Grebeg Pasar). Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 7(3), 61-70.

Ghozali, I., & Latan, H. (2016). Structural Equiton Modeling Metode Alternatif dengan Patrial Least Square (PLS). badan penerbit universitas diponegoro.

Hakim, L. L., & Keni, K. (2020). Pengaruh brand awareness, brand image dan customer perceived value terhadap purchase intention. Jurnal manajemen bisnis dan kewirausahaan, 4(3), 81-86.

Hamid, RS, Anwar, SM, & Lumoindong, Y. (2019, Oktober). Menggunakan model tripel helix untuk menentukan kreativitas dan kapabilitas lingkungan dan inovatif. Dalam IOP Conference series: Earth and Environmental Science (Vol. 343, No.1, p. 012144). IOP Publishing.

Handayani, R., Amalia, R., & Puspasari, A. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) AQUA. Jurnal Simki Ekonomi, 7 (2), 517-527.

Ibrahim. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam. Penerbit Ar-Raniry Press.

ILMI, S. S. N. (2024). Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Kegunaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan Di Kalangan Generasi Z (Studi Pada Fitur Premium Dating App Bumble) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Lukito, V. C. (2024). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Starbucks Coffee Karang Tengah (KM 13, 5). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1-12.

Masadi, N. F. (2022). Pengaruh Produk Edisi Terbatas, Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Vespa Piaggio Di Bandar Lampung.

Menperin: Industri Otomotif Jadi Sektor Andalan Ekonomi Nasional (2021), diakses di https://www.kemenperin.go.id/artikel/22297/Menperin:-Industri-Otomotif-Jadi-Sektor-Andalan-Ekonomi-Nasional

Novianti, K., Sari, E. P., & Adhitya, W. R. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Pada PT. SJKM. Jurnal Widya, 4(2), 422-435.

Nuriyanti, W. (2017). Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Dalam Memilih Sepeda Motor Matic Di Wilayah Depok. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 48-57

Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69-80.

Stiadi, M. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Minat. Jurnal Mantik, 5(1), 197–200.

Sugiarti, V., Hendrik, H., & Stiadi, M. (2024). Pengaruh Physical Evidence Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Rsia Budi Medika Kolaka. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 954-962.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Penerbit Alfabeta, Bandung.

Surabagiarta, I. K., & Purnaningrum, E. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(2), 294-301.

Wonua A.R., Astaginy, N., & Ismanto. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Karya Ilmiah Mahasiswa, Kendari. Penerbit Literacy Institute.

Wonua A.R., Astaginy, N., & Ismanto. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Karya Ilmiah Mahasiswa, Kendari. Penerbit Literacy Institute.

Yohansyah, F., & Rodhiah, R. (2022). Pengaruh e-WOM dan Persepsi Nilai terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood dengan Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 89-98.

Yusuf, N. F., Astaginy, N., & Stiadi, M. Pengaruh Social commerce construct dan Trust terhadap Buying Intention (pada pengguna facebook di Kabupaten Kolaka)

Web :

https://jurnal.tazkia.ac.id/index.php/komunikan/article/view/482

https://www.ocbc.id/id/article/2023/08/14/social-media-marketing-adalah

https://g.co/kgs/jAjWDxe

https://wpvip.com/glossary/what-is-content-personalization/

https://www.ibm.com/id-id/think/topics/ai-personalization

https://link.springer.com/article/10.1007/s11002-008-90468

https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1094670520902266

https://www.jstor.org/stable/25148757

https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1094670511411703

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1094996813000563

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1094996809000607

http://people.umass.edu/aizen/f&a1975.htmlhttps://www.jstor.org/stable/27751067

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969698921003951




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter