Pengaruh Penggunaan Shopee PayLater dan Diskon Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Manajemen Angkatan 2021 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI Makassar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Shopee PayLater dan diskon terhadap perilaku keuangan mahasiswa Manajemen angkatan 2021 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 174 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater dan diskon secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Temuan ini mendukung teori Theory of Planned Behavior dan Financial Management Behavior, yang menjelaskan bahwa intensi dan sikap keuangan individu dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan keuangan pribadi serta memberikan masukan bagi pengembang platform e-commerce untuk mempertimbangkan aspek edukatif dalam fitur-fitur keuangan mereka.
Kata Kunci: Shopee PayLater, Diskon, Perilaku Keuangan, Mahasiswa, E-Commerce
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aftika, S., Rahima, A., & Cahyadi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee PayLater terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Digital, 4(2), 113–120.
Amalia, A. (2023). Pengaruh Diskon Tanggal Kembar dan Gratis Ongkir terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Keuangan, 7(1), 44–53.
Angelista, R., dkk. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pengguna Shopee PayLater. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 88–97.
Febrianti, L., & Prima, A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa di Kota Batam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 25–35.
Martini, D. (2023). Pengaruh Diskon Harga dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Impulsif di Marketplace Shopee. Jurnal Pemasaran, 5(3), 75–84.
Nafiisah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee PayLater dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Mahasiswa, 6(1), 22–31.
Nurma, H. (2019). Strategi Pembayaran Digital dalam E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis, 3(2), 50–59.
Rahima, A., & Cahyadi, S. (2022). E-Commerce dan Perubahan Perilaku Konsumen Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Digital, 2(1), 10–18.
Ridwan, F., dkk. (2022). Financial Management Theory: Personal Finance Perspective. Jurnal Keuangan dan Perilaku, 1(1), 15–22.
Shopee (n.d.). Panduan Penggunaan Shopee PayLater. Diakses dari https://help.shopee.co.id
Siskawati, N., & Ningtyas, D. (2022). Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumen Digital. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(3), 101–109.
Sitorus, M. (2022). Strategi Promosi Shopee dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 4(2), 33–40.
Yaziid, M., dkk. (2024). Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkir terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa FKIP Universitas Riau. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(1), 59–66.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9316
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional