Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana ( Study Pengguna Dompet Digital Dana Di Kecamatan Kalianda)

Riski Armelia Putri, Tamam Tamam

Sari


Dompet digital merupakan salah satu bentuk pembayaran fintech yang semakin populer. Penggunaannya meningkat seiring dengan kebijakan pemerintah yang mendukung gerakan masyarakat tanpa uang tunai (cashless society). Pengurangan penggunaan uang tunai didorong oleh berbagai faktor, seperti tingginya jumlah uang yang beredar, banyaknya kasus pemalsuan uang, dan biaya operasional besar yang dikeluarkan oleh bank sentral untuk mencetak, menyimpan, dan mendistribusikan uang tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Kepuasan Pengguna baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada Pengguna Dompet Digital DANA di Kecamatan Kalianda, populasi pada penelitian ini adalah pengguna Dompet Digital DANA di Kecamatan Kalianda dan pengambilan sampel pada penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 130 responden, uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (H1)  Nilai thitung 4,774 > ttabel 1,65685 artinya Persepsi Manfaat berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna. (H2) Nilai thitung 3,602 > ttabel 1,65685 artinya Persepsi Kemudahan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna (H3) nilai fhitung 46,721 > ftabel 3,07 artinya Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana (Study Pengguna Dompet Digital DANA Di Kecamatan Kalianda). Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Dana (Study Pengguna Dompet Digital DANA Di Kecamatan Kalianda).

 

Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepuasan Pengguna


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bank Indonesia. (2024). Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2024 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Bank Indonesia. (2024). Jumlah transaksi uang elektronik yang beredar di Indonesia.

DANA. (2023). Tentang DANA: Pengembangan dan fitur aplikasi dompet digital.

Ginting, N., & Nugraha, R. (2019). Manajemen pemasaran: Teori dan aplikasi dalam bisnis modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mandasari, A., & Giantari, I. (2017). Pengaruh persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna e-wallet. Jurnal Ekonomi Digital, 14(3), 92-104.

Pratama, R., & Dewi, N. (2021). Analisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan aplikasi e-wallet pada mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi, 17(3), 66-79.

Rahmawati, S. (2023). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan gaya hidup digital terhadap penggunaan e-wallet di generasi milenial. Jurnal Ekonomi Digital, 21(4), 12-29.

Ramadhanti, S., Buchdadi, T., & Fawaiq, M. (2023). Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat dalam adopsi e-wallet. Jurnal Pengembangan Teknologi Keuangan, 10(2), 122-134.

Visakha, M. D., & Keni, K. (2022). The Impact of Security and Perceived Ease of Use on Reuse Intention of E-Wallet Users in Jakarta: The Mediating Role of E-Satisfaction. 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021),




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9378

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter