Pengaruh Experiential Marketing Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Bakso Sugara Siantar.
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Bakso Sugara Siantar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel non probability sampling dengan Teknik yaitu purposive sampling. Populasi yang digunakan adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada bakso sugara sebanyak 130 sampel. Data diolah menggunakan Statistical Package for the Social Sciences versi 25. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil bahwa parsial variabel Experiential Marketing dan Service Quality berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction, kemudian, secara simultan Experiential Marketing dan Service Quality berpengaruh positif terhadap Customer Satisfaction.
Kata Kunci : Experiential Marketing, Service Quality dan Customer Satisfaction.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andreas Wijaya. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart PLS 3.0. Edisi Pertama. Yogyakarta : Innosian 2019.
Apriyani, D. A., & Sunarti, S. (2017).Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pada Konsumen the Little a CoffeeShop Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Ayatullah, A., Meutia, M., & Lutfi, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Experiential Marketing Terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. JNE Kota Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 7(2), 64-78.
Carmo, I. S. do, Marques, S., & Dias, Á. (2022). The Influence of Experiential Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty. Journal of Promotion Management, Taylor & Francis.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Dominiq, A., & Ellitan, A. Y. L. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfication Dan Repurchase Intention Pada Kafe Kopi Janji Jiwa Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 10.
Fadillah, U., & Gami, E. R. P. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bangsal Kopi Jl T Imam Bonjol Lubuk Pakam. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 108-113.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi.
Freddy Rangkuti. 2017. Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, L. 2015. Aplikasi Analisis Multivate Dengan Program SPPS. Semarang: Badaan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardin, A. (2019). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Dealer Motor Honda PT Mitra Pinasthika Mustika Surabaya. (Doctoral dissertation, STIESIA SURABAYA).
Harfania, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan , Experiential Marketing , Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Kasus Pada Restoran Ayam Geprek Sa ’ I Yogyakarta ). Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 581–591..
Istiana, I., & Kurriwati, N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan 3point Garden Cafe Bangkalan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(4), 1–15.
Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran jilid 1 Edisi 12. Kembangan-Jakarta Barat: Indeks. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1 Edisi 13. Jakarta:Eirlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Lin, M.-M., Liu, C.-S., Jiang, J.-S., & Lin, M.-H. (2022). A study on the impact of experiential marketing on service quality and customer satisfaction from the perspective of cultural creativity. International Journal of Organizational Innovation, 14(4).
Lin, Y. (2023). Experiential Marketing, Service Quality, and Customer Loyalty in the Retail Sector. International Journal of Marketing.
Mailoor, T. R., Massie, J. D., & Tawas, H. N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Konsumen Mobil Wuling Pada PT Kumala Cemerlang Abadi Wuling Motors Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1644-1654.
Maskun, L., Soegoto, A. S., & Jorie, R. J. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Steiner Salon Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Muljani, N. (2021). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studi pada Restoran Boncafe di Surabaya) (Ninuk Muljani) The Effect Of Experiential Marketing On Customer Loyalty Mediated By Customer Satisfaction (Study On B. 9(2), 210–221.
Nurjanah, P., & Juanim. (2020). Experiential Marketing dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 76–83.
Octaviana, R. A., & Nugrahaningsih, H. (2018). Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. Meratus Line Jakarta). Media Manajemen Jasa, 6(2).
Olii, K. R. R., & Nurcaya, I. (2016). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Tiket Pesawat Pada Pt Jasa Nusa Wisata Denpasar. None, 5(8), 251455.
Peter, J.Paul dan Jerry C.Olson, (2016), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Buku 2 Edisi 9, Alih Bahasa Erlangga, Jakarta.
Prasetyawan, C. (2021). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Pelanggan Goodboy Barbershop Ponorogo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Rahmadoni, R., Zulher, & Henrizal. (2022). Effect of Service Quality and Price on Customer Satisfaction at PT. Putri Midai in Bangkinang. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(3), 297–314.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.
Safitri, N. S., & Nani, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distributor Teh Botol Sosro Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Perkusi, 1(1), 56.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKA BARUPRESS
Tilottama. (2014). Accentuate The Positive: How Identity Affects Customer Satisfaction. Journal of Consumer Marketing.Vol. 31, Iss 5 pp. 371 – 379.
Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra.(2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3 ,Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra.(2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi
WATI, E. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Loyalitas Pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember (The Effect of Service Quality and Experiential Marketing towards the Customer Satisfaction and Loyalty to Larissa Aesthetic Beauty Clinic Center in Jember).
Yuan, Y. H., & Wu, C. (2020). "Relationships Among Experiential Marketing, Experiential Value, and Customer Satisfaction." Journal of Hospitality & Tourism Research, 44(3), 409-428.
Zakaria, W. F. (2022). Pengaruh Experiential Marketing, Price dan Service Quality terhadap customer satisfaction pada pelanggan up barbershop Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9394
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional