Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat Di Pt. Nusantara Surya Sakti Kalianda Lampung Selatan

Marliani Putri, Khilwa Ilmi

Sari


Persaingan di dunia otomotif terutama motor saat ini sangat ketat dengan adanya globalisasi yang menyebabkan munculnya perdagangan bebas yang membuat dunia seakan tanpa batas. Banyak produsen motor dari suatu negara yang bersaing untuk menarik minat konsumen. Munculnya produk dapat mempengaruhi pilihan konsumen dengan cara yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kalianda Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. 4) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli dan yang menggunakan produk Honda Beat, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Teknik analisis data menggunakan uji intrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, artinya jika kualitas pelayanan baik maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, artinya jika kualitas produk baik maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya jika citra merek baik maka akan meningkatkan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2) dan variabel citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen motor honda beat di PT. Nusantara Surya Sakti Kalianda Lampung Selatan.

Kata Kunci:   Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2015). Principles Of Marketing.

Pearson Australia.

Apriatni, A. (2014). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Wardah Kosmetik Di Kota Bandung). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 45–53.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (13 Ed., Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2020). Manajemen Pemasaran dan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Yulianto, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 23–30.

Zulaikin, M. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Sepatu Adidas di Kota Malang. Jurnal Ilmu Administrasi, 4(2), 56–63.

Assauri, S. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Drucker, P. F. (2012). The Practice of Management. New York: HarperBusiness.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-13, Jilid 1 & 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (Global Edition, 15th ed.). Harlow: Pearson Education.

Kurtz, D. L. (2021). Contemporary Marketing (19th ed.). Boston: Cengage Learning.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2011). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: Free Press.

Swastha, B. (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: CV Andi.

Aria, F., & Atik, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Prenada Media

Arianto, B. (2018). Manajemen Operasi dan Pelayanan. Bandung: Alfabeta. Gaspersz, V. (2017). Total Quality Management (TQM). Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Kasmir. (2017). Etika Customer Service. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rolando, A. (2018). Manajemen Jasa dan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Arinawati, R. (2021). Manajemen Pemasaran Produk dan Jasa. Yogyakarta: Deepublish.

Budiyanto. (2016). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Firmansyah, R. (2019). Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian.

Bandung: Alfabeta.

Gunawan, H. (2022). Manajemen Pemasaran Strategi. Jakarta: Salemba Empat. Harjadi, J. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Surabaya:

Unesa University Press.

Indrasari, M. (2019). Manajemen Pemasaran Strategi dan Penerapannya di Era Digital. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education.

Meutia, I. (2020). Manajemen Produk dan Merek. Jakarta: Penerbit Erlangga. Moko, A. (2021). Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Rangkuti, F. (2019). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2011). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson Education.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.

Yenni. (2022). Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian.

Jakarta: Rajawali Pers.

Prasetyani, I. W., Waluyo, H. D., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 11(1), 15–26.

Shofwan, T., Aryani, L., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 109–117.

Rozi, A., Budianto, A., Evrina, Marnas, & Fadillah, A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 3(1), 45–53.

Lalita, P. A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Purna Jual Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Beat di Kota Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(2), 88–95.

Santoso, N. O., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 17(1), 67–75.

Anuraga, A., Wibowo, F. W., & Prasetyo, H. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Poletiek, F. H. (2001). Hypothesis-testing Behaviour. New York: Psychology Press. Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2011). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: Free Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Budiyanto. (2016). Manajemen Kualitas Produk. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter