ANALISIS PERMINTAAN HANDPHONE PADA PEGAWAI (STUDI PADA PT. COLOMBUS CIREBON)

Rohadin Rohadin, Ratu Noorita Achmad

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penentu permintaan handphone pada pegawai tetap PT. Colombus Cirebon dengan menggunakan analasis statistic deskriptif. Sampel yang digunakan dalam studi ini sejumlah 80 pegawai tetap pada PT. Colombus Cirebon. Variabel diukur dengan menggunakan skala Likert (1 = sangat tidak setuju; 5 = sangat setuju). Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan handphone pegawai tetap PT. Colombus Cirebon dipengaruhi oleh harga, pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera, dan harapan. Di sisi lain, selera dan pendapatan adalah variabel yang paling berpengaruh pada permintaan handphone.

Kata Kunci: analisis permintaan, harga, pedapatan.

Abstract
The aim of research to analyze the determinant of demand for mobile sellular of permanent employee PT. Columbus Cirebon by using statistics descriptive analysis. The samples used in this study are 80 permanent employees of PT. Columbus Cirebon. The variable is measured by using Likert scale (1= strongly disagree; 5= strongly agree). The result showed that the demand for mobile sellular of permanent employee of PT. Columbus Cirebon are influenced by the price, income, number of family members, taste and expectation. The other side, taste and income are variables that most influence the demand for mobile sellular.

Keywords: demand analysis, price, income.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas., (2007), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Handphone Di Kabupaten Kolaka. Skripsi. Universitas Haluoleo. Fakultas Ekonomi. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Cirebon.

Adiningsih, S (2007), Persaingan Pada Industri Telepon Selular di Indonesia, diunduh dari http://st286324.sitekno.com/article/6528/persaingan-pada-industri-telepon-selular-diindonesia.html.

Anwar Moch. Idochi., 1996. Dasar-Dasar Marketing. Alumni. Bandung.

Boediono. 2008. Ekonomi Makro (edisi keempat). Yogyakarta: BPFE.

Chuazimah., Mabruroh., Dihan, F.N. 2010. Smartphone: Antara Kebutuhan dan E- Lifestyle. Seminar Nasional Informatika. UPN ”Veteran”. Yogyakarta. ISSN: 1979-2328

Disemadi, H. S., & Kang, C. (2021). Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 54-71.

Engel, J.F, Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard. 2001. Perilaku Konsumen (terjemahan). Jakarta : Binarupa Aksara.

Jumiati. 2009. Perubahan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga akibat Perkembangan Value-Added handphone (HP). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Kadariah., 1991. Pengantar Teori Ekonomi Makro. Bina Aksara. Jakarta.

Kiky Mir’atuz Zakiyah (2010), analisis permintaan telepon selular berbasis “Smartphone” (studi kasus di Gerai handphone pasar Singosaren Solo). Skripsi. Universitas Bengkulu. FEB. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Bengkulu.

Kotler Philip., 1994. Dasar-Dasar Pemasaran. CV. Inter Media. Jakarta.

Kotler Philip., 2001. Manajemen Pemasaran Indonesia. Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian.Jakarta : Erlangga.

Koutsoyiannis S., 1999. Teori Ekonomi Mikro. LPFE UI. Jakarta.

Majalah Signal, Media Informasi dan Komunikasi Internal Telkomsel No.18/Th.II/Juni 2003.

Mankiw, N. Gregory. (2003). Teori Makro Ekonomi, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Moleong. 2006. Metodelogi Penelitian Kulitatif. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung. Mowen. 2005. Perilaku Konsumen, (Edisi 5). Jakarta : Erlangga.

Nicholson Walter., 1994. Ekonomi Makro. BPFE UGM. Yogyakarta.

Nopirin., 2000. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro dan Mikro. BPFE. Yogyakarta. Novitasari, S. 2014. Analisis Persepsi Masyarakat Atas Permintaan Terhadap Telepon Selular Blackberry Di Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu. FEB. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Bengkulu.

Rahardja Pratama., 1995. Teori Ekonomi Mikro. LPFE UI. Jakarta.

Singgih Santoso., 2000. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesiona., PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Soediyono., 1989. Ekonomi Mikro, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Sudarman, Ari, 1980. Teori Ekonomi Mikro, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPFE- UGM. Sudjana., 1991. Metode Statistik. LP3ES. Jakarta.

Sukirno Sadono., 1995, Ekonomi Pembangunan. LPFE UI dan Bina Grafika. Jakarta.

Walgito. 1993. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta : Fakultas Fsikologi UGM.

William J. Stanton., 1988. Prinsip Pemasaran. (Saduran Yohanes Lamarto), Erlangga.

Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.962

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter