Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak

Susy Ayuning Tyas, Hartelina Hartelina

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi pengguna e-commerce Bukalapak yang tidak terhingga atau tidak diketahui dan diperoleh sampel berjumlah 150 responden dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Promosi dan Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan juga Promosi dan Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara simultan.

Kata Kunci: Promosi, Brand Image, Keputusan Pembelian.

 

Abstract

This research was conducted with the aim of testing the effect of Promotion and Brand Image on Purchasing Decisions on Bukalapak E-Commerce. The method used in this study is quantitative research, the population of Bukalapak e-commerce users is infinite or unknown and a sample of 150 respondents and using purposive sampling technique. The results of this study indicate that partially Promotion and Brand Image affect Purchasing Pecisions, and also Promotion and Brand Image influence Purchasing Decisions simultaneously.

Keywords: Promotion, Brand Image, Purchase Decision.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhawiyah, N., & Yuniati, T. (2018). Pengaruh harga, promosi, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7.

Adiputra, N., & Magnadi, R. H. (2018). Analisis Pengaruh Desain Produk, Preceived Value, dan Promosi Terhadap Citra Merek Sepatu Nike ( Studi pada Konsumen Sepatu Nike di Kota Semarang ). Diponegoro Journal Of Management, 7, 1–11.

Aziky, A., & Masreviastuti. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.co.id. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(3), 193–196. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.222

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik E-Commerce 2019. In Badan Pusat Statistik.

Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. In IOSR Journal of Economics and Finance. BPFE Universitas Diponegoro.

Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3), 77–84. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/24741

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan ). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(2), 83–88.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Rizki, A. G., Hidayat, K., & Devita, L. D. R. (2019). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee Indonesia (Survei pada mahasiswa S1 fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang membeli barang secara online di e-commerce). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72(2), 49–56.

Silaban, B., & Rosdiana, D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Online Shop Sociolla. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 202–224.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Andi.

Utomo, H., Sudjanarti, D., & Rochman, F. (2020). PENGARUH LOKASI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NIKI KOPITIAM MALANG. 6, 7–17.

Wijaya, M., & Jasfar, F. (2014). Pengaruh Rancangan Situs, Harga, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Pembelian Produk Fashion Melalui Online Shopping. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(2), 31. https://doi.org/10.25105/jmpj.v7i2.798

Sumber Website :

www.wearesocial.com ,diakses pada tanggal 15 maret 2021, Pukul 10.55 WIB).

www.iprice.com ,diakses pada tanggal 16 maret 2021, Pukul 11:45 WIB).

https://topbrand-award.com ,diakses pada tanggal 16 maret 2021, Pukul 14:50 WIB).

https://www.bukalapak.com/about ,diakses pada tanggal 17 maret 2021, Pukul 16.40 WIB).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.975

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter