Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa SD Gmim Woloan

Richard D.H. Pangkey, Brianne E.J. Komedien, Mozes Y. Legi, Viktory Nicodemus Joufree Rotty

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran PKn dengan perlakuan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan siswa yang mengikuti pembelajaran PKn dengan Model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SD GMIM Woloan tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan siswa kelas V.B yang mengikuti mata pelajaran PKn dengan jumlah 34 siswa yang sesuai data dan informasi Kepala sekolah memiliki krakteristik yang relatif sama. Penentuan kelompok eksperimen dilakukan secara acak dengan cara mengundi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar PKn. Uji statistik menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Uji statistik yang digunakan adalah menggunakan teknik varians dilanjutkan dengan uji-t. Hasil penlitian pada kelas eksperimen dengan menggunakan metodo snowball throwing mengalami peningkatan di bandingkan kelas kontrol. Diman kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata post-test. Hal ini menunjukkan bahwa nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai post-test pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas control taraf nyata.

References


Artikuno, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi (revisi VI).

Rineka Jakarta.

Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan ( Edisi 2) Bumi Aksara Jakarta

Fathurrohman, Muhamad. 2015. Model Pembelajaran inivatif. Ar-ruzz Media.Yogyakarta.

Gunawan, Muhamad Ali. 2013. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Parama Publising. Yogyakarta.

Hamadayana, Jumanta, 2014.Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakte. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2014. Coopratif Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kasmadi Sunariah, Nilai Siti. 2014.panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Afdal. Bandung .

Muncano. 2015. Statistika Pendidikan Edisike-5. Artha Copy. Metro.

Ruminiati.2007.Pengembangan Pendidikan sssKewarganegaraan S.Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics