Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image

Hapsawati Taan, Djoko Lesmana Radji, Herlina Rasjid, Indriyani M. Mosi

Abstract


Pemasaran dengan memanfaatkan media internet atau electorinc marketing (e-marketing) mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat karena adanya internet yang membantu mempermudah mencari informasi, berkomunikasi tanpa batas, dan jarak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image pada UMKM Adilah Cake & Kukis Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah yang pernah membeli produk pada UMKM Adilah Cake & Kukis Kabupaten Gorontalo dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian diolah dengan program SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing mempunyai pengaruh signifikan terhadap Brand Image, yang berarti bahwa dengan adanya peningkatan Social Media Marketing maka akan terjadi pula peningkatan brand image dari sebuah perusahaan dalam hal ini UMKM Adilah Cake & Kukis. Hal ini menunjukkan bahwasanya penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik dapat memberikan pengaruh besar terhadap brand image perusahaan melalui pembuatan konten, berbagi konten, menghubungkan (relasi), membangun komunitas.
Kata Kunci: Brand Image, Sosial Media Marketing,UMKM

Full Text:

Download PDF

References


Alma Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (12th ed.). Alfabeta.

Amalia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Anizir; Wahyuni, R. (2017). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Image Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Serang. Jurnal Sains Manajemen, 3(2), 0. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/view/25

Drury, Glen. (2008). Social Media: “Should Marketers Engage and How can it be Done Effectively’. Journal of Direct. Data and Digital Marketing Practice. (9). 274-277.

Dinas Koperasi, UMKM, kabupaten G. (2020). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil & Mengengah (Umkm) Gorontalo 2020. Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah kabupaten Gorontalo.

Fauzi, L. M. & A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Ghozali Imam (2006), Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS , Badan

Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya, Hermawan. (2007). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, Armstrong, Garrt, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Koay, K. Y., Ong, D. L. T., Khoo, K. L., & Yeoh, H. J. (2020). Perceived social media marketing activities and consumer-based brand equity : Testing a moderated mediation model. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(1), 53–72. https://doi.org/10.1108/APJML-07-2019-0453

.

Kotler and Keller. (2018). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke Dua Belas Jilid 1 (3rd ed.). PT. INDEKS.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing , Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J . Co Donuts & Coffee Semarang Pendahuluan. 7, 25–31.

Kusuma, B. A., Primadani, B., & Putri, S. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. JIM UPB, 7.

Laksamana, P. (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia’s Banking Industry. Textile Network, 8(5–6), 34–35.

Monita, T. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Brand Awareness Terhadap Brand Equity Erha Clinic Center Surabaya. 1–15.

Novila Mileva, D. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Surabaya Snowcake (Studi Pada Masyarakat Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 446–452.

Pham, P.H. and Gammoh, B,.S. (2015). Cgaracteristics of social-media marketing strategy and customer-based brand equity outcomes: a conceptual model. International Journal of Internet Marketing and Advertisting. Vol 9. Issye 4. Pp. 321-337.

Ratana, M. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek( Program Crowdscourcing Foto Periode 18 Juli 2016 – 2 April 2017 di Instagram ) The Effect Of Social Media Marketing On Brand Equity ( Photo Crowdsourcing Program from July 18 , 2016 until April 2 , . April 2017, 13–28.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian (kuantitatif, kualitatif dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta.

Taan, Hapsawati. (2010). Jurnal-Manajemen-Dan-Akuntansi-Peran-Riset-Pemasaran-Dalam-Pengambilan-Keputusan-Manajemen. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/861/jurnal-manajemen-dan-akuntansi-peran-riset-pemasaran-dalam-pengambilan-keputusan-manajemen.html / Diakses 11 April 2021

Taan, Hapsawati. (2016). Jurnal-Manajemen-Peran-Promosi-Dan-Tata-Kelola-Wisata-Religi-Bongo-Dalam-Meningkatkan-Daya-Saing-Pariwisata-Di-Kabupaten-Gorontalo.Pdf (p. vol. 2, NO. 2). https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/873/jurnal-manajemen-peran-promosi-dan-tata-kelola-wisata-religi-bongo-dalam-meningkatkan-daya-saing-pariwisata-di-kabupaten-gorontalo.html / diakses 11 April 2021

Taan, Hapsawati. & Radji, Djoko Lesmana. (2019). How Does The Relationship Between Lifestyle With Consumer Decisions In Buying Motorbikes? Jambura Science of Management, 1(2), 38–47. https://doi.org/10.37479/jsm.v1i2.2495

Tuten, Tracy L and Solomon, Michael R. (2017). Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.

Tjiptono. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, VIII(1), 80. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327/1




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics