Peningkatan Komitmen Organisasional melalui Peningkatan Komunikasi Interpersonal dan Servant Leadership (Studi Empiris pada PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Kantor POS SPP Erlangga Semarang)

Risfa Datul Inayah, Suhana Suhana

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh komunikasi interpersonal dan servant leadership terhadap komitmen organisasional pada PT POS Indonesia (PERSERO) Cabang Kantor SPP Erlangga Semarang. Variabel bebas didalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal dan servant leadership , sedangkan variabel terikatnya adalah komitmen organisasional. Metode yang diguakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif. Sampel yang dibagikan pada penelitian ini sebanyak 115 sampel dan hanya 95 sampel dari responden yang dapat di analisis lebih lanjut, tknik yang dilakukan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling degan metde purposive sample dan pengumpulan data dengan kuisioner kemudian dianalisis dengan skala likert. Data yang diperoleh diolah menggunakan regresi linier berganda selanjutnya diolah menggunakan SPSS versi 25. Analisis hipotesis, ditemukan bahwa komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen oganisasional dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Servant leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional dengan nilai signifikansi 0,000. Demikian hasil penelitan ini membuktikan bahwa semua hipotesis dinyatakan dapat diterima.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Servant Leadership, Komitmen Organisasional

Abstract
This study was conducted to examine the effect of interpersonal communication and servant leadership on organizational commitment at PT POS Indonesia (PERSERO) SPP Erlangga Branch Office Semarang. The independent variables in this study were interpersonal communication and servant leadership, while the variables used were organizational commitment. The method used in this study is a quantitative method. The sample distributed in this study was 115 samples and only 95 samples from respondents could be analyzed further, the technique used was sampling technique using non-probability sampling with purposive sample method and data collection with questionnaires and then analyzed using a Likert scale. The data obtained were processed using multiple linear regression and then processed using SPSS version 25. Hypothesis analysis, it was found that interpersonal communication has a positive and significant influence on organizational commitment with a significance value of 0.002. Servant leadership has a positive and significant effect on organizational commitment with a significance value of 0.000. Thus the results of this study prove that all the hypotheses stated can be accepted.
Keywords: Interpersonal Communication, Servant Leadership, Organizational Commitment

Full Text:

Download PDF

References


Awee dkk. (2014). Effect of Servant Leadership on Affective Commitment among Hotel Employees. International Journal of Sientific and Research Publication, 4(11), 2250–3153.

Barbuto& Wheeler. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Devito, J. A. (2019). Fiftheenth Edition The Interpersonal Communication Book. 1–20. https://lccn.loc.gov/2017037905

Febriani, D. S. H., & Suharnomo, S. (2018). PENGARUH PENGAWASAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Ungaran). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 43–54. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20895

Fuad Mas’ud. (2004). Survei Diagnosis Organisasional konsep & Aplikasi.

Ferdhinand, P. A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen Edisi 5.

Ghiselli, Edwin E, J. p. campbe. and S. Z. (1981). Measurment Theory for the Behavioral Science.

Gibson, Ivancevich, & D. (2004). Organizatonal (Behavior,Structure,Prosess).

H. Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBM SPSS 25.

Kamanjaya, I. G. H., Supartha, W. G., & Dewi, I. A. M. (2017). PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Negeri Sipil di RSUD Wangaya Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 2731. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i07.p05

Kasim Manda Luna dkk. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Servant Leadership Terhadap Komitmen Organizational Karyawan Single Fin Bar And Restaurant Di Kabupaten Badung. Prosiding Seminar Nasional AIMI, Vol.2;, 335–345.

Mira, W. S., & Meily Margaretha. (2019). Pengaruh Servant Leadership Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1401. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p09

Muji Rahayu, Yuniarsih, T., Disman, D., Sojanah, J., Nusannas, I. S., Mutmainnah, D., & Waskito, S. K. (2020). Pengaruh Servant Leadership Dan Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasional Di Universitas Swasta. Visipena, 11(2), 377–392. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1241

Nendah, Mulyantini, N., & Yustini, I. (2020). Pengaruh Servant Leadership terhadap Komitmen Organisasional (Studi pada Pegawai DISPARBUD Kabupaten Pangandaran). Bussines Management and Enterpreneurship Journal, 2(4), 63–79.

Pratama, E. Y., & Rahman, A. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Danservant Leadership terhadap Komitmen Organisasi pada Karyawan di Hotel Sapadia Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 7(1), 20–31.

Sayuti, N. L. (2019). Pengaruh Kepribadian Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Komitmen Organisasional Pada Dinas Kesehatan Kota Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 31–36. https://doi.org/10.35906/jm001.v4i2.278

Sirait, J. (2016). The Effect of Interpersonal Communication , School Organizational Culture , Job Satisfaction and Work Motivation to Organizational Commitment of the State Primary School Principals in North Tapanuli District. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 25(1), 363–388. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Tiur Asi Siburian. (2013). The Effect of Interpersonal Communication, Organizational Culture, Job Satisfaction, and Achievement Motivation to Organizational Commitment of State High School Teacher in the District Humbang Hasundutan, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, 3(12), 247–264.

Umar, H. (2005). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi.

Yukl. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics