Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi

Nurdiansyah Nurdiansyah, Andrew Ridow Johanis M, Abd. Azis, Rusdiaman Rauf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Pada Kantor Cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adakah kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara insedental pada Kantor Cabang di Jalan Sungai Saddang Lama Kompleks Lattanete Plaza Makassar. Penelitian adalah penelitian kualitatif dan teknik penentuan sampel secara insidental. Adapun teknik pengumpula data dalam penelitian ini di laksanakan dengan observasi secara langsung di Kantor Cabang Makassar melalui wawancara terhadap informan sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah diakibatkan karena kualitas produk yang baik terutama premi asuransi lebih murah, manfaat atau nilai sosialnya sangat berarti bagi nasabah. Sedangkan kualitas layanan dalam penggunaan teknologi dan sosial media perlu edukasi yang lebih intensif sehingga nasabah dapat menggunakan fasilitas dengan baik. Untuk mempertahan loyalitas nasabah, peralihan pelayanan dari staf kantor ke penggunaan teknologi dan sosial media harus terlebih dahulu di edukasi lebih insentif melalui pertemuan nasabah atau para agen harus mengajarkan secara langsung kepada nasabah.

Kata Kunci: Kepuasan; Loyalitas; Nasabah

Full Text:

Download PDF

References


Ari, P. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggang. Management Analysis Journal, 1(2), 120–128.

Finansial.bisnis.com, 21 Mei 2021. Industri Asuransi Lebih Resisten Hadapi Pandemi Ketimbang Krisis 2008.

Griffin, J. (2003). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, edisi revisi dan terbaru, Erlangga, Jakarta. Erlangga.

Investor.id, 21 september 2021. 22 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Terbaik 2021.

Jazuli, S. F. (2020). Pengaruh Nilai yang Diterima dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada Travel Umroh. Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 26-27 Agustus 2020, 1–6.

Kotler, Philip.; Amstrong, G. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran (edisi 2). Erlangga.

Kotler, P. (2002). Marketing Management, Millenium Edition (Tenth Edit). Pearson Custom Publishing.

Liputan6.com, Ngeri, Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Disebut Terburuk Dalam Sejarah. (n.d.). Liputan6.Com.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik (Pertama). Salemba Empat.

Rahmawati, R. (2014). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (Sebuah kajian terhadap bisnis makanan). Teknobuga, 1(1), 66–79. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/teknobuga/article/view/6404

Rauf, R., Wijaya, H., & Tari, E. (2021). Entrepreneurship education based on environmental insight: Opportunities and challenges in the new normal era. Cogent Arts and Humanities, 8(1), 0–15. https://doi.org/10.1080/23311983.2021.1945756

Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Vol.3, No(1), 64–79.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.

Wijaya, V. S., & Wismantoro, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Kepercayaan Nasabah Asuransi Jiwasraya Cabang Kudus. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 101–113. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i2.2276

www.kompas.id. 14 September 2021. Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Lebih Tinggi Dibanding Sebelum Pandemi.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics