Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UKM Yosu Preloved Di Kota Batam)
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah memberi kemudahan bagi para pelaku usaha untuk berbisnis. Satu diantaranya adalah dengan adanya pemasaran secara digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Penerapan digital marketing pada usaha sangat diperlukan untuk memperkenalkan usaha beserta dengan produk. Sama halnya dengan UKM Yosu Preloved yang bergerak pada bidang penjualan pakaian bekas yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh UKM Yosu Preloved serta kemajuan dari hasil implementasi yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, obersevasi, dokumentasi, beserta studi pustaka. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah mengembangkan media sosial yang sudah digunakan yaitu Instagram, WhatsApp Business, dan Facebook Business serta menambahkan strategi pemasaran lainnya seperti Google My Business, Google Maps, MailChimp, dan TikTok. Hasil dari kegiatan implementasi memberikan pengaruh positif terhadap usaha Yosu Preloved yang dapat diperhatikan melalui meningkatnya brand awareness, jangkauan pasar yang semakin luas, serta meningkatnya omset penjualan.
Kata Kunci: digital marketing; UKM; Yosu Preloved; media sosial
Abstract
The development of increasingly sophisticated technology has made it easier for business people to do business. One of them is digital marketing. The application of digital marketing in business is very necessary to introduce the business along with the product. It's the same with Yosu Preloved SMEs, which are engaged in selling second-hand clothes and use social media as a means of promotion. This study aims to find out how the implementation of digital marketing strategies carried out by Yosu Preloved SMEs and the progress of the results of the implementation carried out. This type of research is qualitative research with data collection techniques through interviews, observation, documentation, and literature study. The solution offered in this activity is to develop social media that have been used, namely Instagram, WhatsApp Business, and Facebook Business, and add other marketing strategies such as Google My Business, Google Maps, MailChimp, and TikTok. The results of the activity have a positive influence on Yosu Preloved's business which can be seen through brand awareness, wide market reach, and the implementation of sales turnover.
Keywords: digital marketing; SMEs; Yosu Preloved; social media
Full Text:
Download PDFReferences
Antara News. (2021). Pedagang baju bekas Pasar Senen raup omzet hingga Rp12 juta per hari. https://www.antaranews.com/berita/2152970/pedagang-baju-bekas-pasar-senen-raup-omzet-hingga-rp12-juta-per-hari
Azkiya, G. (2021). Fakta Menarik Tentang Trend Bisnis Jual Baju Bekas (Thrift Shop). https://blog.skillacademy.com/fakta-menarik-tentang-trend-bisnis-jual-baju-bekas-thrift-shop
Bala, D. M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339. http://www.ijmra.us
Daya Tumbuh Usaha. (2019). Peluang Besar di Bisnis Pakaian Bekas. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pemasaran/peluang-besar-di-bisnis-pakaian-bekas
Desai, D. M. V. (2019). Digital Marketing A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 196–200.
Kominfo. (2019). WhatsApp Kenalkan Literasi Privasi Dan Keamanan Digital. https://www.kominfo.go.id/content/detail/22824/kominfo-whatsapp-kenalkan-literasi-privasi-dan-keamanan-digital/0/sorotan_media
Kompas. (2021). Persaingan E-commerce Ketat, Shopee Unggul dalam Jumlah Kunjungan Pelanggan. https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul-dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing, Globa Edition (16th ed.). Pearson Education.
Kumparan. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Berjualan Pakaian Bekas Bermerek. https://kumparan.com/mochammad-iqbal-rizky/pemanfaatan-digital-marketing-dengan-berjualan-pakaian-bekas-bermerek-1xEpQrKhdSK/full
LEAVY, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches.
Okezone Economy. (2021). Kasus Covid-19 Menurun, Penjualan Baju Bekas Mulai Membaik. https://economy.okezone.com/view/2021/10/14/4/77012/kasus-covid-19-menurun-penjualan-baju-bekas-mulai-membaik
Thabit, T. H., & Raewf, M. B. (2018). The Evaluation of Marketing Mix Elements: A Case Study. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(4). https://doi.org/10.23918/ijsses.v4i4p100
Wisnuwardhani, L., Suyadi, I., & Sunarti. (2015). MELALUI MEDIA FACEBOOK ( Studi Pada Viee Second Kalla ). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1750
Refbacks
- There are currently no refbacks.