Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Merawat Tumbuhan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk menganalisa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan media terhadap hasil belajar pada tema merawat tumbuhan siswa kelas III SD Inpres Apela. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (PTK) yang didasarkan pada model Kemmis dan Mc Taggart. Desain penelitian menggunakan PTK tergantung dari berapa siklus yang dilalui peneliti hingga mendapatkan hasil yang diinginkan, kelas Pada model ini dengan siklus atau putaran terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi.
Hasil penelitian 1). Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek ini disamping guru menjelasan manfaat dari pembelajaran tersebut, peserta didik juga didorong untuk dapat membuat berbagai produk dari bahan seadanya atau dengan memanfaatkan barang bekas yang ada. motivasi dalam mengikuti pembelajaran. 2). Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan dua kali pembelajaran dimana pada pembelajaran pertama dan dianggap tidak berhasil karena nilai rata-rata tidak mencapai KKM yang sudah ditargetkan. Dan pada siklus kedua dianggap sudah berhasil karena mengalami peningkatan yang sangat memuaskan dan nilai rata-rata juga sudah berada diatas nilai KKM yang diharapkan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Siswa kelas III SDN Inpres 5/81 Apela
Full Text:
Download PDFReferences
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arif S. Sadiman Dkk. Media Pendidian Pengertian Pengembangan dan Manfaatya, ( Jakarta : pustekom Dikbud An PT. Raja Grafindo Persada 1984)
Aziz, Wahab. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Baron, Robert, A 2012. Psikologi sosial jilid 2. Jakrta: Erlangga
Barron, B.J., Schwartz, D.L., Vey, N.J., Moore, A., Petrosino, A., Zech, L., Bransford, J. D., & The Cognition and Technology Group at Vanderbilt. 1998. Doing with Understnading: Lessons from Research on Problem- and Project-Based Learning. The Journal of the Learning Science, 7, 271—311.
Bereiter, C. & Scardamalia, M. (1999). Process and product in PBL research. Toronto: Ontario Institutes for Studies in Education/University of Toronto.
Blumenfeld et al. 1991. Motivating project based learning: sustaining the doing, supporting the learning. Dala Educational Psychologist.
Boud dan Felleti 1997. Model pembelajaran berbasis masalah (online) http ://www.duniapembelajaran.com/2011/02/model-pembelajaran-berbasis-masalah.html/ [13 MARET 2022]
Caplin J.P. 2001. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Beljar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Doppelt, Y. 2005. Assessment Of Project Based Learning In A Mechatronics Context. Journl Of Technology Education. Vol 16. No. 2 Hal. 7-24.
Gagne’ dan Briggs, Wahab 2007. Model dan metode penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerlack. Vernom S.& Ely Donal P. 1980. Teaching and media a cystematic approach: second edittion. New jersey, U.S : Prentice-Hall.
Gora,Winastwan dan Sunarto. 2010. Hal.8 PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elx Media Komputindo
H. Daryanto 2008: Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Han, S., Capraro, R., & Capraro, M.M. (2014). How Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Project-Based-Learning (PBL) Affect High, Middle, and Low Achievers Differently: The Impact of Student Factors on Achievement. International Journal of Science and Mathematics Education. DOI: 10 1007/s10763-014-9526-0.
Heinich, R. Et al 2011. Instructional media and technologies for learning. Englewood Cliffs, N.J: Merrill
Hillgard. 2001. Belajar Berhubungan Dengan Tingkah Laku Seseorang. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda Miftahul. 2014. Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hutasuhut, saidun. 2010. Implementasi Pembelajarn Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan Pada Jurusan Manajemen FE UNIMED. Pekbis Jurnal, Vol.2 No.1, Maret 2010, 196-207196
Istarani. 2014. Model Pembelajaran Inofatif. Medan: Media Persada.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kurniasih, Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena
Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
National Education Association1969. Audiovisual Instriction Depertement, New Media And Collage Teaching. Washington, D.C: NEA
Olivia, Femi. 2013.5-7 Menit Asik Mind Mapping Kreatif. Jakarta : PT.Gramedia.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offiset.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1770
Refbacks
- There are currently no refbacks.