Analisis Perbandingan Metode Full Costing Dengan Variabel Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk Pada Percetakan Ayu Karawang
Abstract
Percetakan Ayu merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang grafis dan printing yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Dalam menentukan harga jualnya Percetakan Ayu melihat dari nilai pasar kemudian dipilih yang paling terkecil dari nilai pasar tersebut. Percetakan Ayu menetapkan presentase laba sebesar 5% dari biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode full costing dan variable costing sebagai dasar penentuan harga jual produk (Studi Kasus: Percetakan Ayu Karawang). Selain itu penulis mempunyai tujuan lain yaitu untuk memberikan masukan kepada manajemen dari pihak Percetakan Ayu dalam pengambilan keputusan, terutama dalam penetapan harga jual. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 10 jenis produk buku seperti buku tulis, buku memo, buku pelajaran, buku nota, buku kwitansi, buku invoice, buku perjanjian kerja bersama (PKB), buku peraturan perusahaan, buku bacaan dan buku memo. Alasan penulis memilih 10 sampel jenis buku tersebut karena berdasarkan pesanan yang paling banyak dipesan oleh konsumen. Penelitian penentuan harga jual menggunakan metode full costing dan variable costing, dimana data tersebut diperoleh dengan cara studi literatur, studi kasus dan wawan cara, dimana wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada perbedaan perhitungan harga jual perusahaan dengan perhitungan dengan menggunakan metode full costing dan variable costing. (2) berdasarkan perbandingan perhitungan harga jual antara metode full costing dengan metode variable costingmaka Percetakan Ayu dapat memilih metode variable costing untuk penentuan harga jual produk, karena metode variable costing memperhitungkan semua biaya – biaya yang digunakan baik dalam pembuatan, pemasaran maupun biaya untuk mengkoordinasi kegiatan dan biaya – biaya tersebut dikelompokkan berdasarkan perilaku biaya.
Kata Kunci: Harga Jual, Full Costing, Variabel Costing.
Abstract
Ayu Printing is a company engaged in graphics and printing that has many years of experience. In determining the selling price, Ayu's printing looks at the market value and then the smallest of the market value is chosen. Ayu Printing sets a percentage of profit of 5% of production costs. This study aims to determine the comparison of the full costing and variable costing methods as the basis for determining the selling price of the product (Case Study: Ayu Karawang Printing). Besides that the writer has another purpose, namely to provide input to the management of the Ayu Printing in making decisions, especially in determining the selling price. This study used a sample of 10 types of book products such as notebooks, memo books, textbooks, memorandum books, receipt books, invoice books, collective work agreements (PKB), company regulation books, reading books and memo books. The reason the writer chose 10 samples of this type of book was because it was based on the order most ordered by consumers. The study of selling price determination uses the full costing and variable costing method, where the data is obtained by means of literature study, case study and interview methods, where interviews are conducted directly with the parties concerned.The results showed that (1) there was a difference in the calculation of the company's selling price with the calculation using the full costing and variable costing methods. (2) based on the comparison of the selling price between the full costing and variable costing methods, the printing press can choose the variable costing methods to determine the selling price of the product, because the variable costing method takes into account all costs used both in making, marketing and costs to cordinate activities and costs in the group are based on cost behavior.
Keywords: Selling Price, Full Costing, Variabel Costing
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah, Fitra. 2015.Analisis Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Pembelian Mesin Printing Pada PT. Radja Digital Printing Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 3.No. 2.Hal.297-310. Universitas Mulawarman.
Dewi, Sofia Prima, dan Septian Bayu Kristanto. 2013. Akutansi Biaya. Edisi 2.InMedia. Bogor
Gunawan, Michael. 2009. Penentuan Harga Jual Perusahaan Dengan Metode Full Costing Pada PT. Danliris Di Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret.
Hermawan, Zensecom Andi. 2013. Analisis Pemisah Biaya Semi Variabel Pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) PG. Gondang Baru Klaten. Universitas Negeri Yoguakarta.
Hidayat, Gatot,dkk. 2011. Studi Perbandingan Nilai Laba Bersih Antara Metode Pencatatan Penyusutan Yang Dilakukan Perusahaan Dengan Undang-Undang (UU) Perpajakan No. 17 Tahun 2000. Jurnal Akutansi & Keuangan, Vol. 2. No. 1.Hal.43-60.
Irawati, Ratna. 2001. Analisis Penentuan Harga Jual Produk Kran Air Berdasarkan Metode Variable Costing Di Perusahaan Kuningan Tarindo juwana-pati. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Islaili, Nurul, dan Dini Widyawati. 2013. Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Caula Di Sidoarjo. Jurnal Ilmu & Riset Akutansi, Vol. 2. No. 8.
Kabib, Nur,dkk. 2017. Metode Variable Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk. Universitas Ahmad Dahlan.
Khasanah, Eka Nur. 2012. Penerapan Metode Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Batu Bara Pada PT. Energi Alam Sejahtera Di Samarinda. Universitas Mulawarman,
Mulyadi. 2011. Sistem Akutansi. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi. 2012. Akutansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mulyadi. 2014. Sistem Akutansi. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.
Noor, Henry Faiz Al. 2015. Ekonomi Manajerial. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rantung, Valentini,dkk. 2015. Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Variable Costing Dan Activity Based Costing Pada PT. Massindo Sinar Pratama Industri. Jurnal Emba,Vol.3.No.3.Hal.1341-1348. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Rayburn, L. Gayle. 1993. Cost Accounting Using A Cost Management Approuch. 5th Edition.
Samryn, L.M. 2012. Akutansi Manajemen Informasi Biaya Untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi Dan Investasi. Edisi 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari,Vanda Novita, dan Fazli Syam.2016. Analisis Penerapan Metode Variable Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Kecil Menegah (UKM) Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akutansi (JIMEKA), Vol. 2. No. 2.Hal.103-126.
Secapramana, Verlina H. 2001. Model Dalam Strategi Penetapan Harga. Vol. 9.No. 1.Hal.30-43. Universitas Surabaya.
Setiawan, Juniady Slamed. 2001. Kajian Terhadap Beberapa Metode Penyusutan Dan Pengaruhnya Terhadap Perhitungan Beban Pokok Penjualan (Cost Of Good Solid). Jurnal Akutansi & Keuangan, Vol. 3. No. 2. Hal. 157-173.
Supriyono, R.A. 1991. Akutansi Manajemen 3. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE.
Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Triyaswati, Yeni. 2009. Penentuan Harga Jual Produk Dengan Mempertimbangkan Biaya Kualitas Pada PT. Lambang Indah Rotan Sukoharjo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1813
Refbacks
- There are currently no refbacks.