Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Tagline "Gratis Ongkir" terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas: online customer review, online customer rating, dan tagline "gratis ongkir" terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna marketplace Shopee di Kota Semarang dengan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Berdasarkan olah data SPSS versi 25.0 diperoleh hasil, bahwa uji instrumen penelitian menunjukkan, bahwa semua indikator valid dan semua variabel reliabel. Berdasarkan Uji F secara simultan semua variabel bebas berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi dan Uji t menunjukkan, bahwa variabel online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel tagline "gratis ongkir" berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: online customer review, online customer rating, tagline "gratis ongkir", keputusan pembelian.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas: online customer review, online customer rating, dan tagline "gratis ongkir" terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna marketplace Shopee di Kota Semarang dengan sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Berdasarkan data SPSS versi 25.0 yang diperoleh, bahwa instrumen uji menunjukkan, bahwa semua indikator valid dan semua variabel reliabel. Berdasarkan Uji F secara simultan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi dan Uji t menunjukkan, bahwa variabel online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel tagline "gratis ongkir" berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords: online customer review, online customer rating, tagline "gratis ongkir", purchase decision.
Full Text:
Download PDFReferences
Akbar, Mohammad Aldrin, Sitti Nur Alam. (2020). E-Commerce: Dasar Teori dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.
Ananda Haniscara, Noky, Saino (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Generasi Muda Surabaya). Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5 (1), 533-543.
Ananda Haniscara, Noky, Saino (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Generasi Muda Surabaya). Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5 (1), 533-543.
Auli, Shoffi’ul, M. Ridwan Basalamah, Restu Millannintyas (2021). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10 (15), 111-121.
Azizi, Ferdian, Yateno (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon dan Tagline “Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB, Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1 (2).
Bekti Lestari, Fajar (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace di Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pancasakti Tegal.
Darno (2007). Evektivitas Tagline dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Mahasiswa Pengonsumsi Produk Rokok, Minuman Teh, dan Minuman Bersoda). Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Daulay, Nuraini (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi pada Masyarakat Kecamatan Medan Labuhan). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara.
Dzulqarnain, Iskandar (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Jember.
Effendi, Yutika Amelia, Ratih Ardiati Ningrum, et al (2021). Migrant Workers Empowerment: Literasi Digital untuk Pekerja Migran Indonesia. Airlangga University Press.
Ilmiyah, Khafidatul, Indra Krishernawan (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6 (1), 31-42.
Iprice. Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/ mapofecommerce/ Diakses pada 15 Desember 2021.
Istiqomah & Novi (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12 (2), 288-298.
Isvani Putri, Avieandra (2021). Pengaruh Online Customer Review, Rating dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian melalui Shopee. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Juliana Osak, Derby, Yusepaldo Pasharibu (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9 (4), 357-380.
Juliana Osak, Derby, Yusepaldo Pasharibu (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9 (4), 357-380.
Kusumawati, Anita (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Layanan Cash On Delivery (COD) terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Malang). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Nabila Ardin, Wulan (2020). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee terhadap Keputusan Pembelian Impulsif secara Online (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee di Universitas Sumatera Utara). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara.
Nadilla Hafizhah, Ayunna (2020). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir di Aplikasi Shopee terhadap Keputusan Belanja Online di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Nugrahani Ardianti, Asri, Dr. Widiartanto, M.AB (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). eJournal3Undip, 1-11.
Nurhaini Munte, Risma, Rosita Girsang, Andri Safitri (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and development, 8 (3), 187-192.
Putra, Eko (2020). Pengaruh Promosi melalui Sosial Media dan Review Produk pada Marketplace Shopee terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8 (3), 467-474.
Putri, Melisa (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Lazada di Kecamatan Rumbo Jaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Risanti, Dwita (2020). Pengaruh Iklan Tagline “Gratis Ongkir” Shopee terhadap Keputusan Berbelanja Online pada Masyarakat Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta.
Sri, Putri Ningsih, Eliska (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian secara Online pada Marketplace Shopee. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti, Sari, Donni Juni Priansa (2021). Analisis Promosi Penjualan Kupon Gratis Ongkos Kirim terhadap Perilaku Konsumtif (Survei pada Konsumen Marketplace Shopee di Kota Bandung Tahun 2021). Jurnal Manajemen Pemasaran, Telkom University, 7 (5), 1052-1059.
Yahya, Mahmud Simatupang (2019). Pengaruh Jaminan dan Online Reviews terhadap Minat Beli Konsumen pada Situs Penjualan Online Tokopedia (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2224
Refbacks
- There are currently no refbacks.