Pengaruh Program Corporate Social Responsibility “Bring Back Our Bottle” Terhadap Citra Perusahaan The Body Shop (Survey pada Konsumen The Body Shop)

Bunga Indraswari Irawan, Elvira Azis

Abstract


Abstrak

The Body Shop merupakan perusahaan yang terkenal dengan penerapan program Corporate Social Responsibility-nya. Salah satu program CSR yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bring Back Our Bottle (BBOB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) program Bring Back Our Bottle (BBOB) terhadap Citra Perusahaan The Body Shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat atau konsumen The Body Shop yang mengetahui program CSR Bring Back Our Bottle dengan sampel penelitian sebesar 100 responden yang diambil dari rumus Cochran. Data dalam penelitian diambil melalui kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji statistik, program Corporate Social Responsbility (CSR) Bring Back Our Bottle berpengaruh positif terhadap Citra Perusahaan The Body Shop. Selanjutnya, program CSR Bring Back Our Bottle memiliki kontribusi terhadap citra perusahaan The Body Shop sebesar 56,9% dan sisanya 43,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan, The Body Shop, Bring Back Our Bottle
Abstract
The Body Shop is a company that is well-known for its implementation of its Corporate Social Responsibility program. One of the CSR programs raised in this research is Bring Back Our Bottle (BBOB). The purpose of this study was to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) of the Bring Back Our Bottle (BBOB) program on The Body Shop's corporate image. The method used in this research is quantitative with descriptive research type. The population of this research is the community or consumers of The Body Shop who know about the Bring Back Our Bottle CSR program with a research sample of 100 respondents taken from the Cochran formula. The data in the study were taken through a questionnaire which was then analyzed using simple linear regression analysis. Based on the results of statistical tests, the Bring Back Our Bottle Corporate Social Responsibility (CSR) program has a positive effect on The Body Shop's Corporate Image. Furthermore, the Bring Back Our Bottle CSR program contributed 56.9% to The Body Shop's corporate image and the remaining 43.1% was explained by other variables outside of this study.
Keywords: Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan, The Body Shop, Bring Back Our Bottle

Full Text:

Download PDF

References


Ariastini, N. N., & Semara, I.M.T. (2019). Implementasi Konsep Triple Bottom Line dalam Program Corporate Social Responsibility di Hotel Alila Seminyak, Vol. 9 No. 2, 162-163. Retrieved from Jurnal Ilmiah Hospitality Management.

Arienanda, Dewangga Wisnu. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) di Taman Cikapayang-Dago Terhadap Citra Perusahaan (Studi pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) – Cabang Bandung Tahun 2019. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Telkom Bandung: Tidak Diterbitkan.

Aryawan, M., Rahyuda, I.K., & Ekawati, N.W. (2017). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) Terhadap Citra Perusahaan, Vol. 6 No. 2, 604. Retrieved from E-Jurnal Manajemen Unud.

Biz.kompas.com. (2019). Raih Best Companies to Work The Body Shop Indonesia Buktikan Kinerja Terbaiknya. [online]. https://biz.kompas.com/read/2019/07/19/155608428/raih-best-companies-to-work-the-body-shop-indonesia-buktikan-kinerja-terbaiknya [20 Juli 2022].

Chen, C., et al. (2021). The Role of Corporate Social Responsibility and Corporate Image in Times of Crisis: The Mediating Role of Customer Trust, 18(8275), 1 – 20. Retrieved from Int. J. Environ. Res. Public Health.

Christy, Arinda. (2016). Enrich Not Exploit (It’s in our hand) Jadi Komitmen Baru The Body Shop. [online]. https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/4/2016/10008/enrich-not-exploit-its-in-our-hand-jadi-komitmen-baru-the-body-shop [1 Desember 2021].

Efita, Reni. (2016). The Body Shop Luncurkan Strategi CSR, Ini 14 Komitmen Barunya. [online]. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20160213/240/518831/the-body-shop-luncurkan-strategi-csr-ini-14-komitmen-barunya [2 Desember 2021].

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiyuda, Primanda. (2019). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan (Survei pada Konsumen The Body Shop Indonesia di Wilayah Jakarta). Disertasi Mahasiswa pada Universitas Telkom Bandung Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hadyan, Fakhri. (2020). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) oleh PT. Semen Tonasa Terhadap Citra Positif Perusahaan di Kalangan Masyarakat Salebbo Kel. Sapanang Kec. Bungoro Kab. Pangkep. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Telkom Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hardiani, H. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Brand Image (Citra Perusahaan) Studi Pada PT. Bank BRI Tbk (Persero) Cabang Makassar, Vol 1 No 1, 53-54. Retrieved from Jurnal Imiah Bongaya (Manajemen & Akuntansi).

Harni, Dwi. (2018). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, Melalui Program Pasar Sejahtera di Daerah Pekalongan Terhadap Citra Perusahaan. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Telkom Bandung: Tidak Diterbitkan.

Harni, D., & Aziz, E. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT. Bank Danamon Indonesia Tbk., 17(3), 150 – 158. Retrieved from Jurnal Wacana Ekonomi.

Hoetomo, Martwan Noer. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan dan Persepsi Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PO. Efisiensi di Yogyakarta. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.

Hsu, S. (2018). The Effects of Corporate Social Responsibility on Corporate Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty: An Empirical Study on the Telecommunication Industry, The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(5) 4693 – 4703.

Kaokab, Faturohman. (2012). Analisis CSR Sebagai Pembentuk Corporate Brand Image dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Jakarta. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Esa Unggul Jakarta: Tidak Diterbitkan.

Kartikasari, Novia D., et al. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan Multinasional (Survei Pada Konsumen Unilever di Indonesia Mengenai Program “Project Sunlight” PT Unilever Indonesia Tbk.), Vol. 44 No. 1, 8-16. Retrieved from Media Neliti.

Margaretha, L., Sari, A., & Toni, A. (2020). Perencanaan dan Evaluasi Public Relations Program CSR Bring Back Our Bottle pada Perusahaan The Body Shop Indonesia, Volume 2 No 1, 3-4. Retrieved from Jurnal Pewarta Indonesia.

Mekel, Peggy Adeline. (2014). Etika Bisnis: Jejak CSR Perusahaan Tambang di Indonesia. Yogyakarta: Graha Cendekia.

M, Jogiyanto H. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis (Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Nadiladara. (2016). The Body Shop Enrich Not Exploit: Lebih Dari Sekedar Jargon. [online]. https://editorial.femaledaily.com/blog/2016/04/14/the-body-shop-enrich-not-exploit-lebih-dari-sekadar-jargon [1 Desember 2021].

Naufalia, V. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk., v. 2, n. 2, p. 109-116. Retrieved from Jurnal Utilitas.

Oscar, B., & Gianina, M. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan JNE Cabang Utama Purwakarta, Volume 11, Nomor 1. Retrieved from PRO MARK Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Prastyo, W.L., & Pramudana, KM. A.S. (2016). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility, Kualitas Merek dan Reputasi CSR Terhadap Preferensi Merek, Vol. 5, No. 11, 6950-6952. Retrieved from E-Jurnal Manajemen Unud.

Pratama, G.W.S., & Nurcaya, I.N. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Ekuitas Merek yang Dimediasi oleh Citra Perusahaan, Vol. 5 No. 7, 4253. Retrieved from E-Jurnal Manajemen Unud.

Primatama, Jose Felix. (2018). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan PT. PP Melalui Penerapan ‘Green Construction” dalam Pembangunan Newpriok di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Telkom Bandung: Tidak Diterbitkan.

Qodryati, Nur. (2018). Dampak Implementasi Corporate Social Responsibility Syariah Dengan Basis Triple Bottom Line Terhadap Citra dan Nilai PT. Bank Muamalat Cabang Makassar. Disertasi Mahasiswa pada Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar: Tidak Diterbitkan.

Riduwan., & Kuncoro, E. A. (2014). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jurnal) (Cetakan Keenam). Bandung: Alfabeta.

Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sebayang, I.E.S., & Nurhaida, T. (2022). Analisis Corporate Social Responsibility Terhadap Citra PT. Bank DKI Cabang Medan, Volume 2 No. 1, 161-163. Retrieved from Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi.

Setiawan, Wawan. (2016). The Body Shop Luncurkan Kampanye Terbaru New Commitment. [online]. https://mix.co.id/marcomm/news-trend/the-body-shop-luncurkan-kampanye-terbaru-new-commitment/ [2 Desember 2021].

Setyono, P., & Puspita, A.B. (2019). The Effects of Corporate Social Responsibility (CSR) Toward Corporate Image and Customer Response (A Case Study in Waroeng Group Yogyakarta), 313 – 333. Retrieved from Proceeding UII-ICABE.

Sinambela dan Sinambela. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. (2021). Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah Tahun 2021. [online]. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/ [16 Januari 2022].

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaban, M., & Ratnaningrum, E. Statistika Penelitian. Bandung: Informatika.

Text-id.123dok.com. (2021). The Body Shop Indonesia. [online]. https://text-id.123dok.com/document/dzx9n3p4z-the-body-shop-indonesia.html [9 Oktober 2021].

The Body Shop. (2020). Bring Back Our Bottle. [online]. https://www.thebodyshop.co.id/stories/bring-back-our-bottle [9 Agustus 2021].

The Body Shop. (2020). Profile The Body Shop. [online]. https://www.thebodyshop.co.id/about-us [9Agustus 2021].

Top Brand Award. (2022). Top Brand Index The Body Shop. [online]. https://www.topbrand-award.com/topbrand%20index/?tbi_find=the%20body%20shop [20 Juli 2022].

Ulum, B., Arifin, Z., & Fanani, D. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending-Probolinggo), Vol. 8 No. 1, 4. Retrieved from Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya.

Untung, Budi. (2014). CSR Dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Utama, Doni Putra. (2017). Analisa Pengaruh Penerapan 3P (Profit, People, Planet) Pada Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Saipem Indonesia (Studi Kasus Pada PT. Saipem Indonesia Karimun Branch), Vol 11 No 75, 225-226. Retrieved from Menara Ilmu.

Vegawati, Silvania M., et al. (2015). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Survey Pada Warga Di Desa Sidodadi Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang), Vol. 20, No. 1, 1-6. Retrieved from Media Neliti.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.

Wicaksono, B.P., & Azis, E. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility Serta Pengaruhnya Terhadap Corporate Image pada PT. Ultrajaya di Kabupaten Bandung Barat, Vol. 5 No. 3. Retrieved from e-Proceeding of Management Telkom.

Widjaya, K., & Hartono, W. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli pada Perusahaan CV. Mahkota Citra Mandiri, Volume 5 No. 3, 187. Retrieved from PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis.

Wijaya, H.F. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Suevei pada Masyarakat Penerima Program CSR PT. PINDAD (Persero) di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Disertasi Mahasiswa pada Universitas Brawijaya Malang: Tidak Diterbitkan.

Wikipedia.org. (2021). The Body Shop. [online]. https://id.wikipedia.org/wiki/The_Body_Shop [16 Januari 2022].




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics