Pengaruh Financial Technology, Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z di Era Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur
Abstract
Financial technology, literasi keuangan serta sikap keuangan yaitu bgaian dari faktor yang mempunyai pengaruh untuk perilaku dari keuangan, studi ini berguna mngetahui konsep akan financial technolog, literasi keuangan serta sikap keuangan. Generasi Z mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki perilaku keangan yang berbeda-beda, dengan banyaknya mall dan aplikasi pembayaran online tentu saja memudahkan mahasiswa untuk berbelanja tanpa berfikir panjang. Hal tersebut tentu saja dapat membuat mahasiswa terjebak dalam sikap kosumtif sehingga diperlukan sikap serta literasi akan keuangan bagus sehingga perilaku akan keuangan mahasiswa juga bagus. Populasi dalam studi ini merupakan semua Mahasiswa Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur aktif pada tahun ajaran 2021-2022 dengan total 1643 Mahasiswa, perhitungan untuk sampel menggunakan rumus slovin sehingga mendapatkan jumlah 94 responden. Pada studi ini memakai metode kuantitatif dengan menggunakan structural equation modelling serta PLS digunakan untuk alat anakisis. Perolehan pada studi ini menampilkan jika variabel financial technology (X1) tidak mempunyai pengaruh secara signifikan positif akan perilaku keuangan (Y). Variabel literasi keuangan (X2) mempunyai pengaruh secara signifikan positif akan perilaku keuangan (Y). Sedangkan sikap keuangan (X3) mempunyai pengaruh secara signifikan positif akan perilaku keuangan (Y).
Kata Kunci : Financial Technology; Literasi Keuangan; Perilaku Keuangan; Sikap Keuangan.
Abstract
Financial technology, financial literacy and financial attitudes are part of the factors that have an influence on financial behavior, this study is useful in understanding the concepts of financial technology, financial literacy and financial attitudes. Generation Z students of UPN “Veteran” Jawa Timur have different financial behavior, with many malls and online payment applications, of course, making it easier for students to shop without thinking. This of course can make students trapped in a consumptive attitude so that good financial attitudes and literacy are needed so that students' financial behavior is also good. The population in this study are all active East Java UPN “Veteran” Management Students in the 2021-2022 academic year with a total of 1643 students, the calculation for the sample uses the slovin formula so that it gets a total of 94 respondents. This study uses quantitative methods using structural equation modeling and PLS is used for analytical tools. The results of this study show that the financial technology variable (X1) does not have a significant positive effect on financial behavior (Y). Financial literacy variable (X2) has a significantly positive influence on financial behavior (Y). Meanwhile, financial attitude (X3) has a significantly positive influence on financial behavior (Y).
Keywords : Financial Attitude; Financial Behavior; Financial Literacy; Financial Technology.
Full Text:
Download PDFReferences
Anderson, C., Kent, J., Lyter, D. M., Siegenthaler, J. K., & Ward, J. (2000). Personal finance and the rush to competence: Financial literacy education in the US. Journal of Family and Consumer Sciences, 107(2), 1–18.
Anisyah, E. N., Pinem, D., & Hidayati, S. (2021). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan pelaku UMKM di Kecamatan Sekupang. MBR (Management and Business Review), 5(2), 310–324.
Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2012). Measuring financial literacy: Results of the OECD/International Network on Financial Education (INFE) pilot study.
Dai, R. M., Kostini, N., & Tresna, P. W. (2021). The influence of financial attitude and financial literacy on behavioral finance: A study on leading small and medium enterprises in Cimahi City, Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 10, 322–329.
Dewanti, M. C., Rosyanti, D. M., & Khoirotunnisa, F. (2022). External Locus Of Control, Financial Attitude, Dan Financial Management Behavior. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 471–478.
Durvasula, S., & Lysonski, S. (2007). Money attitudes, materialism, and achievement vanity: An investigation of young Chinese consumers’ perceptions.
Erlangga, M. Y., & Krisnawati, A. (2020). Pengaruh fintech payment terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 53–62.
Fadilah, S. J., & Purwanto, E. (2022). Pengaruh Locus of Control, Perencanaan dean Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan UMKM. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1487–1499.
Ferdiansyah, A., & Triwahyuningtyas, N. (2021). Analisis Layanan Financial Technology Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 223–235.
Gomber, P., Koch, J.-A., & Siering, M. (2017). Digital Finance and FinTech: current research and future research directions. Journal of Business Economics, 87(5), 537–580.
Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh financial attitude, financial knowledge, parental income terhadap financial management behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3).
Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Fed. Res. Bull., 89, 309.
Hung, J.-L., & Luo, B. (2016). FinTech in Taiwan: a case study of a Bank’s strategic planning for an investment in a FinTech company. Financial Innovation, 2(1), 1–16.
Lusardi, A., Mitchell, O., & Curto, V. (2010). Financial Literacy among the Young: Journal of Consumer Affairs.
Medan, K. (2022). Improving Financial Management Behavior Through Financial Attitude, Financial Knowledge, And Financial Technology in Students STIE Graha.
Mukti, V. W., Rinofah, R., & Kusumawardhani, R. (2022). Pengaruh fintech payment dan literasi keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan mahasiswa. AKUNTABEL, 19(1), 52–58.
Nababan, D., & Sadalia, I. (2013). Analisis personal financial literacy dan financial behavior mahasiswa strata I fakultas ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(1), 1–16.
Noctor, M., Stoney, S., & Stradling, R. (1992). Financial Literacy, a report prepared for the National Westminster Bank. National Foundation for Educational Research, London.
Pankow, D. (2003). Financial values, attitudes and goals.
Pertiwi, T. K., & Purwanto, E. (2021). Analysis Of Adopting Millennial Generation Financial Technology (Fintech) Services. International Journal of Business Management and Economic Review.
Rahardjo, B., & Indonesia, D. P. A. F. T. (2017). Fintech: Layanan Baru, Ancaman Baru. Ekonomi. Kompas. Com.
Rahmah, D. N. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan driver Gojek: Studi kasus Komunitas Gojek Area Barat di Surabaya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Shim, S., Xiao, J. J., Barber, B. L., & Lyons, A. C. (2009). Pathways to life success: A conceptual model of financial well-being for young adults. Journal of Applied Developmental Psychology, 30(6), 708–723.
Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap perilaku penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).
Silvy, M., & Yulianti, N. (2013). Sikap pengelola keuangan dan perilaku perencanaan investasi keluarga di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 57–68.
Sugiyanto, T., Radianto, W. E. D., Efrata, T. C., & Dewi, L. (2019). Financial literacy, financial attitude, and financial behavior of young pioneering business entrepreneurs. 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019), 353–358.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., & Nelwan, E. J. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.
Syaliha, A., Sutieman, E., Pasolo, M. R., & Pattiasina, V. (2022). The Effect of Financial Literacy, Life Style, Financial Attitude and Locus of Control to Financial Management Behavior. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 3(1), 52–71.
Tukan, B. A. P., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Dosen. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi I.
Wati, L., & Panggiarti, E. K. (2021). Analisis Penggunaan Financial Technology, Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Pelaku Usaha Online. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(2), 121–130.
Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh inklusi keuangan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di kecamatan moyo utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Zahriyan, M. Z. (2016). Pengaruh literasi keuangan dan sikap terhadap uang pada perilaku pengelolaan keuangan keluarga. STIE Perbanas Surabaya.
Zahroh, F., & Pangestuti, I. R. D. (2014). Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semester 3 dan Semester 7. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Zarkasyi, M. I., & Purwanto, E. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Guru Taman Kanak-Kanak. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 290–307.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2301
Refbacks
- There are currently no refbacks.