Pengaruh Iklan Dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazada (Studi Kasus pada Konsumen Lazada di Kota Medan)

Khevin Insan Hutahaean, Nuslih Jamiat

Abstract


Abstrak
Perkembangan internet menciptakan peluang bisnis baru pada saat ini.salah satunya adalah e-commerce Iklan dan brand image sebagai variabel idependen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh iklan dan brand image terhadap keputusan pembelian pada konsumen Lazada Di kota Medan, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan regresi linier berganda.Penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling sedangkan teknik yang dipilih yaitu teknik Purposive sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan khusus. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner.Berdasarkan hasil pengolahan data maka diketahui bahwa tanggapan konsumen pada iklan Lazada sebesar 71,85%, variabel brand image Lazada sebesar 74,16% dan variabel keputusan pembelian 74,27% yang semuanya pada kategori tinggi dan berdasarkan hasil pengujian terdapat pengaruh secara parsial dengan signifikan variabel X1 dan X2 < 0,05 juga terdapat pengaruh secar simultan sebesar 67,4%. Kesimpulannya iklan dan brand image terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci: Advertising, Brand image,Purchase decision,Lazada
Abstract
The development of the internet creates new business opportunities at this time. One of them is e-commerce Advertising and brand image are the independent variables and purchasing decisions are the dependent. This study aims to determine and analyze how the influence of advertising and brand image purchasing decisions on Lazada consumers In the city of Medan, this uses quantitative methods, and the data regression analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear analysis. The technique of choice is the purposive sampling technique where the technique determines the sample based on special considerations. The instrument used in this study is a questionnaire. Based on the results of data processing, it is known that consumer responses to Lazada advertisements are 71.85%, Lazada brand image variables are 74.16% and purchase decision variables are 74.27%, all of which are in the high and low categories. based on the test results there is a partial effect with a significant variable X1 and X2 <0.05, there is also a simultaneous effect of 67.4%. In conclusion, advertising and brand image have a significant positive effect on purchasing decisions partially or simultaneously.
Keywords: Advertising, Brand image, Purchase decisions, Lazada.

Full Text:

Download PDF

References


Aziky, A., & Masreviastuti. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.Co.Id. Jurnal Aplikasi Bisnis.

Bangun, A. A. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Smartphone Oppo Di Kota Medan) . Universitas Sumatra Utara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 8th Edition . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponeogoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23. Edisi 8. Semmarang: Badan Penerbit Universitas Diponoegoro.

Hootsuite, W. &. (2021). Wearesocial & Hootsuite. Retrieved From Https://Wearesocial.Com

Index, G. W. (2019). Global Web Index. Retrieved From Www.Gwi.Com

Iprice. (2021). Iprice. Retrieved From Https://Iprice.Co.Id

Jpmorgan.Com. (2021). Jpmorgan.Com. Retrieved From Www.Jpmorgan.Com

Kompas.Com. (2018). Kompas.Com. Retrieved From Kompas.Com

Machine, M. (2019). Merchantmachine.Co.Uk. Retrieved From Https://Merchantmachine.Co.Uk/

Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K-Pop Terhadap Keputusan Pembelian . Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics