Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Waropen di Era Revolusi 4.0

Neli D. Tebai, Andries Lionardo, H. Azhar

Abstract


Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Waropen – Provinsi Papua di Era Revolusi 4.0. Dampak kualitas pelayanan perpustakaan yang ada di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah dapat berbeda dengan yang terjadi di kabupaten Waropen. Dimana masih terdapat banyak kekurangan seperti luas gedung perpustakaan yang terdiri dari ruang koleksi, ruang baca, ruang kepala kantor, ruang administrasi, ruang pengolahan, ruang penyimpanan arsip dan dokumentasi, ruang staf, ruang diskusi atau ruang rapat, ruang baca referensi, toilet dan parkiran. Penelitian ini akan di analisis menggunakan teori dimensi mutu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan perpustakaan daerah waropen kurang baik dan belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (NSP) 003:11, belum efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pengunjung/pemustaka. Adapun saran peneliti Bagi Perpustakaan Daerah Kabupaten Waropen Papua yaitu kepala bidang pengelolaan harus saling tetap menjaga koordinasi dengan kepala dinas, kepala daerah untuk tetap memajukan kualitas perpustakaan daerah, selain itu juga perlu ditingkatkan lagi tentang sarana dan prasarana dan sumber daya aparatur pengelola perpustakaan juga menerapkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) 003:11 semuanya itu dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan yang saat ini telah dinilai kurang baik
Kata kunci : Kualitas Pelayanan; Perpustakaan; Revolusi.

Full Text:

Download PDF

References


Bondar, A. (2019). Analisis pembangunan bidang perpustakaan terhadap peningkatan kualitas manusia dan penurunan kemiskinan. Media Pustakawan, 26(2), 72-80.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Karim, A. (2019, March). The Effect of" Axis Hits Bonus" Version Tagline Advertising and Ambassador Brand Against Axis Cards Awareness. In First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 63-66). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.13

Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Karim, M. S., & Togubu, J. (2022). Penerapan Pencatatan Akuntansi Keuangan Pada UKM Lokal Kota Tidore Kepulauan Berdasarkan Akuntansi Entitas. Jurnal Mirai Management, 7(2), 120-128.

Keputusan Menpan No: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jakarta. Indonesia.

Kotler, Philip. (1994). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control 9 th edition. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Lembaga Administrasi Negara. (2003). Penyusunan Standar Pelayanan Publik. Jakarta: LAN.

Lionardo, A. (2020). The nurses role in educating the prevention of transmission of the covid-19: A study on improving the healthy living among urban communities. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(2).

Lionardo, A. (2020). The Quality Effect of Digital-Based Signature Services on the Performance of the District Government (Similarity). Webology, 17(2).

Lionardo, A., Kurniawan, R., & Umanailo, M. C. B. (2020). An effectiveness model of service policy of building permit (IMB) based on a green spatial environment in palembang city. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 2588-2596).

Lovelock. (2004). Service Marketing. Singapura: Prentice Hall.

Lukman, Sampara. (1998). Reformasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Widya Praja No. 13. Jakarta: IIP Depdagri.

Miles., & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moenir, H.A.S. (1998). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumo Aksara.

Moleong, Lexy. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasirin, C., & Lionardo, A. (2021). Decentralization, public services and neglected children in Mataram City, West Nusa Tenggara. Research Horizon, 1(2), 55-61.

Patra, N. K. (2017). Digital Disruption and Electronic Resources Management in Libraries. Elsevier: Chandos Publishing. Diakses 23 Agustus 2021.

Peraturan Bupati Waropen Nomor 17. Tahun 2018. Tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Serta Uraian tugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Waropen. Provinsi Papua. Indonesia.

Permatasari, T. I. (2019). Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Swot Dan Service Quality di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Batu (Doctoral dissertation, ITN MALANG).

Sabrang, M., Tjanring, A. R., Ilyas, G. B., Gusti, Y. K., Yusriadi, Y., Lionardo, A., & Nasirin, C. (2021). Analysis of service quality with intellectual capital and social capital through the quality of human resources which has an impact on customer satisfaction. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 7208-7214).

Saptawan, A. (2009). Pengembangan Praktik Pelayanan Prima dalam Kebijakan Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 114–122.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, I., Muhammad, P. N., & Karim, A. (2022). Analisis Kinerja Anggaran Belanja pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2018-2020. YUME: Journal of Management, 5(2), 170-177.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007. Tentang Perpustakaan. Jakarta. Indonesia.

Yanti, N., Hendarso, Y., & Nengyanti, N. (2022). Transformasi Spasial di Kota Ternate. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 338-350.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics