Analisis Strategi Persaingan kualitas Pelayanan pada UKM Laundry (Studi Kasus pada Bless Laundry Manado)
Abstract
Bisnis laundry merupakan salah satu jenis UKM dalam industri rumahan bidang jasa yang sedang berkembang saat ini. Permintaan terhadap bisnis laundry ini semakin meningkat terutama bagi para pekerja/pegawai hingga mahasiswa yang memiliki kesibukan setiap harinya. Sehingga jasa laundry menjadi salah satu alternatif untuk menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan membahas permasalahan untuk menentukan faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman berdasarkan analisis internal, eksternal, dan kualitas pelayanan yang kemudian menetukan rumusan strategi bersaing yang relevan bagi perusahaan jasa laundry khususnya Bless Laundry berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Bless Laundry Manado Berdasarkan hal tersebut peneliti menyarankan strategi bersaing yang dapat diterapkan Bless Laundry dalam menghadapi persaingan sesuai dengan keadaan yang ada yaitu intensive strategis khusunya strategi penetrasi pasar (market penetration). Strategi penetrasi pasar (market penetration) dapat diterapkan oleh Bless Laundry melalui Matriks SWOT dengan menerapkan strategi promosi. Strategi promosi dapat dilakukan dengan cara memperluas wilayah promosi dan memanfaatkan kekuatan teknologi yaitu internet sebagai sarana promosi, menerapkan reward kepada para pelanggan untuk menjaga loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru.
Kata kunci : Strategi Bersaing, Analisis Internal, Analisis Ekternal, Kualitas Pelayanan.
Full Text:
Download PDFReferences
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Boyd, H. W., & dkk. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Cooper , D. R., & Emory, C. W. (1996). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 5 Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Coulter, M., & Robin, S. P. (2010). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Dirgantoro, C. (2001). Manajemen Stratejik: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
Glaser, B. G., & Strauss, A. L. (1967). The Discovery of Grounded Theory. Chicago: Aldine Publishing Company.
Glueck, & Jauch. (2000). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Hariadi. (2005). Strategi Manajemen. Jakarta: Bayumedia Publishing.
Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2001). Manajemen Strategis Daya Saing dan Globalisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Hunger, D. K. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Jatmiko, R. (2004). Manajemen Strategik, Edisi Pertama. Malang: EMM Press.
Jenny, N. K (2020). Internasional jurnal of Business and Internasional Management. Lifestyle and consumers’ choice of laundry services in Manado city.
Jenny, N. K (2019). Journal of Internasional conference proceedings. Analysis of small and medium enterprises on incresing income
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran: Analisis, Pemecahan, Implementasi, dan Pengendalian . Jakarta: Erlangga.
Kottler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks.
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif? Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oentoro, D. (2002). Manajemen Pemasaran. . Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang: Kharisma Publishing Group.
Purwanto, I. (2006). Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Sofyan Indris, I. P. (2015 ). Internal And External Environment Analysis On The Performance Of Small And Medium Industries (Smes) In Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research, Volume 4, Issue 04, page:18-196.
Spradley, J. P. (1980). The Participation Observation. New York: Reinhart & Winston.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, d. D. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
W.A.D.S.WIJETUNGE. (2016). Service Quality, Competitive Advantage and Business. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 6, Issue 7, page:720-728.
Wahjono, & Imam, S. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2401
Refbacks
- There are currently no refbacks.