Dampak Minat Beli pada Platform Shopeefood
Abstract
Teknologi yang berkembang sangat pesat menyebabkan masyarakat merasa lebih dimudahkan untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah platform Shopeefood yang menyediakan layanan pesan antar makanan. Platform Shopeefood tersebut merujuk kepada jual beli suatu merchant makanan ataupun minuman dengan memanfaatkan internet dan gadget sebagai medianya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatuhi pengaruh dari variabel Promosi Penjualan (X1), Kemudahan Pengunaan (X2) terhaadap Minat Beli (Y) Pada Platform Shopeefood Di Wilayah Kota Surabaya Barat. Menggunakan teknik purposive sampling sebagai penemtuan pengambilan sampel berdasarkan standar. sistem SEM Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai alat bantu untuk menganalisis. Penelitian ini yamenunjukkan bahwa variabel Promosi Penjualan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y). Sedangkan hasil untuk variabel Kemudahan Penggunaan (X2) berpengaruh tidak siginikan positif terhadap variabel Minat Beli (Y).
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Minat Beli
Abstract
Technology that is developing very rapidly makes it easier for people to meet their needs, one of which is the Shopeefood platform which provides food delivery services. The Shopeefood platform refers to buying and selling food or beverages at merchants who use the internet and gadgets as a medium. The purpose of this study was to determine the effect of Sales Promotion (X1), Ease of Use (X2) variables on Purchase Interest (Y) on the Shopeefood Platform in West Surabaya City. The sampling technique used is purposive sampling, namely the determination of samples taken based on standards. This study uses the SEM Partial Least Square (PLS) system as an analytical tool. The results of this study indicate that the Sales Promotion variable (X1) has a significant positive effect on the Purchase Interest variable (Y). While the results of the Ease of Use variable (X2) have a positive and insignificant effect on the Purchase Interest variable (Y).
Keywords: Sales Promotion, Ease of Use, Purchese Interset.
Full Text:
Download PDFReferences
Agdhanni, F. P., & Wardhani, N. I. K. (2022). Tingkat Kepuasan Nasabah Penggunaan Mobile Banking Pada Pt Bank Mandiri. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 188-194.
Darmanto, A., Pradiani, T., & Ruspitasari, W. D. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli di Bukalapak. com. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1), 20-33.
DATABOOKS. “10 E-Commerce Dengan Pengunjung Web Bulanan Tertinggi (Kuartal II-2021),” 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/122881/bukan-shopee-tokopedia-juara-e-commerce-terpopuler-kuartal-ii-2021.
Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2).
Fransiscus, B., & Husda, N. E. (2022, January). Pengaruh Brand Image, Promosi Penjualan Dan Duta Merek Terhadap Minat beli Konsumen E-Commerce Blibli Pada Masyarakat Kota Batam. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (No. 4, pp. 536-541).
Gozali, I. Structural Equetion Modelling (Edisi II). Semarang: Universitas Diponegoro, 2008.
Hutapea, H., & Purwanto, S. (2022, March). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan-Sinta 4 (Vol. 11, No. 2, pp. 168-174).
Khotimah, K., & Febriansyah, F. (2018). Pengaruh kemudahan penggunaan, kepercayaan konsumen dan kreativitas iklan terhadap minat beli konsumen online-shop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 19-26.
Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica, 4(2), 201-202.
“Pesan-Antar Makanan Makin Semarak, Grab Merajai Pasar - Startup Katadata.Co.Id.” Accessed June 26, 2022. https://katadata.co.id/padjar/digital/6215cc5ff0fad/pesan-antar-makanan-makin-semarak-grab-merajai-pasar.
“Promo ShopeeFood Bermasalah - Media Konsumen.” Accessed June 26, 2022. https://mediakonsumen.com/2022/03/20/surat-pembaca/promo-shopeefood-bermasalah/amp.
Putri, Kibiyana Cempaka Aditama, M. Ridwan Basalamah, and Rahmawat. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengguna E-Commerce Sociolla Di Kota Malang) Oleh.” E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 2016, 82–94.
Rozana, Y., & Nugraha, H. S. (2017). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Beli Secara Online Di Situs E-Commerce Lazada (Studi pada Pengguna Situs Lazada. id di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 1-11.
Sebayang, Aldhisa Amanda. “Pengaruh Risiko, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking (Studi Pada Pengguna Layanan Mobile Banking Bank Mandiri Di Kota Bandar Lampung).” Accessed June 26, 2022.
https://text-id.123dok.com/document/lq53m5gz-pengaruh-risiko-kemudahan-penggunaan-kepercayaan-dan-electronic-word-of-mouth-terhadap-penggunaan-layanan-mobile-banking-studi-pada-pengguna-layanan-mobile-banking-bank-mandiri-di-kota-bandar-lampung.html.
Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.
“Shopee - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.” Accessed June 26, 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee.
Tjiptono, F., & Chandra, G. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi, 2017.
“Voucher Shopee Food Bejibun, Tapi Banyak Orang Kebingungan Dengan Tampilan Aplikasi Yang Ruwet - Mojok.Co.” Accessed June 26, 2022.
https://mojok.co/pojokan/voucher-shopee-food-bejibun-tapi-banyak-orang-kebingungan-dengan-tampilan-aplikasi-yang-ruwet/.
Wardhani, N. I. K., Izaak, W., & Yohanes, M. (2020). Analysis of OCR’s Factor and Sales Promotion on E-commerce. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 3(2), 127-132.
Wildan, Mohammad. “Pengaruh Harga, Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNISMA).” Jurnal Riset Manajemen, 2018, 103–16. www.fe.unisma.ac.id.
Yasmin, D., Wardhani, N. I. K., & Fitriyah, Z. (2022). Minat Beli Konsumen Kaum Millenial Pada Baju Batik Di Surabaya. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 19-24.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2406
Refbacks
- There are currently no refbacks.