PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MEGA, TBK CABANG MAKASSAR DAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya dengan jumlah populasi sebanyak 300 orang nasabah. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sederhana secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang nasabah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Artinya, ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin baik maka kepuasan nasabah akan semakin meningkat, sebaliknya ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin buruk maka kepuasan nasabah akan semakin menurun
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
ABSTRACT
The aim of the study was to know the effect of Service Quality to Costumers’ Satisfaction. The study was condute in the PT. Bank Mega Branch Makassar Daya, with population of 300 costumers. Sample was the random sampling with 75 teachers as samples. Analysis of the data in this study using multiple linear regression analysis. The result of study indicates that Service Quality has positive and significant influence to Costumers’ Satisfaction. That is, when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The better the customer's satisfaction will be increased, whereas when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The more bad the customer's satisfaction will decrease
Keyword: Service Quality, Costumers’ Satisfaction
Full Text:
Download PDF (Bahasa Indonesia)References
Aryani, Dwi dan Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Mei – Agus 2010, hlm. 114-126.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2009. Marketing management (13th ed.). New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Layuk, E., Tamsah, H., & Kadir, I. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS LABUANG BAJI MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 2(2), 319-337.
Muhammad, Hendi. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan Bisnis dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT. Degremont Indonesia). Tesis Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Normasari, Selvy., Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 6 No. 2 Desember 2013.
Pribadi, R. Agustinus A., Syuhada Sufian, dan J. Sugiarto PH. 2007. Strategi Membangun Kualitas Pelayanan Perbankan untuk Menciptakan Kepuasan Nasabah Berorientasi Loyalitas pada BRI Cabang Blora dan Unit Online-nya. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Volume 4, Nomor, Juli.
Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas. Edisi Pertama. Yogjakarta : EKONISIA.
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran jasa. Cetakan pertama. Malang : Bayumedia Publishing.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v1i2.244
Refbacks
- There are currently no refbacks.