Perancangan Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Strategi Pengembangan Pada CV Nakhoda Nusantara Grup (Studi Kasus pada CV Nakhoda Nusantara Grup)

Reynaldi Ramdhani, Endang Chumaidiyah, Yudha Prambudia

Abstract


Hasil wawancara dengan pemilik toko CV Nakhoda Nusantara Grup Bapak Jati Gunawan didapatkan tiga blok yang bermasalah dan harus dilakukan perbaikan yaitu pada blok channels, key activities, dan value proposition. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu melakukan pemetaan model bisnis eksisting melalui wawancara dengan pemilik toko, melakukan identifikasi customer profile berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan kepada pelanggan toko, melakukan analisis lingkungan dengan menggunakan data studi literatur dan pencarian data di internet dengan tujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dimiliki oleh toko, dilakukan analisis SWOT dengan menyebarkan kuesioner SWOT kepada pihak internal toko, membuat value proposition canvas dengan mencocokan value map dan customer profile dan merancang model bisnis usulan terbaik pada CV Nakhoda Nusantara Grup. Beberapa usulan yang diberikan dalam perancangan diantaranya memperluas customer segment dengan menggunakan e-commerce dan google ads, membuat sarana feedback dari pelanggan untuk karyawan, memberikan kompensasi kepada pelanggan, menyediakan variasi model baju, desain yang selalu mengikuti tren fashion, memberikan bundling promo, membuka pembayaran secara digital dan bermitra dengan google business.

Full Text:

Download PDF

References


Chesbrough, H. (2007). Business model innovation: it’s not just about technology anymore: Strategy and Leadership, Vol. 35 No. 6, pp. 12-17.

Osterwalder, A. (2004). The Business Model Ontology: A Proposition in a Design Science.

Osterwalder, A. (2014). Value Proposition Design. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2010), Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers, Wiley.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics