Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Dan Intensitas Pengguna Pay Later Terhadap Gaya Konsumtif Masyarakat (Studi Pada Pengguna Shopee PayLater Usia Produktif Kota Surabaya)

Hendrik Agil Saputra, Ety Dwi Susanti

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, manfaat, dan intesitas terhadap gaya konsumtif pengguna shopee paylater. Dalam perancangan penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif karena akan memungkinkan peneliti untuk melakukan pencatatan dan mengelolah data yang melibatkan angka-angka maupun skor atau nilai dari kuesioner sebagai instrumen dalam penelitian kauntitatif . Objek dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi online menggunakan shopee paylater di wilayah Kota Surabaya dengan total sampel penelitian 100 data. Hasil dari penelitian ini adalah Persepsi Kemudahan (X1), Persepsi manfaat (X2), Intensitas Penggunaan (X3) secara parsial berakibat timbulnya suatu efek pengaruh yang signifikan terhadap Gaya konsumtif (Y) produk Shopee paylater pada masyarakat daerah Surabaya. variabel persepsi kemudahan (x1), persepsi manfaat (x2), dan Intensitas penggunaan (x3) secara bersamaan mengakibatkan munculnya pengaruh kepada Gaya konsumtif masyarakat (Y) produk shopee paylater masyarakat daerah Surabaya.
Kata Kunci: Persepsi Kemudahan; Persepsi Manfaat; Intensitas Penggunaan; Gaya Konsumtif Masyarakat.
Abstract
The purpose The purpose of this study was to determine the effect of perceptions of convenience, benefit, and intensity on the consumptive style of shopee paylater users. In designing this research, the method used is quantitative because it will allow researchers to record and manage data involving numbers and scores or scores from questionnaires as instruments in quantitative research. The object of this research is consumers who have made online transactions using shopee paylater in the Surabaya City area with a total research sample of 100 data. The results of this study are Perception of Ease (X1), Perception of Benefits (X2), Intensity of Use (X3) partially result in the emergence of a significant effect on the consumptive style (Y) of Shopee Paylater products in the Surabaya area community. The variables of perceived convenience (x1), perceived benefits (x2), and usage intensity (x3) simultaneously resulted in the emergence of an influence on the consumer style of society (Y) for shopee paylater products in the Surabaya area.

Keywords: Perception of Ease; Perception of Benefits; Intensity of Use; Community Consumptive Style.

Full Text:

Download PDF

References


Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengguna Pada Aplikasi Ovo. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1-15.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling Terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis Pada Cv. Etalase Mitra Jaya Di Wajo Pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (Amar), 2(1), 13-19.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance Of Social Media Applications As A Marketing Strategy For Indonesian Tourism Destinations (Literature Analysis Study). Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 4(3), 5705-5712.

Faridav, U., Yusriadi, Y., & Saniv, A. (2021). The Family Hope Program (Pkh) Collective Partnership Among Beneficiary Families (Kpm) For Healthy Living Through The Clean Friday Campaign. Indian Journal Of Forensic Medicine & Toxicology, 15(2).

Jannah, R. (2018). Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Jkt48. Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Pt. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (Amar), 2(1), 20-27.

Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Intelektual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 4 Soppeng. Amkop Management Accounting Review (Amar), 1(1).

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 Dan 3. Jakarta: Rajawali.

Rahmatsyah, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru (Studi Kasus E-Money Kartu Flazz Bca). Tesis Universitas Indonesia.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan Dan Bambu Melalui Pemasaran Online Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics