Adaptasi Business Model Canvas Melalui Perancangan Strategi Pivot Dalam Rangka Menjawab Tantangan Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Warung Nasi Ibu Imas Bandung)

Ahmad Faisal, Dodie Tricahyono, Rina Djunita Pasasribu, Mohamad Riza Sujipto

Abstract


Pertumbuhan Industri F&B di Indonesia terutama di Kota Bandung sangat berkembang pesat. Hal itu pun berdampak kepada Rumah Makan Sunda Warung Nasi Ibu Imas karena berada pada sektor bisnis F&B yang memiliki persainan yang cukup ketat di Kota Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merubah Business Model Canvas Warung Nasi Ibu Imas pada saat ini dengan menggunakan Strategi Pivot hal ini dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang dimiliki Warung Nasi Ibu Imas, karena penurunan pendapatan sebesar 20,5%. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Narasumber berjumlah 5 orang dari pihak internal Warung Nasi Ibu Imas.
Berdasarkan hasil wawancara tersebut dengan narasumber, Business Model Canvas Warung Nasi Ibu Imas pada saat ini sudah cukup baik, karena sudah dapat memenuhi keseluruhan 9 elemen blok Business Model Canvas. Namun setelah dilakukannya wawancara terkait empat indikator Pivot Strategi Warung Nasi Ibu Imas masih memiliki beberapa permasalahan. Tahap selanjutnya adalah menganalisis ke 4 elmen yang ada di pivot untuk menjawab tantangan atau permasalahan yang ada di Warung Nasi Ibu Imas. Hasilnya terdapat 9 elemen Business Model Canvas Warung Nasi Ibu Imas yang berubah yaitu Customers segment, Value propositon, Channels, Customers relationship, Key Resources,Key activities, Key Partneship, Cost structure, dan Revenue stream.

Keywords: Business Model Canvas, Pivot Strategy, Warung Nasi Ibu Imas

Full Text:

PDF Download PDF

References


Fernandes, J. M., & Afonso, P. (2018). Changing and pivoting the business model in software startups. Lecture Notes in Business Information Processing, 336(April 2019), 157–171. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04840-2_11

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation: Membangun Model Bisnis. PT Elex Media Komputindo.

Ries., E. (2011). The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. Crown Business. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2012.00920_2.x

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantiatatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA,cv.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawwami,S.H. (ed.)). ALFABETA,cv.

Sven C. Voelpel, M. L. & E. B. T. (2004). The wheel of business model reinvention: how to reshape your business model to leapfrog competitors. Journal of Change Management.

Tricahyono, D. (2017). evaluasi model bisnis pada CV. spirit wira utama dengan pendekatan business model canvas ‬. Neuropsychology, 3(8), 85–102. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics